Warga Banjar Dilatih Budi Daya Ikan Serta Membuat Pakan Mandiri

Warga Banjar Dilatih Budi Daya Ikan Serta Membuat Pakan Mandiri

Banjar: Relawan Sahabat SandiUno Kota Banjar menggelar pelatihan pembudidayaan ikan air tawar serta cara membuat pakan ikan mandiri (maggot) di Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat. Pemilihan Desa Mulyasari lantaran banyak warga yang telah memiliki kolam ikan namun belum maksimal dalam pembudidayaan.
 
Pemilik Akaw Fish sekaligus Ketua Sahabat Sandiuno Wilayah Ciamis H.Kusnadi alias Akaw mengatakan salah satu teknik pembudidayaan ikan air tawar dengan memaksimalkan potensi budi daya yang baik dan benar. Adapun ikan yang dibudidayakan di antaranya ikan nila, gurame, dan lele. 
 
“Lima tips kunci sukses budi daya yakni adanya kolam, ikannya, pakan, pemeliharaan, terakhir panen dan pasca panen,” kata Kusnadi di Banjar, Jawa Barat, Kamis, 28 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia sengaja memberikan pelatikan agar kesuksesannya dalam membudidayakan ikan air juga diterapkan peserta. Ia berharap pelaku budi daya ikan di Kota Banjar bisa mengikuti jejaknya hingga berhasil meraup keuntungan.
 
“Dalam membudidayakan ikan air tawar pemberian pakan juga tidak sembarangan. Hal itu juga menjadi kunci penting supaya hasil panen melimpah. Pakan ikan yang diberikan menggunakan maggot,” kata Kusnadi. 
 
Nama Maggot mendadak populer di kalangan pembudidayaan ikan di Indonesia. Hal itu karena Maggot sangat berkualitas dan mengandung protein tinggi yang dibutuhkan ikan.

Dalam pelatihan itu, warga turut menyatakan dukungannyan untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Men[arekraf) Sandiaga Uno. Dia menyebut sosok Sandiaga yang bertanggung jawab layak didukung warga setempat. 
 
“Dengan adanya pelatihan ini, kita bersama-sama, bergandengan tangan, melanjutkan, untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami berkejasama dengan Sahabat Sandiuno dalam pelatihan ini. Sosok Pak Sandi sendiri bertanggung jawab, Pak Sandi konsiten pada program kebangkitan ekonomi,” beber Kusnadi. 
 
Lili, salah satu warga Lingkungan Pintusinga Kota Banjar mengaku senang dengan adanya pelatihan ini. Dia berencana ingin membudidayakan ikan air tawar di kolam miliknya dengan konsep yang diberikan dalam pelatihan tersebut. Ia juga turut mendukung Sandiaga Uno di Pilpres 2024. 
 
“Sosok Pak Sandi memperhatikan hal tersebut. Karena beliau sendiri sudah memiliki pengalaman dalam memimpin perusahaan. Nah figur pemimpin seperti Sandi Uno yang kami harapkan memimpin Indonesia. Jadi kalo Pak Sandi nyalon jadi Presiden, Insyaallah, kami siap mendukung,” kata Lili.
 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *