Wapres AS Tiba di Korsel Dibayang-bayangi Uji Rudal Korea Utara

Wapres AS Tiba di Korsel Dibayang-bayangi Uji Rudal Korea Utara

Seoul: Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris berada di Korea Selatan pada Kamis 29 September 2022. Dia datang untuk mengunjungi perbatasan yang dijaga ketat dengan Korea Utara yang bersenjata nuklir, dalam perjalanan yang bertujuan untuk memperkuat aliansi keamanan dengan Seoul.
 
Pyongyang melakukan dua peluncuran rudal balistik terlarang pada hari-hari sebelum kedatangan Harris, bagian dari serangkaian tes senjata yang memecahkan rekor tahun ini.
 
Berbicara menjelang pertemuannya dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Harris mengatakan, aliansi negara-negara itu adalah “kunci utama keamanan dan kemakmuran di semenanjung Korea”.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya di sini untuk memperkuat kekuatan aliansi kita dan memperkuat kerja sama kita,” ucap Harris, seperti dikutip AFP.
 
Washington menempatkan sekitar 28.500 tentara di Korea Selatan untuk membantu melindunginya dari Utara, dan sekutunya melakukan latihan angkatan laut bersama skala besar minggu ini untuk unjuk kekuatan melawan Korea Utara.
 
Perjalanan Harris ke Zona Demiliterisasi (DMZ) kemungkinan akan membuat marah Pyongyang, yang menilai Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi sebagai “perusak terburuk perdamaian internasional” ketika dia mengunjungi perbatasan pada Agustus.
 
Harris tiba di Seoul setelah perjalanan ke Jepang, di mana dia menghadiri pemakaman kenegaraan mantan perdana menteri Shinzo Abe yang terbunuh, sebelum memberi tahu pasukan AS bahwa Amerika akan beroperasi “tanpa gentar dan tidak takut” di seluruh Asia, termasuk Selat Taiwan.
 
Masalah keamanan akan mendominasi pertemuannya dengan Yoon, meskipun Seoul juga berencana untuk meningkatkan kekhawatirannya atas undang-undang baru yang ditandatangani oleh Presiden AS Joe Biden yang menghapus subsidi untuk mobil listrik yang dibangun di luar Amerika, yang berdampak pada pembuat mobil Korea seperti Hyundai dan Kia.
 
Harris, wakil presiden perempuan pertama Amerika, juga akan bertemu dengan apa yang disebut Gedung Putih sebagai “pemimpin wanita inovatif” Korea Selatan untuk membahas masalah kesetaraan gender.
 
Yoon, yang telah berjanji untuk menghapus Kementerian Kesetaraan Gender Seoul, telah menghadapi kritik dalam negeri karena kurangnya perempuan di kabinetnya.


Tes nuklir?

Harris mendarat di Seoul setelah berbulan-bulan peringatan dari pejabat Korea Selatan dan AS bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang bersiap untuk melakukan uji coba nuklir lagi.
 

Pada Rabu, agen mata-mata Korea Selatan mengatakan tes itu bisa terjadi bulan depan.
 

Rezim yang terisolasi itu telah menguji senjata nuklir enam kali sejak 2006. Yang terakhir dan paling kuat pada 2017 — yang diklaim Pyongyang sebagai bom hidrogen — diperkirakan menghasilkan 250 kiloton.
 

“Ancaman rudal nuklir Korea Utara yang semakin meningkat menimbulkan kekhawatiran di Seoul tentang keandalan komitmen pertahanan Washington,” kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul.
 

“Tetapi mengirim kapal induk USS Ronald Reagan dan Kamala Harris adalah demonstrasi kemampuan militer dan kemauan politik Amerika,” tambahnya.
 

Selama masa jabatan Presiden Yoon, Seoul dan Washington telah meningkatkan latihan militer bersama, yang mereka tegaskan murni defensif. Korea Utara melihat mereka sebagai latihan untuk invasi.
 

Cheong Seong-chang dari Pusat Studi Korea Utara di Institut Sejong mengatakan kepada AFP bahwa dia mengharapkan Yoon dan Harris untuk membahas rencana untuk menanggapi uji coba nuklir lain oleh Pyongyang.
 

“Perjalanan Harris adalah kesempatan untuk memperkuat kerjasama tingkat tinggi dan hubungan persahabatan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat,” kata Cheong.
 

Pada Kamis, Seoul mengatakan, akan mengadakan latihan anti-kapal selam trilateral dengan Jepang dan AS, latihan semacam itu yang pertama sejak 2017, setelah para pejabat mengatakan akhir pekan ini mereka telah mendeteksi tanda-tanda Pyongyang dapat bersiap untuk menembakkan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam.

 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *