Upaya Pemerintah dalam Mengatasi Tantangan Logistik bagi UMKM di Indonesia

Upaya Pemerintah dalam Mengatasi Tantangan Logistik bagi UMKM di Indonesia

tribunwarta.com – Sektor logistik telah menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di Indonesia dalam menjalankan bisnisnya.

Menjelaskan upaya Pemerintah dalam mengatasi hal ini, Rizal Edwin Manansang selaku Asisten Deputi Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian RI dalam acara seminar yang diselenggarakan oleh AJI Indonesia bersama Tokopedia dengan mengusung topik Kupas Tuntas Tantangan dan Peluang Logistik Bagi UMKM di Indonesia menyampaikan ada beberapa program yang telah digagas Pemerintah yang antara lain adalah program Nasional Logistic Ecosystem (NLE) dan SMESCO Fulfillment Centre.

“Dalam rangka untuk mengurangi biaya logistik yang tinggi, Pemerintah juga sudah melakukan mengembangkan yang disebut sebagai Nasional Logistic Ecosystem (NLE) yang bertujuan untuk begaimana nanti melalui platform digital ditujukan mengurangi biaya, kemudian menghapuskan duplikasi dan repetisi, serta meningkatkan kapasitas transparansi serta simplifikasi layanan logistik,” tutur Edwin dalam seminar yang diselenggarakan pada Kamis (8/12/2022).

Edwin lanjut menjelaskan bahwa NLE juga memiliki tujuan untuk menghubungkan sistem layanan antarkementerian lembaga terkait dan mengurangi mata rantai logistik sehingga dengan demikian akan lebih sederhanadan lebih murah biayanya yang kemudian juga mendorong sharing kapasitas logistik antar pelaku logistik serta mendukung juga pengembangan ekonomi digital di tanah air.

“Selain itu Pemerintah juga mendorong startup-startup logistik. Diketahui bahwa pada masa pandemi Covid-19 ini justru jumlah pelaku usaha startup logistik ini yang bisa langsung menjangkau ke konsumen ini pertumbuhannya cukup positif. Terlihat dari meningkatnya transaksi yang mereka lakukan. Ini akibat meningkatknya transaksi e-commerce. Jadi dengan meningkatnya transaksi e-commerce meningkat pula usaha dari startup logistik ini untuk bisa makin berkembang,” tambah Edwin.

Harapan Pemerintah dalam mendorong startup logistik ini adalah agar dapat berperan mengisi ceruk-ceruk kosong yang masih dibutuhkan oleh para produsen atau UMKM dalam rangka mengirimkan barangnya ke konsumen atau pembeli yang berada jauh dari tempat produsen atau UMKM. Terkait dengan hal ini NLE merupakan Platform Ekosistem Logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut di pelabuhan hingga barang tiba di gudang (hinterland).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!