Wuih Menggiurkan! Coba Intip Peluang Bisnis Properti Mahasiswa

Wuih Menggiurkan! Coba Intip Peluang Bisnis Properti Mahasiswa

tribunwarta.com – Bisnis properti dengan modal kecil bahkan tanpa modal, memangnya ada? Bagaimana dengan peluang bisnis properti mahasiswa?

Nyatanya, kamu bisa memulai bisnis properti dengan modal kecil untuk meminimalisasi kerugian. Penasaran bagaimana caranya?

Simak beberapa trik hebat untuk menjalankan bisnis properti dengan modal kecil berikut ini.

Rubrik Finansialku

Kendala Bisnis Properti

Beberapa waktu lalu, saya membaca kisah inspirasional dari 99.co mengenai mahasiswa yang sukses berbisnis properti. Dialah Rahmat, agen NRP Property Banyuwangi yang ternyata masih berstatus mahasiswa.

Rahmat mengisahkan bahwa dirinya sudah menggeluti bisnis properti sambil kuliah sejak 2 tahun lalu. Rahmat menjelaskan bahwa ini adalah pekerjaan yang diminatinya serta memberikan banyak pengalaman baginya. Ia mengatakan:

“Banyak pengalaman yang bisa saya serap dari bisnis ini, tentunya juga karena saya bisa punya penghasilan sendiri. Saya pun senang bisa membantu memberikan banyak manfaat kepada orang lain. Mendapatkan kepercayaan dari klien merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya. Ini hal yang saya sukai.”

Rahmat juga menjelaskan, mungkin baginya untuk berbisnis properti sambil berkuliah karena waktu kerjanya yang sangat fleksibel.

Awalnya memang terasa berat karena harus membagi waktu untuk dua hal yang serius ia tekuni tersebut. Namun lama kelamaan Rahmat berhasil mengatur waktu untuk bisa mengerjakan keduanya bersamaan.

Selain kendala waktu, berbisnis properti bagi mahasiswa juga sering dikaitkan dengan modal.

[Baca Juga: 5+ Bisnis Mahasiswa dan Fresh Graduate Sambil Menunggu Panggilan Kerja]

Meski bisnis properti merupakan sebuah bisnis yang tidak pernah mati disebabkan tempat tinggal merupakan sebuah kebutuhan primer manusia yang tidak akan pernah dimakan waktu.

Tetapi satu hal yang terlintas di pikiran saat akan memulai bisnis properti adalah: MODALNYA BESAR.

Oleh karena hal itulah banyak mahasiswa yang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis properti ini.

Padahal, sebenarnya bisnis properti tidak melulu membutuhkan modal besar loh! Kamu juga bisa memulainya dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Dengan demikian, mahasiswa juga bisa turut menjalani bisnis ini.

Nah, masih ragu untuk memulai bisnis properti? Jangan khawatir, Finansialku akan menjabarkan beberapa tips mahasiswa berbisnis properti berikut ini:

Bisnis Properti Mahasiswa? Tentu saja Bisa

Mengingat banyaknya kendala yang menyulitkan mahasiswa untuk berbisnis properti, kami ingin menjabarkan beberapa peluang berbisnis properti bagi mahasiswa. Dengan demikian kendala tidak lagi menghalangi jalanmu.

Yuk simak ulasannya berikut ini:

#1 Menjadi Agen atau Broker Properti Paruh Waktu

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, salah satu kendala mahasiswa dalam berbisnis properti adalah dari manajemen waktunya. Kamu harus bisa membagi waktu dalam berbisnis sembari tetap menyelesaikan kewajiban perkuliahanmu.

Solusi untuk mengatasinya cukup beragam, namun menurut kami salah satu solusi paling masuk akal adalah dengan menjadi agen independen paruh waktu.

Kamu bisa bergabung dengan perusahaan broker properti seperti Rahmat ataupun memilih independen. Sebagai contoh adalah Century 21, ERA, Ray White, dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Ini Rahasia dan Kiat Memulai Bisnis Saat Kuliah]

Bila kamu memilih bergabung dengan perusahaan, cobalah cari yang memperbolehkan agennya bekerja paruh waktu.

Benefit dari bergabung menjadi agen properti adalah kamu akan memperoleh pelatihan untuk menjadi agen properti profesional. Selain itu, kamu akan memperoleh info terbaru mengenai properti yang bisa dijual.

Kamu juga memperoleh komisi (walaupun biasanya keuntungan berupa komisi ini akan dibagi dengan kantor agen properti) saat berhasil menjual properti.

Bila kamu memilih untuk berdiri sendiri atau independen, maka kamu bisa mulai dengan mencari informasi rumah, tanah, atau properti yang dijual di sekitar rumah atau milik kerabat sendiri.

Sistemnya sama, hanya saja kamu berdiri mandiri dan harus mencari informasi properti sendiri.

#2 Menjadi Agen Makelar Properti

Kendala kedua dari berbisnis properti tentu modal awal yang cukup besar. Tapi jangan khawatir, kami punya solusinya.

Kamu bisa memulai dengan menjadi agen makelar properti.

Keuntungan dari menjadi agen properti adalah kamu tidak harus mampu membeli sebuah properti untuk dijual kembali loh!

Sistemnya sangat sederhana, dimana kamu hanya perlu mencari properti yang dijual di sekitar dan belum diiklankan.

Kemudian, hubungi pemilik rumah untuk menawarkan diri sebagai makelar atau perantara penjualan. Apabila penawaran disetujui, buatlah iklan atas namamu untuk memasarkan rumah tersebut.

[Baca Juga: Ada Lho 5 Bisnis Kreatif Mahasiswa yang Menghasilkan Rupiah]

Bisa dalam bentuk banner, iklan di koran, iklan internet, dan sebagainya. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai situs jual beli properti seperti OLX, rumah123, dan sebagainya.

Nah, apabila rumah berhasil terjual, biasanya kamu akan memperoleh komisi yang bergantung pada harga jual rumah. Umumnya, komisi yang diperoleh adalah sebesar 2,5% dari harga jual rumah. Lumayan bukan?

Andaikan harga rumah adalah Rp1 miliar, maka kamu akan memperoleh komisi sebesar Rp25 juta. Dan semua ini diperoleh tanpa membutuhkan modal besar, bahkan bisa tanpa modal.

#3 Berbisnis Jasa Pencarian Indekos

Pernahkah kamu nge-kost sebelumnya? Jika pernah, tentunya kamu tahu bahwa indekos juga merupakan sebuah bentuk bisnis properti dengan cara menyewakan properti dengan harga murah.

[Baca Juga: 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Bisa Menghasilkan Pemasukan Puluhan Juta Rupiah]

Kamu sebagai mahasiswa yang cukup mengenal daerah sekitar kampus, pasti kerap mendengar informasi kosan dan kontrakan yang kosong. Nah, hal ini bisa jadi celah untuk kamu memulai bisnis properti lho!

Atau, jika kamu memiliki kerabat atau teman yang memiliki sebuah rumah yang tidak terawat di kawasan kampus, maka ini bisa dijadikan bisnis yang bagus.

Caranya adalah dengan meminta izin kepada kerabatmu untuk mengelola rumah tersebut menjadi homestay. Kamu kemudian bisa membuat iklan di koran atau internet untuk mempromosikan rumah tersebut bagi mahasiswa/i dan pekerja di sekitar.

Kamu bisa membagi keuntungan dengan pemilik rumah dari hasil penyewaan rumah indekos tersebut. Menarik bukan?

#4 Membuat Situs Jual Beli Properti

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, banyak pemasaran properti dilakukan di situs jual beli properti seperti Rumah123, Kaskus, OLX, dan sebagainya.

[Baca Juga: 7 Cara Mudah Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa]

Apabila kamu memiliki keahlian IT, maka kamu bisa membuat situs jual beli properti sendiri. Apabila situs ini berhasil dan menarik banyak penjual, maka kamu bisa memperoleh banyak kontrak eksklusif untuk menjadi marketing propertinya.

Umumnya kamu akan memperoleh banyak keuntungan dari kontrak eksklusif tersebut.

Ditambah lagi, kamu mungkin memperoleh keuntungan tambahan dari affiliate marketing dan iklan di situs kamu.

Ingin Berbisnis Properti seperti Rahmat?

Nah, kini kamu sudah tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis properti. Nyatanya, bisnis properti tidak melulu membutuhkan modal besar dan menghabiskan waktu bukan?

Kami yakin kamu juga bisa sukses dalam berbisnis properti dengan memanfaatkan beberapa trik hebat di atas.

Jangan mudah menyerah, ingatlah bahwa bisnis properti merupakan sebuah bisnis yang umumnya memberikan keuntungan, terutama apabila kamu cerdas dalam menjalankannya.

Selain berbisnis properti tentunya masih ada beberapa sumber pemasukan yang bisa kamu maksimalkan, kamu bisa mengetahui itu dengan mendengarkan podcast dari CEO Finansialku berikut ini:

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai peluang bisnis properti mahasiswa lainnya? Tinggalkan komentar kamu di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu ya! Semoga bermanfaat, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Admin. 21 Oktober 2018. Bisnis Properti Bagi Mahasiswa, Menjanjikan & Tak Ganggu Waktu Belajar. 99.co – http://bit.ly/2NeQ4Vj

    Admin. 14 November 2016. Kuliah Sambil Kerja Seperti Rahmat Nrp, Bikin Pusing. Berani Coba?. 99.co – http://bit.ly/2FCVrXY

    Admin. 11 Trik Gila Cara Bisnis Properti Tanpa Modal untuk Pemula Modal Kecil. Kontraktorrumahtinggal.com – http://bit.ly/2X5on0A

Sumber Gambar:

    Bisnis Properti Mahasiswa – http://bit.ly/31StyVn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!