VIDA Dukung Kredivo untuk Tingkatkan Skala Proses Pengajuan Kredit

Merdeka.com – Penggunaan ”Buy Now, Pay Later” (BNPL) sebagai alternatif pembayaran digital di Indonesia terus memperlihatkan pertumbuhan yang positif. Temuan dari riset Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia yang diluncurkan Kredivo dan Katadata Insight Center pada Juni 2022 menunjukan persentase konsumen yang menggunakan Paylater lebih dari satu kali sebulan meningkat 4% pada 2022 menjadi 27%.

Melihat frekuensi penggunaan Paylater yang makin meningkat, Kredivo sebagai platform kredit digital terkemuka untuk konsumen retail di Indonesia, bekerja sama dengan VIDA, penyedia identitas digital berstandar global, untuk meningkatkan skala proses pengajuan Paylater bagi lebih banyak pengguna Kredivo.

Umang Rustagi, CEO Kredivo Indonesia menyatakan, “Pertumbuhan Paylater di Indonesia terus memperlihatkan sinyal yang positif walaupun pandemi telah berlalu. Pertumbuhan tersebut kami rasakan dimana Kredivo telah melayani lebih dari 5 juta pengguna hingga hari ini dan terus bertumbuh setiap harinya. Untuk mengimbangi pertumbuhan Paylater yang tinggi dengan perilaku konsumen yang selalu mencari pengalaman berbelanja yang nyaman, kami bekerja sama dengan VIDA, perusahaan teknologi lokal dengan standar internasional demi menjaga komitmen kami dalam hadirkan layanan keuangan inklusif melalui proses pengajuan yang sangat cepat kepada jutaan pengguna Kredivo saat ini dan untuk lebih dari 10 juta pengguna di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.”

Proses pengajuan kredit Kredivo akan diperkuat dengan Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi atau Tanda Tangan Digital (TTD) berdasarkan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik berinduk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kehadiran sertifikat elektronik berdasarkan UU ITE ini mendorong identitas digital seseorang dapat menjadi sebuah bukti otentik sebagai alat otentikasi atau persetujuan yang legal dalam pengajuan kredit pengguna Kredivo. Tak hanya itu, penggunaan sertifikat elektronik VIDA dapat meningkatkan kerahasiaan, integritas data, hingga aspek non repudiation (nirsangkal) dari data pengguna Kredivo.

Sati Rasuanto, Co-Founder dan CEO VIDA menyatakan, “Mendukung ekosistem digital yang inklusif yang memudahkan setiap orang dapat bertransaksi online secara legal, mudah, cepat dan aman adalah komitmen VIDA. Mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan Kredivo sebagai pionir Paylater di Indonesia yang hadirkan layanan keuangan yang inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia tentunya sesuatu yang kami sangat banggakan. Sebagai partner, VIDA siap untuk mendukung kebutuhan Kredivo dengan standar teknologi global agar dapat sama-sama bertumbuh dan mendorong perkembangan inklusi keuangan kedepannya.”

[faz]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *