Mau Perpanjang Umur Hingga 10 Tahun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Mau Perpanjang Umur Hingga 10 Tahun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

tribunwarta.com – Semua orang tentu menginginkan hidup lebih lama dan sehat. Namun tanpa disadari gaya hidup modern saat ini menyebabkan seseorang berumur pendek.

Terbaru, sebuah studi tahun 2018 dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menemukan lima kebiasaan yang dapat memperpanjang hidup seseorang hingga satu dekade atau lebih. Untuk penelitian ini, para peneliti meninjau data 78.000 wanita dan 44.000 pria selama lebih dari 25 tahun.Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya:

1. Pertahankan pola makan yang sehatKebiasaan yang satu ini tidak semudah kedengarannya, terutama ketika Anda memiliki kegiatan sehari-hari yang sibuk. Anda sangat mungkin tergoda untuk mengonsumsi makanan cepat saji saat istirahat makan siang atau memesan makanan pada larut malam di kantor.Tetapi sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Inggris The Lancet menemukan bahwa pola makan yang buruk menyebabkan satu dari lima kematian. Kebiasaan buruk ini juga dapat menyebabkan masalah seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.Diet yang baik, menurut para peneliti, mengandung makanan dan biji-bijian utuh yang diproses secara minimal, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan sumber protein alami (yaitu ikan dan kacang-kacangan).

2. Jaga berat badan yang sehat

Menurut penelitian Harvard, kontrol berat badan secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes mellitus, faktor risiko kardiovaskular dan kanker payudara.Berat badan yang sehat bervariasi setiap orang, tetapi National Heart, Lung and Blood Institute (NHLBI) menunjukkan bahwa indeks massa tubuh (BMI) antara 18,5 dan 24,9 dianggap sehat.

4. Olahraga setiap hariSangat penting untuk menyisihkan waktu untuk berolahraga. Bahkan para pemimpin bisnis paling sukses di dunia, seperti Oprah Winfrey, Sheryl Sandberg, dan Bill Gates, menjadikan aktivitas fisik sebagai prioritas harian.

Sebuah studi dari National Cancer Institute (NCI) menemukan bahwa meski hanya melakukan olahraga ringan setiap hari dapat memperpanjang harapan hidup sebanyak 4,5 tahun. Tujuan utamanya adalah untuk tetap aktif, untuk mengkompensasi waktu duduk di depan meja.

Aktivitas fisik telah terbukti membantu menjaga berat badan yang sehat, menjaga kesehatan tulang, otot dan sendi, meningkatkan kesejahteraan psikologis dan mengurangi risiko penyakit tertentu, termasuk beberapa jenis kanker.4. Jangan merokokRisiko kesehatan dari merokok sudah sangat jelas. Meski tidak mudah untuk berhenti merokok bagi kebanyakan orang, tubuh Anda akan merasakan efeknya dalam jangka panjang.Mantan presiden Barack Obama adalah salah satu pemimpin sukses yang berhenti merokok dan menggantinya permen karet. Dia melepaskan kebiasaan itu saat masih menjabat dan mengaku bebas tembakau pada tahun 2017.5. Batasi asupan alkoholMinum alkohol berlebihan bisa membawa petaka bagi kesehatan. Alkohol dapat menambah lingkar pinggang Anda dan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker (yaitu, payudara, usus besar, kerongkongan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!