6 Tempat Persembunyian Ular di Rumah yang Jarang Diketahui

6 Tempat Persembunyian Ular di Rumah yang Jarang Diketahui

tribunwarta.com – Menjaga rumah tetap bersih menjadi tantangan bagi banyak orang. Dampaknya, tidak tertutup kemungkinan hewan berbahaya bisa bersembunyi di tempat tinggal mereka.

Hal ini berlaku untuk ular, hewan reptil ganas yang sengaja masuk rumah untuk menghangatkan tubuhnya, berlindung dari predator, atau mencari mangsa seperti tikus.

Walau kehadiran ular membahayakan manusia, tidak semua penghuni rumah menyadari bahwa ada “tamu tak diundang” di tempat tinggal mereka.

Pasalnya, ular memiliki kelihaian untuk bersembunyi, seperti di loteng, halaman, pohon, selokan atau lubang pembuangan, belakang kulkas, atap, termasuk garasi.

Di samping itu, ada kemungkinan hewan melata tersebut juga bersembunyi di tempat-tempat berikut ini, yang mungkin jarang disadari penghuni rumah.

1. Di bawah perabotan

Bawah perabotan yang sering kali menjadi bagian yang kotor dan tidak terawat karena jarang dibersihkan ternyata disukai oleh ular untuk bersembunyi.

Demikian penjelasan yang disampaikan pakar ular yang juga penulis di ReptilesBlog.com, Jennifer Mecham, dilansir dari Best Life.

Ia mengatakan, ular memilih bersembunyi di bawah perabotan karena menyukai tempat yang gelap dan terpencil sehingga bagian bawah sofa atau lemari perlu diperhatikan.

Kewaspadaan yang sama sebaiknya juga diberikan penghuni rumah kepada bagian bawah meja rias atau perabotan berat lainnya -terutama di gudang.

2. Tempat mencuci pakaian

Tempat mencuci pakaian cenderung berantakan ketimbang bagian rumah lainnya -terutama karena tumpukan pakaian dan alat-alat pembersih.

Nah, kondisi seperti itu ternyata dapat mengundang ular untuk bersembunyi, baik di bawah tumpukan pakaian, bagian dalam atau bawah mesin cuci, termasuk di mesin pengering.

Hal tersebut dikatakan ahli teknis pengendalian burung dan satwa liar dari Erhlich Pest Control, Roger Dickens.

3. Peralatan dapur

Ular biasanya memasuki rumah untuk mencari kehangatan dan perlindungan. Idealnya, ular juga masuk rumah karena menyukai kondisi yang lembap -salah satunya dapur.

Bahkan, kata Mecham, ular dapat berlindung di mesin pencuci piring untuk menjauh dari perhatian manusia dan supaya tubuhnya menjadi hangat.

4. Kamar mandi

Melihat ular di alam terbuka saja sudah menakutkan, apalagi jika hewan melata ini berpapasan langsung dengan penghuni rumah di kamar mandi.

Mecham mengatakan, kamar mandi adalah salah satu tempat persembunyian ular karena mereka suka meringkuk di tempat yang sempit dan gelap.

Dalam beberapa kasus, ular menyusup ke rumah sebelum akhirnya bersembunyi di kamar mandi dan mereka masuk ke kloset.

Di sisi lain, ular bisa bersembunyi di kamar mandi melalui saluran pembuangan atau ventilasi.

5. Di lemari

Jangan kira lemari yang menjadi tempat penyimpanan pakaian dan barang-barang berharga bebas dari ancaman ular.

Pasalnya, ular dapat bersembunyi di sana karena tempatnya yang gelap, tersembunyi, apalagi jika barang-barang di lemari berantakan menurut Joshua Paske dari Paske Pest Control.

Karena alasan itulah lemari sebaiknya rutin dibersihkan dan ditata supaya tikus tidak ikut-ikutan masuk ke dalamnya karena hewan pengerat ini menjadi mangsa bagi ular.

6. Kamar tidur

Dari semua bagian di tumah, tempat tidur yang sehari-hari digunakan untuk beristirahat ternyata juga disukai ular untuk bersembunyi dari manusia.

Menurut Mecham, ular dapat berdiam di bawah tempat tidur karena lokasinya yang hangat, nyaman, dan empuk.

Kemungkinan ular bersarang di bawah tempat tidur semakin tinggi jika bagian ini jarang dibersihkan oleh penghuni rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!