5 Ide Resolusi Tahun Baru 2023 yang Realistis, Jadi Kompas Bantu Capai Tujuan Hidup

5 Ide Resolusi Tahun Baru 2023 yang Realistis, Jadi Kompas Bantu Capai Tujuan Hidup

tribunwarta.com – “Tahun ini berat sekali ya? Curiga sebentar lagi jadi orang sukses.”

Apakah Anda yakin hanya dengan ditempatkan di jalan yang berliku dan bercabang dapat membuat Anda duduk di tempat yang istimewa?

Tentunya untuk menjangkau posisi impian perlu ada strategi dan tekad yang kuat serta ‘kompas’ sebagai penunjuk arah titik yang dituju.

Hal ini salah satunya bisa dilakukan dengan membuat resolusi sebelum pergantian tahun 2022.

Munculkan ide resolusi tahun baru yang unik berdasarkan apa yang penting bagi Anda, menggairahkan, dan benar-benar selaras dengan masa depan yang Anda impikan sendiri.

Hal ini lantaran ada beberapa faktor yang membuat seseorang gagal mewujudkan resolusi tahunannya. Faktor tersebut di antaranya sebagai berikut.

– Tidak realistis- Menuntut perubahan ekstrim- Tidak dilihat sebagai kebiasaan yang harus dikembangkan yang butuh waktu dan ketekunan- Terkadang tercapai sesaat sehingga membuat kita berpuas diri dan meninggalkannya- Pesimistis.

Meskipun tidak ada yang bisa kembali ke masa lalu dan membuat awal yang baru, siapa pun bisa mulai dari sekarang dan membut akhir yang baru.

Oleh karena itu, berikut beberapa ide yang dapat dijadikan inspirasi penyusunan resolusi tahun baru 2023 yang realistis dan berguna bagi hidup.

1. Buat Hari Tanpa Keluhan

Pilih satu hari dalam seminggu di mana Anda tidak boleh mengeluh bahkan ketika masalah datang bertubi-tubi, misal pada hari Jumat.

Hari tanpa keluhan ini diharap dapat meningkatkan pandangan positif dan keterampilan Anda dalam memecahkan masalah.

Ini juga adalah bentuk latihan pembentukan karakter yang membuat seseorang cenderung mencari solusi dan lebih tangguh ketimbang memelihara mentalis yang lemah.

2. Self-talk

Mungkin terdengar aneh, akan tetapi cobalah berbicara pada diri sendiri seperti Anda sedang berbicara pada sahabat.

Beri perhatian pada diri Anda, motivasi, hingga maaf atas apa yang telah terjadi agar tidak ada penyesalan.

Pikiran Anda menentukan bagaimana hidup Anda terbentuk, jadi bicaralah dan kenali lebih dekat diri sendiri guna mengetahui keyakinan tentang kemampuan, bakat, kekuatan emosional dan apa yang membatasi potensi Anda selama ini.

3. Lebih Tangguh secara Emosional

Ketangguhan emosional tidak hanya terjadi dalam satu hari, tetapi hanya mungkin jika Anda menjadikannya resolusi tahun baru.

Ketika Anda menangani stres secara efektif setiap hari, Anda mengembangkan kekuatan batin yang membuat Anda matang secara emosional sehingga dapat membantu Anda bangkit kembali dari kemunduran.

4. Menulis Jurnal Terima Kasih

Biasakan menulis setidaknya tiga hal setiap hari tentang apa yang Anda syukuri dalam hidup.

Ini termasuk pencapaian kecil, besar, khusus, atau rutin. Ketika Anda mulai fokus pada hal-hal baik, maka hal negaif kehilangan fokus dan mundur.

Sikap seperti itu dapat mengarahkan Anda pada pertumbuhan dan kebahagiaan diri sendiri.

5. Batasi Waktu Bermain Media Sosial

Buat dan patuhi jadwal membuka media sosial seperti scroll pembaruan di TikTok, Instagram, maupun Twitter dalam satu hari.

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda tulis di media sosial. Platform media sosia bisa baik atau buruk bagi Anda tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!