UNESA Tuan Rumah JWG Bidang Pendidikan Tinggi Indonesia-Prancis Tahun 2024

UNESA Tuan Rumah JWG Bidang Pendidikan Tinggi Indonesia-Prancis Tahun 2024

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Sejumlah delegasi perguruan tinggi negeri dan swasta serta lembaga Prancis dan Indonesia bertemu dalam The 12th Joint Working Group (JWG) Prancis-Indonesia bidang Pendidikan Tinggi, Riset, Inovasi dan Entrepreneurship yang diselenggarakan di Valenciennes, Prancis pada 28-29 Juni 2022.

UNESA yang juga terlibat dalam forum dunia tersebut ditunjuk sebagai host atau tuan rumah untuk JWG 2024 mendatang.

Program JWG sendiri merupakan kelompok kerja sama sektor pedidikan antara pemerintah Indonesia lewat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Pemerintah Prancis lewat Kementerian Pendidikan Nasional dan Pemuda.

Program ini mempertemukan lembaga pendidikan tinggi dua negara untuk mengkonsolidasi seluruh aspek kerja sama yang tengah berjalan dan mengembangkan kerja sama di berbagai bidang lain.

Tahun ini, fokus pembahasan kerja sama yaitu pendidikan tinggi, riset, inovasi dan entrepreneurship.

Tim dari UNESA yang berangkat yaitu Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Dr Sujarwanto M Pd dan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Asrori M Pd
Sujarwanto mengatakan, pertemuan perguruan tinggi lintas negara tersebut membahas banyak hal termasuk pertukaran tema-tema utama kerja sama antara Indonesia dan Prancis.

Tema yang disoroti di antaranya, lokakarya tematik yang mencakup bidang maritim, kesehatan, pertanian, pangan, energi, teknik komputer, hingga sosial dan pariwisata.

Selain itu, terdapat presentasi berbagai organisasi penelitian perguruan tinggi dua negara. Kemudian speed-datings untuk membangun jaringan dan proyek untuk universitas dan pelaku penelitian termasuk perusahaan dua negara.

“Juga ada sesi informasi yang di dalamnya mencakup sisi pendanaan, jaringan dan inovasi,” ujar Pak Jar sapaan akrabnya kepada SURYA.co.id, Senin (4/7/2022).

Asrori menambahkan, pertemuan tersebut sekaligus menentukan rencana JWG ke depannya.

Pada kesempatan itu, UNESA ditunjuk sebagai host Joint Working Group (JWG) Perguruan Tinggi Prancis dan Indonesia tahun 2024 mendatang.

“Iya, UNESA jadi tuan rumah. Bagi kami ini suatu kehormatan dan tentu UNESA harus menyiapkan diri, ide-konsep kerja sama, inovasi dan sebagainya untuk kesuksesan program dan penguatan kerja sama Indonesia-Prancis,” ungkapnya.

Informasi, dalam konferensi ke-12 JWG 2022, delegasi dari Indonesia dihadiri puluhan perguruan tinggi negeri dan swasta termasuk lembaga-lembaga terkait.

Program ini diharapkan dapat memperkuat kemitraan Indonesia dan Prancis khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, riset, inovasi dan publikasi dua negara.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *