Enam penyebab mual di pagi hari

Enam penyebab mual di pagi hari

tribunwarta.com – Perasaan mual di pagi hari tidak hanya dirasakan oleh perempuan hamil saja. Kurang tidur, masalah kesehatan mental hingga pola makan yang berantakan, bisa menjadi penyebabnya.

Kepala petugas medis dan salah satu pendiri penyedia layanan kesehatan Redirect Health, Dr. Janice Johnston mengatakan terdapat beberapa penyebab dari mual saat bangun di pagi hari. Secara umum, hal ini biasa terjadi lantaran gaya hidup tidak sehat sehingga menyebabkan berbagai masalah.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mual di pagi hari, sebagaimana dilaporkanInsider pada Selasa.

Tidur tidak teratur

Memiliki siklus tidur yang terganggu, entah yang disebabkan oleh insomnia, sleep apnea, atau begadang, dapat memengaruhi sistem pencernaan.

“Ini bisa menyebabkan Anda merasa tidak nyaman di perut saat bangun di pagi hari,” kata Johnston.

Kurang tidur mengganggu ritme sirkadian tubuh atau jam tubuh, yang telah dikaitkan dengan berbagai masalah, termasuk Alzheimer, penambahan berat badan, dan kondisi kesehatan mental seperti depresi.

Semua hormon manusia berada dalam keseimbangan yang halus. Beberapa membuat mengantuk, seperti melatonin, dan beberapa seperti ghrelin, mengendalikan nafsu makan. Jadi makan atau tidur pada waktu yang tidak teratur dapat berdampak lebih jauh daripada yang disadari.

Bangun secara tiba-tiba terutama saat lelah dapat memicu lonjakan cepat dalam sistem saraf yang dapat memicu rasa mual ini.

Gula darah rendah

Gula darah rendah dapat menyebabkan lemas. Gula darah rendah bisa berasal dari kurang makan makanan seimbang dengan serat dan karbohidrat kompleks, atau melewatkan jam makan sama sekali.

“Jika Anda bangun dengan sakit perut, itu mungkin karena Anda melewatkan makan malam atau tidak cukup makan sehari sebelumnya,” kata Johnston.

Refluks asam

Mual di pagi hari juga bisa disebabkan oleh pola makan. Misalnya, makan besar tepat sebelum tidur yang penuh dengan makanan berlemak dapat menyebabkan refluks asam.

Asam lambung bisa naik melalui kerongkongan dan menyebabkan rasa mulas dan terkadang sakit perut.

Dehidrasi

Kurang minum air juga menjadi penyebab bangun dengan perasaan mual.

Kecemasan

Kecemasan dapat menyebabkan mual, terutama jika ada acara yang akan datang.

“Usus kita, atau sistem gastrointestinal, terkait erat dengan sistem saraf pusat dan otak kita,” kata Johnston. Kedua sistem ini berkomunikasi bolak-balik satu sama lain, jadi ketika salah satu terpengaruh, yang lain akan menyadarinya,” kata Johnston.

Saat merasakan stres atau kecemasan tinggi, hormon tertentu dilepaskan. Ketika mereka memasuki saluran pencernaan, itu dapat mempengaruhi pencernaan dan menyebabkan sakit perut.

“Jika Anda berbaring di tempat tidur karena stres tentang ujian, atau merasa cemas tentang acara yang akan datang, Anda mungkin merasakan mual atau mual sebagai akibatnya,” katanya.

Jika kecemasan mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan menderita serangan panik, itu bisa menjadi tanda gangguan kecemasan yang perlu diperiksa oleh seorang profesional.

Hidung tersumbat

Hidung tersumbat juga bisa menjadi penyebabnya. Hidung tersumbat atau sinus yang tersumbat dapat menekan telinga bagian dalam yang menyebabkan sakit perut dan mual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!