Tutup Gorden, Reksa Dana Schroder Resmi Bubar

Tutup Gorden, Reksa Dana Schroder Resmi Bubar

tribunwarta.com – PT Schroder Investment Management Indonesia akan melakukan pembubaran dan likuidasi reksa dana Schroder Providence Fund.

Simak berita selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

Rubrik Finansialku

Schroder Providence Fund Berakhir Dibubarkan

PT Schroder Investment Management Indonesia mengabarkan kalau pihaknya berencana untuk membubarkan dan melakukan likuidasi salah satu produk reksa dana-nya, Schroder Providence Fund yang sudah berjalan selama 11 tahun.

Produk ini kabarnya berakhir bubar karena seluruh pemegang unit penyertaan menjual kembali seluruh unit penyertaan Scroder Providence Fund.

Michael T. Tjoajadi selaku Direktur Utama dari Schroders Indonesia mengatakan kalau memasuki tahun 2020, sebagian dari investor mengubah strategi investasi dan memutuskan untuk menjual kembali unit penyertaan mereka.

Ebook GRATIS, Panduan Praktis INVESTASI REKSA DANA PERTAMA Kamu!

Sementara pemegang unit penyertaan lain juga melakukan pengalihan unit penyertaan ke produk reksa dana Schroder yang lain.

Diketahui, NAB reksadana Schroder Providence Fund sendiri mencapai Rp192 miliar per Desember 2019.

[Baca Juga: 6 Tahap Penting Cara Investasi Reksa Dana Bagi Pemula]

“Pada prinsipnya manajer investasi membutuhkan skala ekonomi tertentu untuk dapat mengelola portofolio investasi secara optimal.” Kata Tjoajadi sebagaimana dilansir laman kontan.co.id, Kamis (13/02).

Dengan pertimbangan tersebut, Schroder kemudian memutuskan untuk melakukan likuidasi Schroder Providence Fund dikarenakan dana yang tersisa kurang memenuhi skala ekonomi.

Dalam proses likuidasi, sebelumnya Schroder terus mengomunikasikan informasi ini kepada para investor yang masih tersisa sekaligus memberi pilihan untuk mengalihkan atau menjual kembali unit penyertaan para investor.

Setelah dipastikan tidak ada lagi unit penyertaan yang tersisa di Schroder Providence Fund, maka Schroder dan Bank Kustodian menuju pada kesepakatan untuk melakukan pembubaran dan likuidasi produk reksa dana mereka, sesuai dengan aturan yang berlaku di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Produk reksadana campuran Schroder Providence Fund sendiri pertama kali meluncur pada 2009.

Melansir laman bisnis.com, produk reksadana ini memberikan imbal hasil yang cukup menarik karena cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Sebelum akhirnya bubar, Schroder Providence Fund bahkan memiliki riwayat pernah mengambil posisi saham PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) sebesar 6,07 persen atau setara dengan Rp18,34 miliar.

Bukan Cuma itu, Schroder Providence Fund juga pernah mengambil posisi saham PT Bank mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) 6,01 persen atau Rp18,18 miliar.

Maukah Anda bantu kami perangi berita hoax dengan menyebarkan berita dari Finansialku pada rekan-rekan Anda melalui platform yang tersedia di atas? Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Danielisa Putriadita. 13 Februari 2020. Schroder bubarkan reksadana Schroder Providence Fund, begini kronologisnya. Investasi.kontan.co.id – http://bit.ly/2SpRa0O

    Admin. 13 Februari 2020. NAB Schroder Providence Fund yang Ditutup Capai Rp192 Miliar. Market.bisnis.com – http://bit.ly/2OUUY8h

    Danielisa Putriadita. 14 Februari 2020. Seluruh investor jual seluruh unit penyertaan, reksadana ini dilikuidasi. Investasi.kontan.id – http://bit.ly/2vyPXva

    Danielisa Putriadita. 14 Februari 2020. Schroder Investment Management Likuidasi Reksadana Campuran Providence Fund. Tribunnews.com – http://bit.ly/2HjiFD0

    Danielisa Putriadita. 12 Februari 2020. Schroder Investment membubarkan reksadana campuran Schroder Porvidence Fund. Investasi.kontan.co.id – http://bit.ly/2USpAeC

Sumber Gambar:

    Pic 01 – http://bit.ly/2OW8g4k

    Pic 02 – http://bit.ly/2OXgr0l

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!