Tips MotionTrade: 3 Alasan Pentingnya Diversifikasi Saham

Tips MotionTrade: 3 Alasan Pentingnya Diversifikasi Saham

tribunwarta.com – JAKARTA, MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Istilah “Don’t put your eggs in one basket” merupakan istilah yang seringkali dikaitkan dengan diversifikasi dalam berinvestasi. Diversifikasi investasi merupakan cara untuk mengurangi risiko investasi dengan tidak fokus ke satu instrumen saja.

Ketika investor ingin menyusun portofolio saham, alangkah lebih baik jika memilih lebih dari satu sektor industri. Contohnya, jika investor sudah memiliki saham dari sektor keuangan, maka sisihkan dana untuk membeli saham dari sektor yang berbeda seperti sektor nonsiklikal.

Untuk mengetahui manfaat dari diversifikasi saham, MotionTrade telah merangkum 3 tujuan melakukan diversifikasi saham, antara lain:

1. Meminimalisir Risiko

Tujuan utama melakukan diversifikasi saham adalah meminimalisir risiko saat berinvestasi saham. Bayangkan apabila Anda hanya memiliki satu sektor saham saja. Ketika sektor tersebut sedang terkena dampak yang mengakibatkan harga saham anjlok, maka akan berimbas pada nilai investasi saham yang Anda miliki. Melalui diversifikasi saham, maka sektor lain dapat mengimbangi kerugian tersebut.

2. Imbal Hasil yang Beragam

Investasi saham identik dengan pergerakan harga yang fluktuatif. Adanya diversifikasi saham membuat Anda memiliki beragam imbal hasil karena memiliki portofolio di berbagai sektor. Anda pun dapat memilih sektor yang berpotensi bullish sehingga memperoleh return tinggi.

3. Menambah Wawasan Mengenai Perkembangan Saham

Anda mungkin memiliki preferensi sendiri terhadap pemilihan suatu sektor saham. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di sektor tertentu, pahami dan baca informasi terbaru mengenai sektor yang ingin dipilih, dengan demikian secara tidak langsung wawasan Anda menjadi semakin luas.

Dengan fitur ’Open Account’, Anda dapat membuka rekening saham dan rekening reksadana melalui smartphone kapan pun dan dimana pun! Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience.

Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade. MNC Sekuritas, Invest with The Best!

Editor : Jujuk Ernawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!