Berapa Pendapatan dan Kekayaan Bersih Lionel Messi?

Berapa Pendapatan dan Kekayaan Bersih Lionel Messi?

tribunwarta.com – Lionel Messi dikenal sebagai bintang yang sangat berbakat dalam mengolah si kulit bundar.

Sejauh ini, pemain Argentina itu sudah meraih gelar Ballon d’Or sebanyak tujuh kali.

Pada 2020, ia menjadi pemain sepak bola pertama yang menerima Laureus Award for Best Sportsman of the Year, penghargaan yang diterima Messi dengan juara Formula 1 tujuh kali Lewis Hamilton.

Tahun 2022, Messi genap berusia 35 tahun. Piala Dunia yang diadakan di Qatar adalah turnamen Piala Dunia kelima Messi dan mungkin yang terakhir baginya.

Sejalan dengan kiprahnya di dunia sepak bola, kekayaan Lionel Messi juga terus melejit.

Dilaporkan, ia memiliki banyak hunian mewah, sederet supercar, bahkan pesawat jet pribadi.

Karier Lionel Messi

Messi mengawali karier di industri sepak bola bersama tim utama Barcelona pada 16 November 2003. Saat itu, usianya baru 16 tahun.

Saat meninggalkan Barcelona pada Agustus 2021, ia sudah menorehkan prestasi berupa 10 gelar La Liga, tujuh Copa del Rey, tiga Piala Super UEFA, tiga trofi FIFA Club World Cup, dan empat gelar UEFA Champions League.

Selain itu, Messi juga menciptakan rekor dengan memenangi enam penghargaan Sepatu Emas Eropa.

Kepindahannya ke klub Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain (PSG) setelah 17 musim bersama Barcelona menjadi berita utama di seluruh dunia.

Messi membawa PSG meraih trofi Ligue 1 musim 2021/2022 dan Piala Super Perancis di tahun 2022.

Di kancah internasional, sang penyerang turut berperan penting mengantarkan timnas Argentina memenangi medali emas di Olimpiade Musim Panas Beijing 2008 dan gelar Copa America 2021.

Bersama Messi, Argentina bahkan berhasil menembus final Piala Dunia 2014 kendati harus menerima kekalahan 0-1 dari Jerman.

Jumlah gol yang sudah dibukukan La Pulga –julukan Lionel Messi– mencapai 760 gol, termasuk 474 gol di La Liga dan 90 gol di level timnas.

Pada 2007, ia mendirikan Leo Messi Foundation untuk mendukung anak-anak dan mempromosikan inklusi sosial melalui pendidikan, kesehatan, dan olahraga.

Penghasilan dan kekayaan bersih Messi

Situs Forbes mencatatkan nama Messi dua kali sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia, yaitu pada 2019 dan 2022.

Total penghasilannya diperkirakan mencapai 130 juta dollar AS (sebelum pajak) pada tahun 2022, menjadikan Messi atlet dengan penghasilan terbanyak dalam periode 12 bulan (1 Mei 2021-1 Mei 2022).

Messi merupakan satu dari enam atlet berstatus miliarder di dunia. Forbes memprediksi jumlah penghasilan bintang tersebut sebesar 1,15 miliar dollar AS.

Pendapatan dari sepak bola

Sebagian besar pendapatan Lionel Messi pada 2022 berasal dari sepak bola, meliputi gaji dan insentif si pemain di setiap penampilan.

Menurut Forbes, penghasilan Messi dari lapangan hijau sebesar 75 juta dollar AS.

Pada Agustus 2021, dia meninggalkan FC Barcelona dan membela klub Ligue 1 PSG dengan kontrak dua tahun.

Gaji bersih Messi di PSG dilaporkan antara 35 juta dollar AS-41 juta dollar AS per tahun, atau sekitar 95.000 dollar AS per hari.

Sebuah laporan yang diterbitkan surat kabar Spanyol El Mundo pada 2021 mengungkap, penghasilan La Pulga selama di Barcelona jauh lebih besar daripada yang dibayangkan.

El Mundo mengklaim mempunyai akses ke kontrak Barcelona yang ditandatangani oleh Messi pada 2017.

Berdasarkan laporan tersebut, diketahui Messi memiliki pendapatan sebesar 167 juta dollar AS di klub Catalan dalam bentuk gaji dan insentif.

Dukungan merek untuk Messi

Di samping pendapatan di lapangan, kekayaan Messi juga berasal dari kontraknya sebagai brand ambassador untuk merek-merek ternama dunia.

Situs Forbes melaporkan, penghasilan dari endorsement dan bisnis di luar lapangan berjumlah total 55 juta dollar AS antara tahun 2021-2022.

Merek yang di-endorse Messi termasuk Budweiser, Gatorade, Konami, PUBG Mobile, Pepsi, dan Mastercard.

Messi juga sudah menjalin kontrak dengan merek pakaian olahraga Jerman Adidas sejak 2006.

Pada 2017, ia menandatangani kontrak seumur hidup bersama Adidas. Penghasilannya mencapai sekitar 25 juta dollar AS per tahun, menurut Business Insider.

Di bulan Maret 2022, Messi membuat kontrak tiga tahun dengan situs fan tokens Socios.com senilai lebih dari 20 juta dollar AS.

Kemudian, tujuh bulan berselang, sang pemain menandatangani kesepakatan dengan platform perdagangan mata uang kripto Bitget. Namun nilai kontrak tidak diungkapkan.

Pendapatan dari Instagram

Messi memiliki lebih dari 370 juta pengikut di Instagram, menempatkannya sebagai orang ketiga yang paling banyak diikuti di Instagram dan atlet paling banyak diikuti kedua setelah Cristiano Ronaldo.

Dengan jumlah pengikut yang besar, otomatis pundi-pundi Messi di luar lapangan juga bertambah.

Sebuah laporan yang dirilis Forbes pada 2019 menemukan, satu unggahan berbayar di akun Instagram Messi menghasilkan rata-rata 648.000 dollar AS.

Di tahun 2022, Hopper HQ melaporkan setiap unggahan berbayar Messi di Instagram saat ini bernilai kira-kira lebih dari 1,77 juta dollar AS.

Bisnis yang dimiliki Messi

Messi mendirikan Messi Store, lini pakaian yang dia luncurkan di Barcelona, Spanyol pada tahun 2019.

Di samping lini pakaian, bisnis perhotelan pemain Argentina itu juga terus berkembang.

Messi menjadi pemilik jaringan hotel MiM Hotels sejak tahun 2017.

Menurut artikel Forbes tahun 2021, jaringan hotel tersebut dioperasikan oleh Majestic Hotel Group yang ditangani oleh kakak laki-laki Messi, Rodrigo.

MiM Hotels terdapat di beberapa kota di Spanyol, dan di negara Andorra.

Sekitar April 2021, Messi menambahkan Hotel MiM Baqueira sebagai resor musim dingin pertama dari jaringan MiM Hotels.

Properti tersebut memiliki 141 kamar dan menghadap ke perbukitan ski di Aran Valley.

Messi juga menambahkan properti keenam yaitu MiM Sotogrande. Terletak di Puerto Deportivo de Sotogrande di Cadiz, pantai selatan Spanyol, hotel ini mulai dibuka pada April 2022.

Terdapat 45 kamar yang luas dan menawarkan pemandangan Laut Mediterania yang menakjubkan.

Tiga properti lain yang dimiliki Messi sebagai bagian dari jaringan MiM Hotels berada di Ibiza, Mallorca, dan Sitges.

Di luar properti bisnis, ia juga mempunyai properti pribadi berupa mansion di Rosario dan Barcelona, serta kondominium di Miami.

Kendaraan pribadi

Tentu, tidak lengkap rasanya bagi megabintang seperti Lionel Messi jika tidak mengoleksi kendaraan pribadi.

Inilah beberapa kendaraan pribadi penyerang PSG tersebut:

1. Pagani Zonda Roadster

Menurut laporan Daily Mirror pada Maret 2022, Messi diketahui mengoleksi 13 mobil dengan nilai total lebih dari 36 juta dollar AS.

Salah satu mobil Messi adalah Pagani Zonda Roadster.

Pagani, produsen hypercar asal Italia memiliki hubungan unik dengan Argentina.

Pendiri perusahaan, Horacio Pagani berdarah Argentina dan Italia. Dua lini mobil Pagani, yaitu Zonda dan Huayra, berarti angin dalam bahasa Amerika Latin.

Harga Pagani Zonda F Roaster bisa mencapai sekitar 1,4 juta dollar AS, sedangkan Pagani Zonda Cinque Roadster bernilai sekitar 1,8 juta dollar AS.

Adapun Pagani Zonda HP Barchetta yang hanya diproduksi tiga unit. Laporan menunjukkan Pagani Zonda HP Barchetta berharga 17,5 juta dollar AS.

Pagani Roadster dilengkapi mesin Mercedes-Benz AMG 7,3 dan dapat melaju 0-100 km/jam dalam waktu 3,7 detik.

2. Ferrari

Diyakini, bintang Argentina ini mengoleksi Ferrari F430 Spider.

Supercar itu menggendong mesin berkonfigurasi V8 yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4,1 detik dan mencapai kecepatan maksimum lebih dari 310 km/jam.

Pada 2016, beberapa media melaporkan Messi membeli Ferrari 335 S Spider Scaglietti tahun 1957 seharga kira-kira 37 juta dollar AS dalam sebuah lelang di Paris.

Dalam proses lelang tersebut, Messi dikabarkan berhasil mengalahkan Cristiano Ronaldo.

Menyusul lelang itu, Messi mengunggah foto samar di Instagram dengan mobil mainan di tangannya sembari menuliskan keterangan “my new car“.

3. Deretan mobil mewah lainnya

Dilaporkan Mirror, Messi juga mengoleksi mobil lain dari pabrikan ternama semacam Mercedes SLS AMG, Maserati GranTurismo MC Strandale, Maserati GranTurismo S, Lexus, Dodge Charger, Cadillac Escalade, dan Mini Cooper.

Ada pula beberapa mobil Audi dan Range Rover dalam koleksinya, serta Toyota Prius, mobil keluarga ramah lingkungan.

4. Sering menyewa jet pribadi

Messi tidak mempunyai jet pribadi, tetapi dia sering menyewa pesawat jet untuk bepergian.

Jet pribadi yang digunakannya adalah Gulfstream V, yang dibuat pada 2004 dan bernilai sekitar 15 juta dollar AS.

Fitur pada pesawat itu mencakup dua dapur, dan kapasitas kursi hingga 16 penumpang.

Kursi bisa dilipat menjadi tempat tidur untuk digunakan delapan penumpang.

Fitur paling unik dari pesawat ini yaitu nomor 10 di bagian ekor pesawat –nomor punggung Messi selama di Barcelona dan timnas Argentina.

Terakhir, tangga pesawat tersebut bertuliskan nama Messi, sang istri Antonella, dan ketiga anak mereka, Thiago, Ciro, dan Mateo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!