Wujudkan Transformasi Hijau Industri Petrokimia, PKT Kembangkan Renewable Resources

Wujudkan Transformasi Hijau Industri Petrokimia, PKT Kembangkan Renewable Resources

Jakarta: Pertumbuhan tren investasi Environmental, Social and Governance (ESG) mengalami peningkatan secara drastis sejak 2016. Bahkan di tataran global, investor kini lebih menyukai investasi yang bertanggung jawab dan lebih mendukung perusahaan yang mengedepankan ESG.
 
Terkait hal tersebut, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) pun selalu berinisiatif untuk memegang teguh prinsip ESG yang juga tertuang dalam roadmap pertumbuhan kedua perusahaan 40 tahun kedepan. Upaya PKT dalam mewujudkan transformasi hijau industri petrokimia dilakukan dengan fokus pada pengembangan renewable resources yang dipercaya mampu mendukung komitmen Indonesia net zero emission di 2060.
 
“Komitmen untuk menjalankan bisnis dan proses produksi yang memprioritaskan prinsip-prinsip ESG sudah pondasi utama perusahaan,” tegas Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi dalam keterangan tertulis, Senin, 24 Oktober 2022.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedepannya, lanjut Rahmad, lewat ragam inovasi, PKT akan terus fokus mengembangkan hilirisasi industri petrokimia yang berbasi renewable resources guna mencapai dominasi pasar di Asia Pasifik. “Usaha ini tentunya tidak hanya dilakukan secara mandiri oleh perusahaan, tapi juga turut mengajak masyarakat dan komunitas serta organisasi di Indonesia untuk melakukan kegiatan yang mendukung ESG,” jelas dia.
 
Komitmen penerapan ESG ini pun diganjar dengan raihan penghargaan dari TrenAsia di gelaran TrenAsia ESG Excellence 2022. Di ajang tersebut, PKT meraih penghargaan Trenasia ESG Excellence 2022 untuk industri petrokimia kategori Action.
 

 
Menurut Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno, berbagai upaya implementasi ESG yang dilakukan oleh perusahaan di Tanah Air perlu diapresiasi lewat ajang TrenAsia ESG Excellence 2022. “Sehingga ajang ini diharapkan menjadi momentum yang dapat mendorong setiap korporasi makin giat dan berkomitmen terhadap implementasi praktik bisnis berkelanjutan,” sebutnya.
 
Rahmad pun mengapresiasi penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 ini. Penghargaan ini merupakan hasil dari upaya bersama dan kinerja unggul yang ditunjukkan oleh semua rekan-rekan di PKT. Apalagi suatu perusahaan kedepannya nanti akan sangat dituntut untuk tidak hanya menjadi lebih produktif dan profitable, tapi juga harus lebih mengutamakan aspek ramah lingkungan.
 
“Karena itu, ESG sudah terpatri di dalam strategi perusahaan kita di PKT. Lewat berbagai inisiatif pengembangan konsep ESG yang mempertimbangkan output yang dapat memberikan banyak manfaat bagi lingkungan akan menjadi strategi kami dalam mempercepat laju dekarbonisasi industri petrokimia dan pupuk,” pungkas Rahmad.

 

(HUS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *