6 Tips Mudah untuk Bikin Anak Cepat Tinggi

6 Tips Mudah untuk Bikin Anak Cepat Tinggi

tribunwarta.com – Semua orangtua ingin tubuh anaknya tumbuh tinggi dan kuat. Sebab, kondisi tersebut dianggap sebagai bagian dari parameter kesehatan anak .

Oleh karena itu, kebanyakan orangtua berusaha keras agar anaknya tumbuh tinggi, sehat, dan kuat.

Gen adalah faktor penting yang menentukan tinggi seorang anak. Meski begitu, gen bukanlah satu-satunya faktor yang berpengaruh.

Ada beberapa faktor eksternal, seperti makanan dan pola olahraga. Semua itu, tentunya bisa diupayakan oleh orangtua dan anak.

Berikut tujuh tips yang bisa dilakukan agar tubuh anak cepat tinggi.

1. Pola makan seimbang

Cara terbaik untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi tubuh anak adalah dengan memastikan mereka mendapatkan gizi yang cukup.

Anak perlu dibimbing untuk menerapkan pola makan seimbang dengan menyertakan protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral.

Usahakan mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan minuman dingin.

Sesekali mengonsumsi makanan dan minuman tersebut diperbolehkan, asalkan tidak mengonsumsinya secara rutin.

Seng menjadi salah satu komponen yang memberi efek besar terhadap pertumbuhan anak. Oleh karena itu, penting untuk menyertakan makanan tinggi kandungan seng, seperti kacang-kacangan.

Pola makan seimbang tidak hanya akan memberikan anak nutrisi yang tepat dan menunjang pertumbuhan tinggi mereka, tetapi juga membuat mereka lebih kuat dari dalam.

2. Peregangan

Ini mungkin terdengar sederhana, namun ternyata dapat membawa manfaat pada pertumbuhan tinggi anak.

Ajarkan anak beberapa gerakan peregangan sederhana sejak dini. Peregangan dapat memperpanjang tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh anak.

Ada dua gerakan peregangan sederhana yang bisa diterapkan.

Ajak anak berdiri dengan punggung membelakangangi dinding dan minta anak menguatkan otot-otot kakinya sambil meraih dinding di belakangnya.

Cara lainnya adalah mengajak anak duduk di lantai dengan kaki terentang ke kedua sisi. Biarkan ia meraih ujung masing-masing jempol kakinya dengan jari-jari tangan.

3. Bergelantungan

Bergelantungan sudah selama beberapa dekade direkomendasikan karena dianggap mampu menambah tinggi tubuh anak.

Bergelantungan pada palang bisa membantu memperpanjang tulang punggung anak, di mana hal ini sangat penting untuk tumbuh tinggi.

Selain itu, kita juga bisa mengajak anak untuk melakukan pull up dan chin up. Kedua gerakan tersebut bisa membuat otot-otot punggung dan lengan lebih kuat.

4. Yoga

Praktik yoga melibatkan banyak gerakan peregangan dan keseimbangan, di mana keduanya sangat baik untuk tinggi anak.

Cobalah mencari informasi lebih banyak melalui praktisi yoga atau internet tentang jenis yoga yang baik untuk anak.

5. Skipping

Skipping atau lompat tali adalah olahraga yang menyenangkan bagi anak-anak.

Tak hanya itu, lompat tali juga menggerakkan seluruh tubuh, termasuk jantung, dan mampu membantu meninggikan badan.

Sebab, seluruh tubuh teregang ketika kita melompati tali, di mana kondisi ini akan meningkatkan pertumbuhan anak secara vertikal.

Lompat tali juga merupakan olahraga kardio yang baik untuk menjaga anak tetap aktif dan sehat.

6. Renang

Renang adalah olahraga menyehatkan dan menyenangkan lainnya yang bisa membantu meninggikan tubuh dan melibatkan seluruh anggota tubuh.

Renang juga melibatkan banyak gerakan peregangan yang dapat menguatkan tulang punggung dan membantu menambah tinggi badan.

7. Tidur cukup

Tidur cukup memiliki banyak sekali manfaat. Tidur malam yang cukup tidak hanya penting untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak.

Ketika tidur, tubuh melepaskn hormon pertumbuhan yang disebut HGH. HGH memiliki peran penting dalam meningkatkan tinggi badan.

Jadi, melewatkan waktu tidur atau tidak tidur cukup adalah rencana yang buruk. Pastikan anak tidur delapan jam setiap malam agar memiliki tubuh yang sehat dan kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!