Walang Kadung-Roti 7 Lapis DPKP Surabaya Masuk Top 45 Inovasi Layanan Terbaik Nasional

Walang Kadung-Roti 7 Lapis DPKP Surabaya Masuk Top 45 Inovasi Layanan Terbaik Nasional

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Walang Kadung dan Walang Kekek ikut berkontribusi dalam meningkatkan layanan penanggulangan kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya. Bersama seluruh pasukan pemadam lainnya, Repons time kini menjadi 7 menit.

Artinya, personel dan kendaraan pemadam tiba di lokasi kebakaran hanya 7 menit.

Inilah salah satu inovasi layanan di DPKP Surabaya, disebut dengan istilah Roti 7 Lapis. Kepanjangan dari Response Time 7 Menit Layanan Pemadam Kebakaran di Surabaya.

“Kami perbanyak titik pos PMK sehingga respons makin cepat. Kami juga ada satuan Walang Kadung dan Walang Kekek. Sudah masuk Top 45. Semoga lolos Top 15 Inovasi layanan terbaik nasional,” kata Kepala DPKP, Didik Irianto, Senin (1/8/2022).

Walang Kadung dan Walang Kekek adalah unit cepat Khusus PMK. Unit ini terdiri atas personel terlatih dengan mengoperasikan motor PMK. Motor 250 CC dan Motor trail dimodifikasi dengan mengangkut alat pemadam lengkap. Mereka yang bisa menjangkau ke gang paling kecil sekalipun.

Selain itu juga menambah Pos PMK. Sementara setiap hari personel DPKP Surabaya juga ditingkatkan skillnya. Begitu juga merawat dan memastikan semua unit kendaraan dalam kondisi siap ke tempat kejadian kebakaran atau TKK.

Saat ini, total ada 86 unit kendaraan PMK yang siap menuju TKK dalam hitungan 7 menit. Termasuk kendaraan PMK Bronto yang bisa menjangkau gedung menjulang. Tim pemadam juga terhubung dengan command Center 112.

Digelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Ada 45 Top Inovasi Pelayanan Pubik Terpuji. Program Roti 7 Lapis masuk top ini.

Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji memberi apresiasi khusus kepada kinerja PMK Suraabaya itu. Sebagai kota besar dengan padat penduduk diperlukan kecepatan penanganan kebakaran agar tidak meluas.

“7 menit sampai lokasi, keren,” ucap Wawali yang akrab disapa Cak Ji.

Koordinasi lintas sektor antara Command Center 112, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan menjadi kunci capaian Respon cepat terhadap sebuah kejadian.

“Yang hebat lagi, tidak hanya kebakaran. DPKP juga bergerak cepat merespons laporan warga hewan liar lepas. Bahkan kunci motor jatuh ke selokan juga dibantu. Kita layani masyarakat dengan makin baik,” kata Cak Ji.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *