5 Manfaat Posisi Cuddle Spooning, Bisa Bikin Hubungan Makin Lengket

5 Manfaat Posisi Cuddle Spooning, Bisa Bikin Hubungan Makin Lengket

tribunwarta.com – Gaya sebelumnya dikenal sebagai posisi bercinta yang cukup populer.

Namun posisi ini juga bisa dilakukan bersama pasangan dengan saling berpelukan alias meski tidak melibatkan hubungan seks.

Selain posisinya yang bikin nyaman saat dilakukan bersama pasangan, spooning ini rupanya juga menawarkan berbagai manfaat untuk hubungan.

Manfaat posisi cuddle spooning

Posisi spooning adalah posisi berpelukan yang biasanya melibatkan dua orang berbaring dalam posisi miring dan menghadap ke arah yang sama.

Sama seperti namanya, dua orang yang tengah ini bentuk atau tampilannya menyerupai sendok yang lagi ditumpuk dengan lekukan yang pas.

Variasi dari cuddle ini pun beragam, pasangan wanita bisa berbaring di posisi depan dan pria merangkulnya dari belakang atau dapat juga dilakukan sebaliknya.

Posisi cuddle dikatakan dapat memberikan kehangatan dalam hubungan. Lebih dari itu, berikut sejumlah manfaat yang bisa dirasakan pasangan ketika rutin melakukan gaya cuddle spooning.

1. Bikin hubungan makin lengket dan intim

Menurut De-Andrea Blaylock-Solar, MSW, LCSW-S, CST, mbg, seorang pakar seks bersertifikat di AS mengatakan bahwa gaya cuddle spooning bisa membuat hubungan semakin lengket dan intim.

Keintiman yang dimaksud itu bukan hanya keintiman seksual, tetapi hubungan yang lebih melibatkan keintiman secara emosional.

2. Menumbuhkan rasa aman dan nyaman

spooning juga dapat memberikan perasaan nyaman dan aman, terutama bagi pasangan yang dalam posisi dipeluk atau meringkuk di depan.

Seorang seksolog bersertifikat, Gigi Engle mengatakan bahwa perasaan aman dan nyaman itu diciptakan oleh posisi kita saat berbaring dan saling memeluk.

3. Melepaskan hormon bahagia

Manfaat cuddle dengan posisi spooning juga bermanfaat bagi masing-masing individu, yaitu bisa membantu pelepasan hormon bahagia.

Hormon yang turut dilepaskan dalam keterlibatan sentuhan fisik saat cuddling itu di antaranya oksitosin, dopamin, dan serotonin.

Selain dapat meningkatkan perasaan bahagia, hormon tersebut juga meningkatkan kedekatan antar pasangan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti halnya manfaat cuddling secara umum, aktivitas romantis yang satu ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebaan tubuh.

Manfaat tersebut tak lepas dari produksi hormon oksitosin yang dapat meningkatkan sel pengatur T di dalam tubuh.

Sel-sel tersebut dapat bertindak dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam keadaan prima.

5. Meredakan stres dan mengurangi rasa sait

Rutin cuddle dengan gaya spooning juga dapat membantu pasangan yang tengah merasakan stres.

Ini masih ada hubungannya dengan peran oksitosin yang secara bersamaan dapat bertindak sebagai pereda stres serta mengurangi rasa sakit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!