Tips Memilih Vendor Penyedia Software Akuntansi Distributor Terbaik

Tips Memilih Vendor Penyedia Software Akuntansi Distributor Terbaik

tribunwarta.com – Saat ini tersedia banyak program komputer yang dibuat para developer handal untuk memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya adalah software akuntansi distributor keuangan. Software untuk akuntansi memang sudah tak asing lagi dalam kegiatan bisnis di perusahaan mulai dari skala menengah hingga besar di masa sekarang.

Terbayang Bagaimana pusingnya seorang akuntan perusahaan yang harus menghitung uang keluar masuk suatu perusahaan dengan kalkulator manual. Pasti sangat melelahkan dan rawan terjadi kesalahan. Menggunakan software ini akan memudahkan segala aspek yang berhubungan dengan perhitungan ataupun pembukuan perusahaan agar dapat teratasi dengan cepat, tepat, dan akurat.

Pada software akuntansi distributor memiliki sistem yang tertanam di seluruh tiap divisi perusahaan sehingga memiliki kontrol yang luas. Untuk Anda pebisnis lama ataupun pemula yang berminat menggunakan software akuntansi distributor Untuk diterapkan di perusahaan, berikut akan diulas lebih lanjut mengenai pengertiannya, fitur yang terkandung didalamnya, manfaat yang ditawarkan hingga tips memilih vendor software yang baik untuk membantu mengatasi masalah di Perusahaan Anda.

Pengertian software akuntansi distributor

Software akuntansi distributor merupakan seperangkat sistem atau alat atau teknologi yang dirancang untuk mendukung kegiatan akuntansi suatu perusahaan dengan berbasis modularitas yang saling terhubung seperti modul pembelian, penjualan, buku besar, penggajian, dan masih banyak lagi. Software Ini biasanya dikembangkan sendiri oleh perusahaan tertentu atau hasil dari bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan berbagai layanannya.

Tujuan software akuntansi distributor adalah untuk memudahkan menyusun laporan akuntansi keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, cash flow, dan juga laporan akhir. Anda Perlu melakukan input awal data yang harus diproses pada software Tersebut.

Lalu Anda harus menyusun sebuah ledger dengan kode dan nama yang jelas dan benar sehingga ledger tersebut memiliki pos-pos yang jelas pada tiap posisi laporan keuangan, neraca, laba rugi, manufaktur, dan fabrikasi.

Software akuntansi distributor bekerja real-time dari berbagai divisi yang saling berhubungan sebelumnya. Anda juga tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan laporan laba rugi jika menggunakan software ini.

Berbagai transaksi Lain juga dapat dilakukan seperti penjualan, pembelian, produksi, stok opname, dan pengeluaran biaya perusahaan yang akan secara otomatis masuk dalam jurnal dan diperbarui setiap saat. Hal inilah yang membantu segala proses pembukuan dan perhitungan akuntansi perusahaan menjadi lebih otomatis dan mudah.

Untuk orang yang melakukan pencatatan keuangan atau dikenal dengan sebutan akuntan, Akuntansi dijadikan tolak ukur hasil dari kegiatan ekonomi suatu bisnis atau perusahaan kepada berbagai pihak seperti investor, kreditor, manajemen dan juga owner. Akuntansi sudah ada sejak dahulu, tetapi pada zaman dulu belum ada software keuangan seperti sekarang ini.

Ragam Manfaat Menggunakan Software Akuntansi Distributor

Banyaknya bisnis skala kecil menengah saat ini menjadikannya semakin banyak pemilik usaha yang mencari alternatif agar mengelola bisnisnya dengan lancar dan mengembangkannya menjadi lebih sukses. Terkadang pemilik usaha mengalami kendala dalam proses akuntansi perusahaan. Tidak banyak pemilik yang memahami proses akuntansi dalam sebuah bisnis.

Dengan adanya perangkat lunak akunting, pemilik bisnis tidak perlu khawatir lagi. Berikut ini ragam manfaat yang didapatkan perusahaan ketika menggunakan software akuntansi distributor, diantaranya:

Fitur Spesial yang Dimiliki Software Akuntansi Distributor

Sebelum memilih vendor software akuntansi distributor yang cocok sesuai visi misi perusahaan Anda, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih vendor. Salah satunya yaitu fitur software yang harus dimiliki untuk menunjang administrasi perusahaan. Berikut beberapa fitur spesial yang dihadirkan dari software tersebut, yaitu:

1. Fitur untuk Laporan Keuangan

Fitur laporan keuangan adalah penawaran yang paling utama. Anda harus memperhatikan kemampuan software tersebut dalam melakukan proses akuntansi double entry dan aktual. Fitur lain yang tak kalah penting adalah laporan neraca yang dipakai untuk menganalisis kondisi keuangan perusahaan, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, jurnal, dan buku besar.

2. Fitur Pengelolaan Manajemen Piutang

Fitur yang satu ini juga sangat penting dalam kegiatan bisnis. Dengan fitur ini, Anda dapat membuat laporan hutang piutang dari pelanggan ataupun supplier dan mengontrol waktu jatuh tempo yang harus dibayar.

3. Fitur Untuk Purchasing

Purchasing adalah kegiatan yang selalu ada dalam setiap lini bisnis. Fitur ini membantu melihat status dan transaksi seperti pembelian jatuh tempo, pelunasan, dan sebagainya. Software akuntansi distributor harus mampu memiliki fitur pembuatan faktur dan retur pembelian, dan pengiriman supplier produk.

4. Budgeting

Dengan adanya fitur budgeting, anda dapat mencatat segala sesuatu tentang budgeting yang telah dibuat seperti anggaran bersisa atau tak bersisa yang disesuaikan dengan periode aktivitas bisnis yang sedang anda lakukan. Fitur ini dapat digunakan sebagai penghitung anggaran laba rugi.

5. Financial Forecasting

Fitur ini termasuk salah satu fitur paling krusial dalam Kegiatan akuntansi. Dalam setiap perjalanan bisnis pastinya menginginkan adanya estimasi biaya pendapatan yang tepat. Fitur financial forecasting dapat membantu mengontrol keuangan perusahaan dengan bijak karena dapat menghilangkan biaya yang tidak perlu ada agar keuntungan menjadi lebih maksimal.

Tips Memilih Vendor Penyedia Software Akuntansi Distributor Terbaik

Setiap tahun, perkembangan teknologi informasi tak terbendung, seperti pada bidang komputer yang selalu mendapat inovasi, baik hardware maupun software. Salah satu inovasi yang cukup populer dan banyak digunakan saat ini adalah software akuntansi distributor. Software ini merupakan jawaban untuk memenuhi kebutuhan perusahaan untuk mengelola data keuangan Menjadi lebih efisien

Software akuntansi distributor yang sekarang sedang beredar di pasaran memiliki berbagai fitur pendukung sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Untuk itu, kami akan memberi tips memilih software yang tepat untuk bisnis Anda.

Agar kegiatan pembukuan pada perusahaan berjalan dengan baik, Anda harus memperhatikan dalam pemilihan vendor software akuntansi distributor yang akan digunakan. Berikut ini beberapa tipsnya, yaitu:

1. Mudah Diakses

Setiap vendor developer atau penyedia layanan software akuntansi distributor memiliki berbagai tampilannya sendiri dan berbeda satu sama lain. Sebagai calon pengguna software tersebut, Anda harus mampu memilih software yang memiliki kemudahan akses agar dapat digunakan dengan baik dan mudah oleh Pegawainya yang bahkan tidak memiliki basic akuntan.

2. Segi Keamanan Data

Keamanan data menjadi pertimbangan utama dalam memilih produk berbasis software. Pemilihan software untuk akuntansi yang akan digunakan bisa dilakukan dengan menanyakan secara detail pada developer mengenai keamanan data dari pembobolan online maupun offline.

3. Adanya Fitur Back Up Data

Tips dalam memilih vendor software terbaik yaitu adanya fitur untuk back up data. Pada umumnya seluruh laporan keuangan lebih sering diakses dengan Microsoft excel sehingga Anda sebaiknya memilih software yang menyediakan layanan fitur ekspor impor data melalui excel dan dengan format excel.

4. Terdapat Customer Support

Ketika menggunakan software akuntansi distributor, Anda masih memerlukan beberapa bantuan terkait cara menggunakan software tersebut. Saat akan memilih vendor pastikan memilih vendor yang cukup ramah dan nyaman dalam melayani Anda dan mampu memberikan customer support terhadap semua keluhan Anda.

5. Memastikan Adanya Biaya Tambahan

Sebelum memutuskan untuk memilih software dari salah satu vendor, sebaiknya menanyakan apakah akan ada biaya tambahan karena di beberapa pengalaman, Terdapat software yang mengharuskan penggunanya mengeluarkan biaya tambahan agar dapat menikmati layanan atau fitur lainnya secara lebih leluasa.

6. Sesuaikan Fitur dengan Kebutuhan Perusahaan

Agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak, pastikan mengetahui betul apa yang dibutuhkan perusahaan Anda. Saat ini banyak software akuntansi distributor memiliki beberapa fitur dan layanan yang berbeda, mulai dari mengelola data piutang, pajak, faktur, neraca saldo, laporan, dan sebagainya.

Sedangkan semakin banyak fitur yang tersedia, maka semakin mahal harga software Tersebut. Sehingga akan lebih baik jika memilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Perbedaan Akuntansi Konvensional dan Menggunakan Software

Perbedaan antara akuntansi konvensional dan akuntansi menggunakan perangkat lunak atau software antara lain:

1. Akuntansi Konvensional

Akuntansi konvensional membuat pekerjaan Anda dilakukan secara manual mulai dari pencatatan hingga pengikhtisaran yang murni dilakukan tangan dan pikiran manusia. Semua dicatat dengan proses pencatatan manual.

Manusia memegang peranan penting dalam menjalankan seluruh proses akuntansi secara konvensional. Kecermatan, ketelitian dan ketepatan waktu sangat dibutuhkan untuk menjalankan proses perhitungan dengan akuntansi konvensional.

Ketepatan dalam mencatat data keuangan dan penyajian laporan keuangan juga diperlukan secara detail. Perlu pemisahan antara pihak yang mempersiapkan catatan buku harian, buku besar dan jurnal sehingga perlu lebih banyak tenaga ahli dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

2. Menggunakan software akuntansi distributor

Pada proses akuntansi dengan berbasis software tetap melibatkan tangan manusia dalam kegiatan pencatatan transaksi atau dokumen bisnis yang dilakukan namun hanya untuk memasukkan data kedalam komputer. Dengan software akuntansi distributor, kecermatan dan ketepatan untuk pencatatan dan penyajian informasi dan laporan sudah terjamin oleh komputer karena software tersebut akan memproses setiap data yang dimasukkan.

Software yang dipakai dalam memproses segala kegiatan akuntansi cukup handal. Akuntansi berbasis software tidak memerlukan software yang canggih dan mesin yang pintar. Ms Excel sudah tersedia di setiap komputer sudah cukup untuk menjadi perangkat lunak atau software akunting sederhana. Dengan microsoft excel, pemilik usaha bisa melakukan banyak hal seperti mencatat transaksi hingga memproses laporan keuangan.

Itulah pembahasan mengenai software akuntansi distributor dan beragam manfaat, fitur dan cara memilih vendor terbaik. Tak hanya itu, sebelum memutuskan menggunakan software tersebut dan memilih pihak ketiga sebagai penyedia layanan, pertimbangkan berbagai aspek agar mendapatkan vendor yang sesuai.

Salah satunya ditawarkan Oleh Mekari Jurnal yang akan membantu mengontrol perusahaan dengan mudah. Mekari Jurnal hadir sebagai pengembang produk software terbaik yang memberikan solusi untuk membantu mengontrol kegiatan akuntansi perusahaan.

Jika anda memutuskan untuk membeli aplikasi untuk akuntansi bagi perusahaan atau usaha UMKM anda, pastikan aplikasi tersebut mampu memberikan keunggulan seperti yang disebutkan diatas. Lihat juga keunggulan lain dari software akuntansi distributor by Jurnal.id.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!