TKMPN XXVI, Inovasi Berkelanjutan Petrokimia Gresik Borong 30 Penghargaan

TKMPN XXVI, Inovasi Berkelanjutan Petrokimia Gresik Borong 30 Penghargaan

tribunwarta.com – JAKARTA – Inovasi berkelanjutan yang dilaksanakan Petrokimia Gresik dan anak perusahaan kembali mendapatkan apresiasi di level nasional dengan memborong 30 penghargaan dalam ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXVI tahun 2022 di Lombok beberapa waktu lalu. Sebanyak 11 penghargaan adalah kategori Diamond yang merupakan penghargaan level tertinggi dalam konvensi inovasi tersebut.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan, perolehan prestasi ini menjadi bukti jika Petrokimia Gresik bersama anak perusahaan tidak pernah berhenti menciptakan berbagai terobosan dalam menghadirkan sistem bisnis yang lebih efektif dan efisien, sebagai upaya Petrokimia Gresik menjadi leader di pasar komersial dalam negeri serta mendorong Pupuk Indonesia selaku holding untuk go global.

“DNA inovasi selalu ada dalam tubuh Insan Petrokimia Gresik. Alhamdulillah beberapa tahun terakhir inovasi yang dihadirkan secara kualitas semakin baik. Ini dapat dilihat dari perolehan penghargaan di TKMPN tiap tahunnya yang juga terus bertambah,” ujar Dwi Satriyo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/12/2022).

Selama tiga tahun terakhir, perolehan penghargaan di TKMPN terus meningkat, dimana pada tahun 2020 lalu atau di tengah pandemi Covid-19, Petrokimia Gresik sudah bisa meraih 22 penghargaan, dan berikutnya bertambah lagi di tahun 2021 menjadi 25 penghargaan. Begitu juga dengan perolehan Diamond, dimana tahun 2021 lalu berhasil mendapatkan lima Diamond, tahun ini total berhasil meraih 11 Diamond yang dibawa pulang.

Dari perolehan Diamond tahun ini, delapan diantaranya diraih gugus inovasi Petrokimia Gresik dan tiga oleh gugus inovasi anak perusahaan. Adapun gugus inovasi Petrokimia Gresik yang meraih Diamond yaitu GIO Lingfos, GIO Faba, GIO ErPort, GIO HCDev, GIO DTMS, GIO New Crossbar, SS Helem, GIO Jet High Tech.

Sementara gugus inovasi anak perusahaan peraih Diamond adalah SS Commorbid (Petrokopindo Cipta Selaras/PCS), SS Girobo (Koperasi Konsumen Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik/K3PG) dan SS PG Checking (K3PG).

Penghargaan berikutnya adalah enam Platinum yang diraih oleh SS Si Makmur (Petrokimia Gresik), SS Exacc (Petrokimia Kayaku), SS StarPlus (Petrokimia Kayaku), SS Max (Petrokimia Kayaku), GIO Medipack (Petro Graha Medika) dan GIO Sidang (Graha Sarana Gresik/GSG).

Dua penghargaan selanjutnya adalah Gold yang diraih oleh SS SiK3ling (Aneka Jasa Grhadika/AJG) dan SS Pekabis Daan (Petrokimia Kayaku). Terakhir adalah penghargaan lain, yaitu enam Best Performance yang diperoleh atas penampilan Gio ErPort, GIO DTMS, GIO Jet HighTech, GIO Faba, SS Girobo dan SS PG Checking; tiga Best Presenter yang diraih GIO Lingfos, SS Starplus, dan GIO Medipack; serta dua Most Favorite untuk Gio ErPort dan SS Exacc.

“Petrokimia Gresik dalam TKMPN tahun ini mengirimkan 19 gugus inovasi, yaitu sembilan gugus Petrokimia Gresik dan sepuluh dari anak perusahaan. Semuanya berhasil membawa pulang prestasi tanpa kecuali,” ujar Dwi Satriyo.

Dia menambahkan, inovasi-inovasi Petrokimia Gresik di tahun 2021 telah mampu menciptakan nilai tambah atau value creation sebesar Rp 65 miliar. Capaian ini merupakan sumbangsih dari 82% karyawan yang terus adaptif dengan berpikir improvement.

“Inovasi Insan Petrokimia Gresik selain memberikan nilai tambah bagi perusahaan, juga memberikan dampak positif bagi kemajuan pertanian Indonesia melalui produk dan layanan berkualitas, serta kompetitif,” kata Dwi Satriyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!