Inspirasi Ritual Pagi agar Makin Produktif Sepanjang Hari

Inspirasi Ritual Pagi agar Makin Produktif Sepanjang Hari

tribunwarta.com – Pagi hari merupakan momen tepat untuk mendorong kita sehari-hari.

Tak ada salahnya jika memulai pagi dengan sejumlah ritual biar semakin semangat menjalani hari.

Ritual yang dimaksud itu bukanlah ritual keagamaan atau ritual yang serius, tapi seperti sejumlah aktivitas yang dapat memperbaiki yang bermanfaat dalam mendorong produktivitas kita.

Ritual pagi biar semakin produktif

Aktivitas sederhana yang dilakukan saat pagi dapat membantu kita untuk lebih produktif dalam bekerja atau banyak hal yang lainnya.

Tak heran jika beberapa orang kerap melakukan sejumlah demi membangkitkan suasana hati agar merasa lebih baik dalam menjalani hari.

Melansir Martha Stewart, berikut inspirasi ritual atau rutinitas pagi yang bisa dilakukan agar lebih produktif sepanjang hari.

1. Terbuka dengan segala macam hal

Terbuka dengan segala macam hal dapat membantu kita untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Kegiatan ini meliputi menerima lebih banyak informasi baru baik dari media sosial atau internet dengan mengakses berita online, , majalah atau harian terbit lainnya.

Menurut Robert McGrath, Ph.D, seorang penulis “The Power of Character Strengths”, orang yang suka membaca, mencari tahu apa yang terjadi akan merasa lebih terhubung dengan dunia.

Di samping itu, mereka juga akan lebih siap menjalani hari dengan segudang agenda yang akan dijalani hingga mengurangi tingkat kecemasan.

2. Menyusun jadwal saat pagi

Menyusun jadwal atau sejumlah kegiatan yang akan dilakukan satu hari saat pagi dapat membantu meningkatkan kesadaran dan ketelitian.

Maka dari itu, perlu untuk menyusun semua jadwal agenda harian kita dengan mencatatnya dalam sebuah notes di gadget atau buku kecil.

Hal tersebut dapat membantu kita untuk melakukan semua tugas dengan mudah.

Tetapkan juga kapan semua tugas itu akan berakhir, mungkin di siang hari atau malam hari.

Jangan lupa untuk meluangkan waktu istirahat dan waktu untuk diri sendiri agar kita dapat menyesuaikan dan mempersiapkan segala kebutuhan untuk keesokan harinya.

3. Interaksi dengan orang lain

McGrath mengatakan bahwa mereka yang memiliki tingkat interaksi dengan orang lain dalam aktivitas sehari-hari dikatakan memiliki nilai kesejahteraan yang lebih tinggi.

Lakukanlah sejumlah percakapan dengan orang lain saat pagi, meskipun itu hanya sekadar basa-basi.

Sebab kehadiran orang lain merupakan salah satu bentuk interaksi yang dibutuhkan manusia secara alamiah sebagai makhluk sosial.

Interaksi tersebut ternyata tidak cuma terbatas pertemuan langsung, tapi juga seperti ngobrol dengan teman atau atasan melalui pesan singkat, telepon, email, aplikasi chatting dan lain sebagainya.

Atau, bisa juga dengan memulai hari dengan mengobrol dengan pasangan saat juga sangat membantu meningkatkan produktivitas.

4. Optimisme

Pola pikir positif yang mengedepankan optimisme juga dapat membantu kita agar lebih produktif.

Memulai hari dengan olahraga sebelum matahari terbit, membuat jurnal atau melakukan perawatan diri hingga menyeruput secangkir juga bisa membuat kita lebih merasa tenang dan nyaman.

Selain itu, agenda tersebut juga dapat membentuk pola pikir yang positif sehingga membuat kita lebih semangat menjalani hari-hari.

5. Menenangkan pikiran

Pikiran yang tenang dapat membantu kita menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan baik.

Usahakan setelah untuk meluangkan sedikit waktu untuk menarik napas dalam-dalam, misalnya 10 menit sebelum bergegas dari tempat tidur.

Kemudian pikirkan atau bayangkan hal-hal menarik apa saja yang akan dilalui pada hari ini.

Sejumlah kegiatan yang dapat membuat pikiran tenang di pagi hari itu dapat menjadi cara yang baik dalam memulai hari.

Kata McGrath, ketika kita menarik napas dalam-dalam saat pagi, secara tidak langsung aktivitas itu bisa mengurangi tingkat stres yang bikin kita tidak mood dalam menjalani hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!