6 Rutinitas yang Dilakukan Orang Sukses untuk Mengisi Weekend

6 Rutinitas yang Dilakukan Orang Sukses untuk Mengisi Weekend

tribunwarta.com – Rutinitas harian seseorang bisa memengaruhi kesuksesannya. Sejumlah studi sudah membuktikan bahwa rutinitas berkaitan dengan banyak hal, mulai dari ketangguhan dalam krisis hingga keterampilan sosial dan kesuksesan.

Rutinitas juga membantu orang-orang sibuk mengelola harinya dengan memberikan struktur yang jelas setiap hari.

Benjamin Spall, penulis My Morning Routine menghabiskan waktu selama lima tahun untuk mewawancarai dan mempelajari lebih dari 300 orang yang sangat sukses, mulai dari pemimpin bisnis, rektor universitas, hingga atlet Olimpiade dan seniman, tentang rutinitas sehari-hari mereka.

Berikut adalah rutinitas yang dilakukan orang paling sukses di akhir pekan untuk membuat hari kerja mereka lebih produktif, seperti dikutip dari CNBC Make It:

Para miliuner paham betul pentingnya tidur yang berkualitas. Sebab, tubuh (dan otak) tidak akan bekerja dengan baik jika Anda tidak memberinya istirahat yang cukup.

Dari ratusan orang sukses yang diwawancarai Benjamin, waktu tidur mereka rata-rata tujuh jam 29 menit per malam. Tim Cook, Bill Gates, Jack Dorsey, dan Jeff Bezos semuanya mengatakan bahwa mereka juga tidur setidaknya tujuh jam setiap malam.

Tetapi, dalam beberapa kasus, Anda mungkin sulit mendapatkan waktu tidur selama tujuh jam karena alasan pekerjaan. Jika Anda merasa kurang tidur selama seminggu, gunakan akhir pekan untuk melunasi ‘utang tidur’ tersebut.

Meski demikian, perlu dicatat, jangan jadikan kebiasaan tidur lima jam per malam selama seminggu, diikuti oleh 12 jam per malam selama akhir pekan.

“Pada akhir pekan kami memiliki [pengasuh] di pagi hari, jadi [istri saya] Tiff dan saya berolahraga Sabtu pagi. Kemudian sisa akhir pekan kami menghabiskan waktu bersama,” kata Mark Cuban, miliarder Amerika Serikat.

“Kami yang menidurkan anak-anak dan makan malam bersama. Kami mencoba untuk menjadi senormal mungkin.”

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda perlu menyelesaikan beberapa pekerjaan selama akhir pekan, usahakan untuk melakukannya pada Sabtu pagi sehingga Anda tidak memikirkannya selama sisa akhir pekan.

Orang-orang sukses selalu menyusun strategi untuk pekan kerja mereka, sehingga mereka bisa memulai lebih awal pada hari Senin.

Misalnya, Anda bisa mengalokasikan waktu setengah hari penuh di akhir pekan hingga menghabiskan 10 menit pada Minggu malam untuk melihat kalender minggu depan dan mencatat apa yang harus dilakukan. Begitu Senin pagi tiba, Anda sudah siap 100 persen.

“Sabtu saya mendaki. Dan kemudian hari Minggu adalah waktunya refleksi, feedback, menyusun strategi, dan bersiap-siap untuk sisa minggu ini,” kata Jack Dorsey kepada Brooke Potter, penulis “Becoming More Productive: The Secrets of Successful People Revealed.”

Orang-orang sukses juga meluangkan waktu untuk bersantai dan melakukan hal yang mereka sukai. Banyak yang menghabiskan waktu sarapan dengan lebih santai dibanding hari kerja, ada yang senang meringkuk di sofa sambil membaca buku, bermeditasi atau berolahraga.

Pada 2014, Bill Gates mengatakan dia lebih memilih untuk menghabiskan waktu istirahatnya sesantai mungkin. Terkadang, Gates juga melakukan permainan bridge yang disukainya.

“Bermain Bridge adalah hal yang cukup kuno, tapi saya sangat suka,” katanya. “Saya menonton putri saya menunggang kuda akhir pekan ini dan itu juga agak kuno tapi menyenangkan. Saya mencuci piring setiap malam – orang lain menjadi sukarelawan tetapi saya suka cara saya melakukannya.”

Orang-orang sukses menggunakan akhir pekan untuk merenungkan hal-hal yang penting bagi mereka, hal-hal yang mengganggu mereka, dan karier mereka.

Sebuah studi di Harvard menemukan bahwa orang yang menghabiskan 15 menit di penghujung hari untuk merenungkan apa yang mereka pelajari memiliki kinerja 23 persen lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak. Studi lain menemukan bahwa refleksi diri dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih bahagia, lebih produktif, dan tidak terlalu lelah.

Orang-orang sukses meluangkan waktu untuk mengurus pekerjaan domestik mereka, apakah itu berbelanja bahan makanan, mencuci pakaian atau mengurus tagihan, tetapi mereka tidak membiarkan pekerjaan rumah itu mengambil alih akhir pekan mereka sepenuhnya. Sebab, jika mereka melakukannya, tidak akan ada waktu untuk bersantai atau menyusun strategi.

Untuk mengatur jarak tugas dengan benar, Anda harus memprioritaskan menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah selama hari kerja. Ini bisa dilakukan sesederhana menyisihkan 15 menit sebelum tidur setiap malam untuk melakukan sedikit pekerjaan rumah.

Kemudian, ketika akhir pekan tiba, jadwalkan setidaknya satu atau dua jam untuk menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!