UMKM KW Catering Dihubungkan dengan Ajaran Tamansiswa Tri-N

UMKM KW Catering Dihubungkan dengan Ajaran Tamansiswa Tri-N

tribunwarta.com – UMKM atau usaha mikro, kecil dan menengah mempunyai peran yang sangat penting dalam memajukan dan mendorong perekonomian suatu negara. Bagi Indonesia UMKM mempunyai peran yang penting untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Salah satu UMKM yang mempunyai peranan penting dalam perekonomian Indonesia yaitu UMKM Kuliner. Menurut artikel presidenri.go.id terdapat 56 juta pelaku UMKM dan 70% diantaranya UMKM Kuliner. UMKM kuliner dapat mengatasi pengangguran, sebagai contoh jika pemilik UMKM catering dapat menyerap 10 tenaga kerja, bisa dibayangkan jika terdapat 10 pemilik UMKM catering maka mampu menyerap 100 tenaga kerja.UMKM kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati. UMKM kuliner terus berkembang pesat seiring permintaan konsumen yang terus bertambah dan kebutuhan konsumen yang beraneka ragam.

Berbicara mengenai UMKM catering, salah satu contohnya adalah KW Catering yang merupakan usaha di bidang kuliner yang sudah berdiri sejak tahun. Usaha tersebut pertama kali didirikan oleh Ibu Wantinem yang kemudian diteruskan oleh anak-anaknya. KW Catering memproduksi makanan untuk catering harian dan catering event seperti nikah, akikah dll dengan beragam menu yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan konsumen. Menu-menu yang dimasak dengan ciri khas rumahan yang sangat cocok di lidah konsumen. Selain catering harian, KW Catering juga melayani pemesanan nasi box, nasi kuning, tumpeng dll.

KW Catering memikiki visi untuk memajukan usahanya yaitu menjadi salah satu catering rumahan yang populer di kalangan masyarakat. Dan misi usaha yaitu memiliki ciri khas tersendiri agar mudah dikenal dan mudah dijangkau bagi setiap orang, menawarkan berbagai menu yang variatif sehingga setiap konsumen bisa menikmati dengan baik, dan mendapatkan feedback yang positif dari customer mengenai kepuasan order di KW Catering.

Ajaran Tamansiswa dapat diterapakan dalam menjalankan usaha UMKM Kuliner ini. Seperti ajaran Tamansiswa Tri N – Niteni, Niroke, Nambahi. Niteni adalah bagaimana cara untuk mengenal dan mengingat suatu hal untuk mendatangkan banyak konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Maka KW Catering dapat mengenali konsumen berdasarkan kriteria konsumen dan tujuan pemesanan. Tidak hanya karakter yang berbeda, masing-masing konsumen juga memiliki permintaan produk yang berbeda, konsumen baru akan menyampaikan signifikansi produk yang diminta dan konsumen lama akan merasa puas dan senang apabila KW Catering selalu mengingat permintaan khusus dari konsumen.

Niroke adalah cara menirukan suatu hal. Meniru beberapa kelebihan dari usaha pesaing dengan tetap mempertahankan keunggulan dan ciri khas produk perlu dilakukan oleh KW Catering. Dengan demikian, usaha akan terus berjalan menghadapi banyaknya pesaing dengan produktivitas usaha yang unggul.

Nambahi adalah cara mengembangkan suatu hal. Perkembangan usaha yang terus meningkat berarti menunjukkan bahwa KW Catering merupakan usaha yang mengutamakan inovasi. Sehingga Visi Misi KW Catering dapat terwujud.

Dosen Pengampu:

Enggar Kartika Cahyaning, SE., M.Acc

Disusun Oleh :

    Cynthia Kumala Devi (2020017131)

    Fita Pramudya Wardani (2020017158)

    Stela Fitriana Lede (2022099108)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!