UE menyusun skenario jika terjadi pemutusan gas oleh Rusia

UE menyusun skenario jika terjadi pemutusan gas oleh Rusia

“Penutupan sebagian pengiriman gas sudah mempengaruhi pertumbuhan Eropa, dan penutupan penuh bisa jauh lebih parah,” IMFBlog memperingatkan. IMF menambahkan bahwa produk domestik bruto di negara-negara anggota seperti Hungaria, Slovakia dan Republik Ceko bisa menyusut hingga 6%.

Italia, negara yang sudah menghadapi masalah ekonomi yang serius, juga akan menghadapi dampak yang signifikan.

Prakiraan ekonomi UE pekan lalu menunjukkan bahwa perang Rusia di Ukraina diperkirakan mendatangkan malapetaka dengan pemulihan ekonomi di masa mendatang, dengan pertumbuhan tahunan yang lebih rendah dan rekor inflasi yang tinggi. Gangguan dalam perdagangan energi Rusia mengancam untuk memicu resesi di blok itu, saat negara-negara itu pulih dari kemerosotan yang disebabkan oleh pandemi.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina, Uni Eropa telah menyetujui larangan batu bara Rusia dan sebagian besar minyak yang akan berlaku akhir tahun ini, tetapi itu tidak termasuk gas alam karena blok 27 negara bergantung pada gas untuk pembangkit listrik, pembangkit listrik dan pemanas rumah. Sekarang, von der Leyen yakin Putin akan tetap memotong gas untuk mencoba mendatangkan malapetaka ekonomi dan politik di Eropa musim dingin ini.

“Putin mencoba mendorong kita melewati musim dingin ini dan ini dia akan gagal secara dramatis jika kita tetap bersatu,” kata von der Leyen.

Ada kekhawatiran bahwa krisis energi akan bertambah buruk jika Moskow tidak memulai membuka kembali jalur pipa utama Nord Stream ke Jerman setelah pemeliharaan terjadwal berakhir Kamis. Dan Putin membuat semua orang menebak-nebak pada Rabu.

Tujuan dari rencana von der Leyen adalah untuk memastikan industri dan layanan penting seperti rumah sakit dapat berfungsi, sementara yang lain harus mengurangi. Itu bisa termasuk menurunkan panas di gedung-gedung publik dan membujuk keluarga untuk menggunakan lebih sedikit energi di rumah.

Negara-negara UE telah melakukan pembelian besar-besaran untuk mendiversifikasi sumber gas alamnya jauh dari Rusia, tetapi mereka masih diperkirakan masih jauh dari menyediakan energi yang cukup untuk bisnis dan rumah di musim dingin.

Rusia telah memotong atau mengurangi gas ke selusin negara Uni Eropa, dan ada kekhawatiran bahwa krisis energi akan memburuk jika Moskow tidak memulai kembali pipa utama ke Jerman, setelah pemeliharaan terjadwal berakhir Kamis.

Sumber : Associated Press


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *