Gegara Ditinggal Meninggal Anak, Ibu Rumah Tangga Ini Pilih Terjun ke Olahraga Disabilitas dan Sabet 3 Medali

Gegara Ditinggal Meninggal Anak, Ibu Rumah Tangga Ini Pilih Terjun ke Olahraga Disabilitas dan Sabet 3 Medali

SOLO, celebrities.id – Atlet para atletik Indonesia, Maria Goreti Samiyati berhasil menyumbang tiga medali di ASEAN Para Games 2022. Namun di balik pencapaian manis itu, ternyata ada kisah pilu yang membuat dirinya terjun ke olahraga disabilitas.

Atlet asal Cilacap ini berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia pada ajang olahraga difabel se Asia Tenggara. Maria tampil pada kelas balap kursi roda. Dia telah menyabet tiga medali dengan rincian satu perak di nomor 100 meter, dan dua medai emas pada nomor 200 dan 400 meter putri.

Punya prestasi yang apik, muncul rasa penasaran bagaimana awal mula Maria bisa terjun ke dunia olahraga difabel khususnya balap kursi roda. Dia mengatakan bahwa pertama kali bergabung dengan NPC pada tahun 2014. Sebenarnya, dia pun tak ada pikiran untuk gabung. Namun terdapat satu momen pilu di mana akhirnya dia memilih untuk terjun ke dunia olahraga disabilitas. Maria mengungkapkan kalau dia mula menggeluti olahraga setelah anaknya meninggal dunia.

“Saya telah menikah dan diberi karunia anak namun dia sudah meninggal. Saat itu saya sangat terpukul. Kemudian ada teman yang ajak untuk olahraga saja daripada terus bersedih,” kata Maria kepada awak media, Sabtu (6/8/2022).

“Dari situ saya mulai ikut-ikut latihan pas masih berduka daripada saya mikirin terus saya coba untuk bangkit di olahraga. Dukungan utama dari suami saya. Lalu pada 2014 akhir, saya masuk ke NPC DKI Jakarta,” tuturnya.

Dia juga mengungkapkan kalau awalnya tak terjun langsung ke balap kursi roda. Maria pernah mencoba olahraga lainnya namun tak ada yang cocok.

“Awalnya memang disuruh coba-coba kayak badminton,¬† tenis segala macam tapi tidak masuk. Lalu coba balap kursi roda karena saya suka di tenaga-tenaga jadi saya langsung¬† semangat dan cocok,” katanya.

Lebih lanjut, atlet asal Cilacap itu mengatakan kalau sehari-harinya hanyalah seorang ibu rumah tangga. Kendati begitu, Maria punya tekad besar untuk biaa meraih prestasinya setinggi mungkin.

“Saya ibu rumah tangga kalau lagi gaada latihan-latihan. Impian saya pertamanya ingin bahagiakan orang tua dan keluarga. Karena sekarang saya jadi atlet, saya ingin memiliki prestasi yang lebih tinggi lagi dan mengharumkan nama bangsa,” ujar Maria.

Pada ajang ASEAN Para Games 2022 ini, Maria sukses memborong tiga medali untuk Indonesia. Dia menyabet dua medali emas si nomor 200 dan 400 meter putri T54, serta satu perak di nomor 100 meter.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *