WIKA Garap Proyek Pengolahan Air Limbah Terpusat di Jakarta Senilai Rp3,3 Triliun

WIKA Garap Proyek Pengolahan Air Limbah Terpusat di Jakarta Senilai Rp3,3 Triliun

tribunwarta.com – JAKARTA, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) yang tergabung dalam Konsorsium Obayashi-Jaya Konstruksi- JFE Engineering mendapatkan kontrak pengolahan air limbah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Nilai kontrak tersebut mencapai Rp3,33 triliun.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Kontrak Kerjasama yang ditandatangani PPK Air Minum dan Sanitasi Satker Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah Jakarta Metropolitan Sean Alva Yasin dengan Masao Hino sebagai perwakilan Konsorsium di Jakarta pada Kamis pekan lalu (22/12/2022).

Proyek gagasan Kementerian PUPR itu bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan, melalui pelayanan air limbah domestik yang berkualitas di DKI Jakarta. Selain itu, juga menjadi salah satu prioritas pembangunan infrastruktur air limbah di DKI Jakarta, yang diharapkan dapat melayani 80 persen populasi di Kawasan Pluit dan ditargetkan beroperasi dalam 54 bulan.

“Proyek ini merupakan wujud dukungan WIKA untuk peningkatan kesehatan masyarakat Jakarta yang bebas limbah, melalui pembangunan sistem Pengelolaan Air Limbah Terpusat,” kata Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito dalam keterangannya, dikutip Selasa (27/12/2022).

Dia menuturkan, melalui kerja sama dalam KSO Obayashi – WIKA-Jako-JFE, WIKA dengan porsi saham 20 persen akan mengerjakan Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) Zona 1 yang akan berlokasi di Pluit, Jakarta Utara. Ditargetkan JSDP ini akan melayani tiga kota administrasi, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Adapun lingkup pekerjaan WIKA dalam proyek ini berupa pengerjaan konstruksi stasiun pompa menggunakan pneumatic caisson. Sementara untuk sistem pengolah limbah, desainnya menggunakan teknologi A2O+ Membrane Bio Reactor dengan high rate filter.

Proyek ini menambah rekam jejak perseroan dalam mengerjakan infrastruktur pengelolaan air di DKI Jakarta. Saat ini WIKA sedang mengerjakan Proyek Sudetan Ciliwung Kanal Banjir Timur, setelah menyelesaikan pembangunan Rumah Pompa Air Sention-Ancol.

“Kami berharap dengan dukungan dari Kementerian PUPR dan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, KSO Obayashi-WIKA-Jakon-JFE dapat melaksanakan pekerjaan sesuai target waktu dan tepat mutu,” ucap Agung.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!