Tips Membeli Jam Tangan Mewah Untuk Investasi

tribunwarta.com – Investasi jam tangan mewah menjanjikan keuntungan hingga 50%? Simak ulasannya dalam rubrik berikut ini! Selamat membaca!

Investasi Jam Tangan Mewah Bisa Jadi Pilihan

Pernahkah Anda mendengar tentang investasi jam tangan mewah? Beberapa vlogger pernah membahas tentang investasi jam tangan mewah dalam akun Youtube mereka.

Sebut saja seperti artis vlogger Raditya Dika dan Atta Halilintar yang pernah mengangkat tema investasi jam tangan mewah dalam postingan mereka yang mengundang banyak viewers menonton ulasan mereka.

Co-founder and Chairman Jagartha Advisors, Ari Adil – seperti yang dilansir dari laman dream, mengatakan bahwa jam tangan bisa menjadi pilihan investasi yang tepat. Namun, perlu juga dicermati oleh setiap pemiliknya.

[Baca Juga: Apa Bisa Beli Toyota Hiace Dengan Hasil Investasi P2P Lending?]

Menurutnya, tidak semua jam tangan yang dibeli dengan harga yang mahal, dapat memberikan keuntungan tinggi di kemudian hari.

Saat ini, produksi jam tangan mewah semakin dibatasi secara global beberapa tahun ke belakang dikarenakan adanya perubahan minat konsumen ke smartwatch.

Selain itu, adanya situasi politik di negeri tirai bambu yang mengeluarkan kebijakan pemberantasan korupsi yang berdampak pada kelesuan produksi yang semakin signifikan.

Tapi di samping itu, ada juga pembatasan produksi model yang dengan sengaja dilakukan untuk membangun nilai eksklusif.

Tentunya, semakin terbatas produk di pasaran, maka akan semakin tinggi pula nilainya di mata para kolektor. Apalagi untuk jam tangan yang dianggap vintage, discontinued atau dari edisi khusus.

Menurut Ari, bagi mereka yang ingin mengoleksi sekaligus berinvestasi pada jam tangan mewah, perlu memandang luxury goods jam mewah sebagai currency atau mata uang yang bisa dilikuidasi kapan saja.

Seperti yang dilansir dari laman kompas, ada beberapa hal yang menjadi nilai investasi dari sebuah jam tangan yang tidak sekedar untuk memenuhi gaya hidup yang mewah, antara lain sebagai berikut:

#1 Brand Luxury Watches

Yaitu kategori jam tangan yang sudah diatas Rp100 juta yang pemiliknya pasti akan menjaga dengan baik saat mengenakannya, dipakai saat momen event tertentu saja, atau sekadar koleksi.

[Baca Juga: Wow! Ini Dia 17 Material Termahal Di Dunia Sepanjang Masa]

#2 Limited Production

Brand ternama biasanya hanya mengeluarkan jenis hanya beberapa pieces yang diedarkan di seluruh dunia. Paling hanya memproduksi 10 sampai dengan 500 buah saja.

Karena barang dan harganya yang sangat prestige maka jumlah yang beredar juga sangat limited, hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu.

#3 Desain Model Yang Bernilai Bersejarah Dan Seni

Produsen tidak semata-mata membuat jenis model yang mempunyai nilai. Sebagai contoh adalah Hublot Unico WBC yang mendedikasikan model untuk para Boxer legendaris di dunia.

Kemudian dipromosikan bersama Mike Tyson dan Evander Holyfield, atau Roger Dubuis Huracan yang didedikasikan untuk para pecinta Lamborghini.

#4 Bahan Material

Pada umumnya Luxury Watches menggunakan gold, titanium dan diamond, sebagai bahan utama sehingga tepat jika dihargai mahal, seperti sudah menjadi jewelry-nya kaum pria pada umumnya dan jewelry tambahan untuk para wanita.

Contoh Brand Jam Tangan Mewah Untuk Investasi

Meskipun banyak brand jam tangan mewah dengan harga mahal, namun tidak semua memiliki harga jual tinggi di kemudian hari alias tidak dapat diinvestasikan.

Berikut ini beberapa contoh brand yang layak untuk menjadi investasi jam tangan mewah yang dilansir dari CNBC Indonesia.

#1 Breitling Navitimer

[Baca Juga: Keuntungan Investasi Reksa Dana Bagi Para Professional]

Harga: US$5.385 atau Rp75,36 juta

Estimasi Pertumbuhan Harga Selama 10 Tahun: 30%.

Keuntungan setelah 10 Tahun: US$1.615 atau Rp22,60 juta.

#2 Rolex Submariner

[Baca Juga: Webinar: Beli Atau Ngontrak Properti? Bedah Perhitungan Investasinya]

Harga: US$7.500 atau Rp104,96 juta

Estimasi Pertumbuhan Harga Selama 10 Tahun: 50%

Keuntungan setelah 10 Tahun: US$2.550 atau Rp35,68 juta

#3 Omega Cosmic Triple Calendar

[Baca Juga: Apa sih Bedanya Investasi Saham dan Trading Saham]

Harga: US$5.500 atau Rp76,97 juta

Estimasi Pertumbuhan Harga Selama 10 Tahun: 50-55%

Keuntungan setelah 10 Tahun: Maksimal US$3.023 atau Rp42,30 juta

#4 Patek Philippe Calatrava

[Baca Juga: P2P Lending Investasi Jaman Now]

Harga: US$9.750 atau Rp136,44 juta

Estimasi Pertumbuhan Harga Selama 10 Tahun: 40-50%

Keuntungan setelah 10 Tahun: Maksimal US$4.875 atau Rp68,22 juta

Sebelum berinvestasi pada jam tangan mewah, sudahkah Anda memiliki perencanaan keuangan sesuai dengan usia Anda?

Miliki panduan merencanakan keuangan sesuai usia dari Finansialku yang dapat Anda unduh secara gratis berikut ini.

Pertimbangan Investasi Jam Tangan Mewah

Membangun investasi pada jam tangan mewah sah-sah saja, tetapi Co-founder and Chairman Jagartha Advisors, Ari Adil, mengingatkan agar masyarakat tidak menjadikan barang mewah sebagai satu-satunya portofolio untuk tujuan investasi.

Nilai barang akan jatuh jika ada kerusakan barang. Selain itu investor pun perlu mengerti saat-saat dimana kondisi mata uang rupiah yang tepat untuk membeli atau menjual barang mewah tersebut.

Apakah Anda sudah mempertimbangkan dan mempersiapkan uang untuk berinvestasi jam tangan mewah?Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini pada kerabat/keluarga Anda agar dapat mengetahui informasi ini.

Sumber Referensi:

    Arie Dwi Budiawati. 19 November 2018. Mengintip Peluang Investasi Jam Tangan Mewah. Dream.co.id – https://bit.ly/3atKypc

    Hanum Kusuma Dewi. 19 November 2018. Koleksi Jam Tangan Mewah untuk Investasi? Pahami Dulu Hal Ini. Bareksa.com – https://bit.ly/2Ra752K

    Alifan Azhar. 28 Mei 2019. Bagaimana Sih Caranya Investasi Jam Tangan? Kompasiana.com – https://bit.ly/38srzcK

    Tito Bosnia, CNBC Indonesia. 14 Juni 2018. Investasi Jam Tangan Mahal, Cuannya Bisa Lebih Dari 50%. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/30MiNUE

    IN Time. 12 Agustus 2018. Tak Hanya Untuk Koleksi, Jam Tangan Juga Bisa Diinvestasikan! Cek Caranya. Intime.co.id – https://bit.ly/2NKcBqR

Sumber Gambar:

    Gambar investasi jam tangan – https://bit.ly/2UvHu6o

    Gambar investasi – https://bit.ly/2tzTMjb

    Gambar material – https://bit.ly/3bhgxtj

    Gambar jam tangan 1 – https://bit.ly/2Sr0a4z

    Gambar jam tangan 2 – https://on.rolex.com/39ehXmo

    Gambar jam tangan 3 – https://bit.ly/2vOAHui

    Gambar jam tangan 4 – https://bit.ly/31tGjpM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *