WOW! Biaya Upacara Pemakaman Toraja Termahal Di Dunia!

WOW! Biaya Upacara Pemakaman Toraja Termahal Di Dunia!

tribunwarta.com – Pernah dengar tentang biaya upacara pemakaman Toraja yang terkenal dengan jumlah fantastis, bahkan menjadi yang termahal di dunia?

Bagaimana bisa ya biaya upacara pemakaman Toraja menjadi yang termahal di dunia? Tidak percaya? Yuk simak ulasannya disini:

Rubrik Finansialku

4 Upacara Pemakaman Termahal di Dunia

Bukan hanya upacara pernikahan saja ternyata yang mahal di Indonesia.

Nyatanya, upacara kematian untuk sebagian masyarakat di wilayah Indonesia bisa dihelat mewah, tak berbeda jauh dengan pesta pernikahan, kelahiran atau hajatan lainnya.

[Baca Juga: Pernikahan Tak Harus Jutaan Rupiah: Hitung Anggaran Dana Pernikahan, Ikuti Cara Menghemat Biaya Pernikahan]

Bahkan, biaya yang dihabiskan bisa mencapai ratusan juta atau miliaran rupiah. Luar biasa bukan?

Penasaran kan upacara pemakaman seperti apa yang bernilai sangat mahal ini? Berikut 4 upacara pemakaman termahal di dunia yang ada di Indonesia:

#4 Mangokal Holi, Batak

Upacara pemakaman termahal ke-4 ini diselenggarakan oleh Suku Batak.

Dibagi dalam dua rangkaian upacara, yakni prosesi saat meninggal dan prosesi ketika pelaksanaan Mangokal Holi, pihak keluarga yang ditinggalkan akan melaksanakan perayaan selama kurang lebih tiga hari.

Upacaranya sendiri diisi dengan pemotongan ternak, penyewaan sound system untuk menyanyikan lagu-lagu khusus bagi mereka yang ditinggal sebagai penghormatan.

Setelah bertahun-tahun kemudian, Mangokal Holi atau pemindahan tulang belulang akan dilaksanakan. Tubuh yang sudah menjadi tulang kembali dikubur lalu dibangunkan sebuah tugu (makam batu) yang biayanya tak kalah mahal.

#3 Tiwah, Dayak

Upacara pemakaman Tiwah sering disebut-sebut merupakan perpaduan antara upacara Rambu Solo di Toraja dan Mangokal Holi Batak.

Dikatakan mirip karena Tiwah diadakan untuk mengantar jenazah ke peristirahatan terakhir.

Tiwah dilaksanakan atas seseorang yang telah meninggal dan dikubur sekian lama hingga yang tersisa dari jenazahnya diperkirakan hanya tinggal tulangnya saja.

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

Tulang ini akan dipindahkan ke sebuah tempat bernama Sandung. Tiwah sendiri dilaksanakan dengan cara menyembelih ternak (babi, kerbau, atau sapi) atas orang yang sudah lama meninggal.

Biaya yang besar tersebut terbilang besar karena banyaknya ternak yang disembelih.

#2 Ngaben, Hindu

Upacara pemakaman mahal selanjutnya adalah Ngaben yang umum diselenggarakan oleh mereka yang beragama Hindu.

Upacara ini banyak ditemukan di Bali, pulau di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Hindu. Perayaan ini biasanya dilaksanakan pada hari tertentu dalam kalender Saka.

Keluarga yang akan melangsungkan upacara pemakaman Ngaben perlu menyediakan dana cukup besar.

Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk membayar pembuatan wadah yang bisa mencapai puluhan juta rupiah dan sesajen serta pernak-pernik yang dibutuhkan sebagai syarat Ngaben.

Namun umumnya Ngaben dilaksanakan untuk upacara pemakaman besar-besaran dan bersamaan, sehingga para keluarga bisa patungan untuk membiayai upacara pemakaman ini.

#1 Rambu Solo, Toraja

Upacara adat kematian masyarakat Toraja memang sudah terkenal sebagai sebuah upacara pemakaman termahal di dunia. Bagaimana tidak, setiap upacara pemakaman dapat memakan biaya ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Mengapa upacara pemakaman Rambu Solo bisa menghabiskan biaya sangat tinggi? Mari melihat ulasan lengkapnya yuk!

Rambu Solo, Upacara Pemakaman Termahal di Dunia

Indonesia memiliki berbagai budaya unik yang menjadi ciri khas daerah masing-masing. Salah satunya adalah dari upacara pemakamannya. Jika banyak budaya yang kental dan unik, Rambu Solo adalah salah satunya.

Bukan hanya kental akan budaya, Rambu Solo adalah upacara pemakaman yang paling mahal di dunia. Disetimasikan nilai satu upacaranya memakan biaya ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Masyarakat Toraja meyakini tanpa upacara Rambu Solo, arwah orang yang meninggal akan memberikan kemalangan pada orang yang ditinggalkannya.

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

Selain itu, upacara adat kematian masyarakat Toraja ini juga dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghantaran arwah orang yang meninggal menuju alam roh.

Jadi, upacara ini melambangkan kesempurnaan kematian seseorang, agar bisa pergi dengan tenang dan bahagia.

Dalam upacara ini, banyak persyaratan yang perlu dipenuhi keluarga almarhum. Salah satunya adalah hewan kurban berupa kerbau dan babi.

Kerbau yang digunakan untuk kurban adalah Tedong Bonga (kerbau bule/belang) yang juga dikenal sebagai kerbau lumpur yang bernilai puluhan hingga mencapai 600 juta rupiah per ekor.

Sedangkan untuk babi disebutkan bernilai sekitar 3 hingga 5 juta rupiah per ekor.

Jumlah kurban yang akan dikurbankan sendiri bergantung pada strata sosial keluarga, dimana semakin tinggi strata sosialnya maka makin banyak pula kerbau yang dikurbankan. Konon kurban bisa mulai dari 8 hingga 20 ekor.

Jika seekornya saja 600 juta rupiah, bayangkan berapa biayanya untuk memotong 20 ekor?

Kerbau-kerbau ini akan diarak keliling desa sebagai bentuk penghormatan. Setelahnya, kerbau akan dipertarungkan, baru disembelih. Daging kerbau akan dibagikan pada semua orang yang membantu proses pelaksanaan upacara ini.

Selain kurban, keluarga almarhum juga diwajibkan menyediakan perbekalan bagi almarhum. Jadi, nantinya peti jenazah akan dihias dengan kain adat dan tali yang terbuat dari emas dan perak.

[Baca Juga: 8 Bisnis yang Menguntungkan untuk Pensiunan yang Dapat Menambah Pemasukan]

Di dalam peti juga dilengkapi barang-barang yang diyakini sebagai “bekal perjalanan” arwah menuju surga. Barang-barang tersebut berupa pakaian, perhiasan, hingga sejumlah uang.

Jika memiliki anggota keluarga lain yang telah lama meninggal, keluarga juga dapat “menitipkan bekal” di dalam peti jenazah yang baru meninggal tersebut.

Setelah melewati upacara, almarhum akan diarak menuju pemakaman yang berupa dinding tebing.

Peti jenazahnya pun bukan sembarang peti biasa. Peti jenazah disimpan dalam sebuah tongkonan yang telah dibuat dengan indah.

Tongkonan nya pun biasanya tidak hanya satu, karena semakin banyak tongkonan semakin tinggi pula strata sosial keluarga almarhumnya.

Konon bahkan tidak sembarang orang bisa melaksanakan upacara pemakaman Rambu Solo ini. Hanya keluarga-keluarga yang tergolong dalam kasta yang tinggi saja yang boleh melakukan upacara pesta kematian.

Satu hal lagi yang unik dari upacara pemakaman Toraja ini adalah dimana mereka yang meninggal dunia umumnya tidak langsung dimakamkan.

Beberapa jenazah disimpan dan diperlakukan seolah belum meninggal dunia selama beberapa waktu.

Jadi, ketika seseorang meninggal, dia akan dilapisi dengan formalin untuk mengawetkan badannya dan disimpan di rumah hingga tiba waktunya upacara pemakaman atau upacara kematian.

Ada yang cepat ada yang butuh waktu agak lama, semua itu tergantung dari kesepakatan keluarga yang ditinggalkan.

Upacara Pemakaman Mahal? Yuk Persiapkan dari Sekarang!

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana nasib keluarga Anda jika suatu hari Anda harus pergi meninggalkan mereka tanpa apa-apa?

Mereka harus mengadakan upacara pemakaman yang mahal dan tentunya ini akan sangat membebani mereka.

Menurut saya pribadi, penting untuk mempersiapkan kepergian kita. Meski mungkin kelihatannya masih jauh, persiapan lebih baik daripada tidak ada persiapan sama sekali.

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

Saat saya mengobrol dengan perencana keuangan Finansialku, mereka mengusulkan untuk mendaftar asuransi jiwa.

Saya sendiri awalnya tidak merasa pentingnya asuransi jiwa, karena ada suami yang sudah memilikinya.

Namun saya kembali berpikir, saya ingin pergi dengan meninggalkan warisan, bukan utang. Masa saya mau membebani keluarga dengan biaya pemakaman yang mahal ini?

Dari sinilah saya semakin tertarik akan asuransi jiwa.

Ternyata mendaftar asuransi jiwa tidaklah sulit. Syaratnya, orang yang akan diikutkan asuransi jiwa tersebut harus dalam keadaan sehat, terutama tidak pernah atau sedang mengalami sakit yang berat.

Dengan memiliki asuransi jiwa, maka dana untuk upacara pemakaman telah tersedia sesuai jumlah yang dikehendaki begitu polis asuransi jiwa disetujui.

Dengan demikian, ritual pemakaman tradisional (misalnya Rambu Solo) bisa dilaksanakan sesegera mungkin setelah meninggal dunia, tidak perlu menunggu hingga bertahun-tahun untuk mengumpulkan dana dan tidak perlu merepotkan keluarga yang ditinggalkan.

Biaya premi yang Anda bayarkan pun disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda dan kebutuhan pemakaman Anda nantinya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi perusahaan asuransi terkait.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membuat perencanaan keuangan, termasuk mengatur alokasi pembayaran premi asuransi.

Selain itu, dengan meng-upgrade akun ke mode Premium, Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai rencana keuangan Anda dengan para Financial Planner Finansialku.

Sehingga perencanaan keuangan Anda dapat semakin baik dan dapat meninggalkan warisan yang baik bagi anak cucu di masa depan.

Belum punya aplikasi Finansialku? Tenang! Anda dapat men-download-nya secara gratis di Google Play Store atau dengan klik banner di bawah ini.

Dapatkan juga potongan Rp50 ribu untuk upgrade akun ke Premium dengan memasukkan kode: POTONG50RIBU untuk lebih hemat berlangganan.

Jangan Bebani Keluarga Anda!

Prinsip saya, jangan pernah membeban keluarga, terutama anak-anak. Jangan sampai saat saya pergi nanti, mereka bukannya menikmati uang warisan, namun malah mengemban utang yang besar.

Anda pastinya sudah tahu upacara pemakaman itu cukup mahal bukan? Apalagi jika Anda termasuk dalam suku yang upacara pemakamannya disebutkan di awal tadi, pastinya dana upacara pemakaman ini perlu dipersiapkan secepatnya.

Yuk mulai persiapkan asuransi jiwa Anda!

Ternyata biaya pemakaman itu tidaklah murah, ya. Apa Anda memiliki komentar atau pertanyaan mengenai biaya pemakaman lainnya? Anda dapat menuliskannya dalam kolom komentar di bawah

Jangan biarkan artikel informatif ini berhenti pada Anda karena Anda dapat menjadi sumber informasi yang baik bagi teman-teman Anda dengan membagikan artikel ini.

Terima kasih.

Sumber Referensi:

    Chaerunnisa. 1 Februari 2019. Habiskan Miliaran Rupiah! Ini 4 Upacara Pemakaman di Indonesia Termahal Sejagat. Moneysmart.id – http://bit.ly/2Hz0BVZ

    Ulfa Sekar. 20 Juli 2018. Indonesia Punya Rambu Solo, Upacara Pemakaman Termahal di Dunia. Moneysmart.id – http://bit.ly/2ZxZ8Wi

    Fitria Nurbaidah. 24 Juni 2015. Toraja, Mewahnya Sebuah Upacara Kematian. Kompasiana.com – http://bit.ly/30SGtpH

    Nathanael Albertus. 4 Januari 2018. Biaya Mahal Upacara Pemakaman di Beberapa Daerah Negeri dan Luar Negeri. Proteksifinancial.com – http://bit.ly/2LdYFDm

Sumber Gambar:

    Pemakaman 01 – http://bit.ly/2zxy9zv

    Pemakaman 02 – http://bit.ly/2ZvCpxT

    Pemakaman 03 – http://bit.ly/2NEckGH

    Pemakaman 04 – http://bit.ly/2ZAM7zg

    Pemakaman 05 – http://bit.ly/2NEcUnR

    Pemakaman 06 – http://bit.ly/2ZmwnjS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!