Tunangan Khashoggi mengkritik kunjungan Biden ke Arab Saudi

Tunangan Khashoggi mengkritik kunjungan Biden ke Arab Saudi

Kerajaan mencoba dan menemukan beberapa orang bersalah atas operasi yang membunuh Khashoggi, tetapi tidak ada pejabat senior atau siapa pun yang bertanggung jawab untuk mengawasinya yang pernah dihukum.

Biden menjabat sebagai kritikus tajam terhadap putra mahkota, beralih dari hubungan hangat yang dibangun di bawah Presiden Donald Trump. Biden mengatakan selama kampanyenya bahwa dia yakin Khashoggi dibunuh atas perintah Pangeran Mohammed, menggambarkan kerajaan itu sebagai “paria” dan menyatakan “ada sangat sedikit nilai penebusan sosial dalam pemerintahan saat ini di Arab Saudi.”

“Sebenarnya ini adalah penolakan yang sangat besar,” kata Cengiz tentang keputusan Biden sekarang untuk mengatur ulang hubungan diplomatik dengan Arab Saudi sekarang. “Ini memilukan dan mengecewakan. Dan Biden akan kehilangan otoritas moralnya dengan menempatkan minyak dan kemanfaatan di atas prinsip dan nilai.”

Harga minyak terus naik selama berbulan-bulan, tetapi meningkat lebih banyak lagi setelah perang Rusia di Ukraina. Harga energi, inflasi, dan ekonomi ada di benak para pemilih saat orang Amerika bersiap menuju tempat pemungutan suara November ini.

Anggota Partai Demokrat Biden telah mendesak presiden untuk menjadikan hak asasi manusia sebagai bagian penting dari diskusinya dengan putra mahkota selama pertemuannya pada Jumat, sambil mengakui bahwa Arab Saudi adalah sekutu penting AS dan produsen minyak.

Biden pada Kamis menolak untuk berkomitmen untuk menyebutkan pembunuhan Khashoggi ketika dia bertemu dengan sang pangeran.

“Saya selalu mengangkat hak asasi manusia,” kata Biden saat konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Israel Yair Lapid. “Tetapi posisi saya tentang Khashoggi sangat jelas. Jika ada yang tidak memahaminya, di Arab Saudi atau di tempat lain, maka mereka sudah lama tidak ada.”

Biden mengatakan tujuan perjalanannya ke Arab Saudi adalah “lebih luas” dan dirancang untuk “menegaskan kembali” pengaruh AS di Timur Tengah. Dia dijadwalkan menghadiri pertemuan puncak Dewan Kerjasama Teluk, yang mencakup beberapa negara Arab.

Kendati begitu, Cengiz menyatakan kekecewaan mendalam dengan sikap Biden.

“Itu adalah harapan yang sangat besar bagi saya untuk percaya, sekali lagi, bahwa Biden akan melakukan sesuatu untuk saya dan untuk Jamal,” katanya. “Alih-alih menjadi berbeda sekarang, dia melakukan hal yang sama dan merangkul para diktator di wilayah ini sekarang. Jadi itu sangat mengecewakan bagi saya.”

“Dia harus bertanya apa yang terjadi dengan tubuhnya? Di mana tubuhnya? Kami masih belum memiliki jawaban apa pun,” tambahnya. “Dan orang-orang perlu mendapatkan kebenaran dalam kasus ini. Dan kita tidak bisa melupakannya.”

“Kita tidak bisa melupakan apa yang terjadi pada Jamal,” kata dia lagi.

Sumber : Associated Press


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *