8 Iklan Piala Dunia Paling Berkesan Sepanjang Masa

8 Iklan Piala Dunia Paling Berkesan Sepanjang Masa

tribunwarta.com – Ketika menyaksikan turnamen Piala Dunia , mungkin penonton akan sebal jika acara tersebut diselingi oleh banyak iklan .

Demi menghindari rasa bosan penonton, biasanya perusahaan yang menjadi mitra resmi Piala Dunia membuat iklan kreatif.

Perusahaan-perusahaan itu menggandeng bintang sepak bola ternama sebagai pemeran dalam iklan tersebut. Diharapkan, iklan yang dirilis dapat menghibur.

Dilansir laman Lifestyle Asia, inilah sederet iklan Piala Dunia paling berkesan yang akan selamanya terukir dalam ingatan pecinta sepak bola di seantero dunia.

1. Carlsberg – Old Lions (2006)


Kampanye Old Lions dari Calrsberg ini diluncurkan pada 2006.

Berdurasi 3 menit, iklan ini menampilkan beberapa legenda sepak bola Inggris seperti Jack Charlton, Peter Shilton, dan Des Walker.

Iklan dibuka dengan Charlton membawa timnya ke lepangan sepak bola lama, di mana Shilton, Des Walker, beserta Chis Waddle dan Peter Beardsley membentuk tim pub Old Lion.

Terdapat berbagai momen yang membuat iklan ini menarik.

Misalnya, pembicaraan antar pemain dalam tim asuhan Sir Bobby Robson yang harus terputus ketika Stuart Pearce menerima telepon dari ibunya.

Ada pula momen di mana Jackie Charlton diganjar kartu kuning karena menarik baju.

2. Adidas – Jose+10 (2006)


Iklan Adidas yang dibuat oleh 180 Amsterdam ini memerlihatkan dua bocah laki-laki memanggil pemain bintang dari lintas generasi untuk bermain bola di sebuah lapangan di lingkungan rumah mereka.

Pertandingan berlangsung seru, sampai salah satu bocah bernama Jose dipanggil oleh ibunya untuk minum teh.

Kampanye Piala Dunia ini menunjukkan semangat dan kepolosan anak-anak yang bermain bola bersama para legenda seperti Zinedine Zidane , Frank Lampard, David Beckham , Kaka, dan Franz Beckenbauer.

3. Carlsberg – Team Talk (2010)


Menjelang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, iklan Carlsberg dari Saatchi & Saatchi dibuat untuk memberikan dukungan bagi timnas Inggris.

Kata-kata berapi-api dari manajer Inggris Stuart Pearce yang membat suasana di ruang ganti menjadi tegang terinspirasi dari pidato Henry V.

“Jangan membuat kesalahan. Itu kalian. 11 pria. 11 pria Inggris melawan seluruh dunia. Dunia yang tidak sabar untuk mencampakkanmu dan menyakitimu,” demikian bunyi pidato tersebut.

Semangat pemain Inggris meningkat dan mereka turun ke lapangan.

Saat momen itu, muncul voiceover yang mengatakan “jadilah kuat, lakukan untuk negaramu, lakukan untuk para fans, untuk Bobby” sebagai bentuk penghormatan terhadap mendiang Sir Bobby Robson.

4. Nike – Airport (1998)


Iklan Nike “Airport” di tahun 1998 menjadi standar baru untuk semua iklan Piala Dunia berikutnya.

Dalam iklan ini, terlihat timnas Brasil saat itu memulai pertandingan sepak bola di bandara Rio de Janeiro yang padat.

Melibatkan nama-nama besar semacam Ronaldo , Romario dan Cafu, iklan buatan Wieden & Kennedy menampilkan tim Brasil menunggu di terminal bandara dan melakukan pertandingan persahabatan di dalam area tertutup.

Para pemain memainkan bola di depan pesawat yang sedang meluncur, lalu menendang bola hingga melewati terowongan X-Ray, sabuk konveyor bagasi, hingga di atas helikopter.

Untuk menutup iklan, Ronaldo mengarahkan bola di antara dua pembatas untuk mencetak gol, namun gagal karena bola menghantam pembatas.

Tampaknya akhir iklan ini mencerminkan nasib Brasil di Piala Dunia 1998.

Saat itu, tim yang dibintangi Roberto Carlos , Ronaldo dkk berhasil masuk ke final namun dikalahkan Perancis dengan skor telak 0-3.

5. Pepsi – Sumo (2002)


Piala Dunia 2002 adalah turnamen Piala Dunia yang digelar di benua Asia, berlangsung di dua negara yakni Jepang dan Korsel.

Untuk Piala Dunia 2002, Pepsi menyuguhkan kampanye iklan yang menampilkan pegulat sumo bertanding melawan bintang-bintang hebat di masa itu seperti David Beckham, Raul Gonzales, Roberto Carlos dan Edgar Davids .

Ketika para pemain peserta Piala Dunia berlatih di kamp pelatihan di Jepang, ada enam pegulat sumo yang mendatangi mereka.

Beckham pun bertanya “untuk apa kita bermain?”, dan dijawab “Pepsi” oleh salah satu dari pesumo tersebut.

6. Dr Dre – “The Game Before the Game” (2014)


Tidak menjadi mitra resmi Piala Dunia 2014, Dr Dre menandai kampanye iklan turnamen yang dibuat oleh R/GA London tanpa menggunakan kata ‘dunia’ atau ‘piala’.

Dibintangi sejumlah pesohor termasuk Neymar Jr dan akting dari Lil Wayne, LeBron James dan Nicki Minaj, iklan ini dimulai dengan momen saat Neymar memakai headphone dan mendapat panggilan dari ayahnya.

Para fans dan selebritas dari seluruh dunia bersiap-siap untuk pertandingan, sedangkan Nyemar terlihat dikerumuni oleh paparazzi.

7. Nike – Write the Future (2010)


Iklan Nike untuk Piala Dunia 2010 dibintangi Wayne Rooney , Cristiano Ronaldo , Ronaldinho, Fabio Cannavaro, Didier Drogba, hingga petenis Roger Federer dan legenda NBA Kobe Bryant.

Di awal, iklan ini menunjukkan keseharian Rooney yang tinggal di dalam mobil van di lingkungan yang kumuh, menggiring bola di lapangan, hingga memeluk Ratu Elizabeth II.

Ada pula momen Ronaldinho mengecoh bek lawan, hingga situasi menegangkan saat Cristiano Ronaldo mengeksekusi tendangan bebas.

8. Coca Cola – “Drink Coke” (1982)


Mendiang Diego Armando Maradona selalu memikat fans sepak bola setiap kali dia muncul di iklan Piala Dunia.

Iklan Piala Dunia Coca Cola di tahun 1982 mencerminkan sosok Maradona di masa jayanya.

Seorang bocah laki-laki mendekati Maradona dan menawarinya sebotol Coca Cola. Awalnya sang bintang menolak, namun akhirnya menuruti tawaran bocah itu.

Di penghujung iklan, Maradona memberikan kausnya kepada bocah tersebut sebelum ia pergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!