Tips Membangun Bisnis Bareng Teman

Tips Membangun Bisnis Bareng Teman

tribunwarta.com – Mencari partner bisnis tidak semudah yang dibayangkan. Tak heran jika banyak pebisnis yang memilih untuk membangun bisnis bareng teman atau sahabat terdekat.

Hubungan dekat yang sudah terjalin dianggap sebagai modal utama untuk menjalankan sebuah bisnis. Itulah mengapa membangun bisnis bareng teman akan membuat kamu tidak segan untuk mengingatkan mereka ketika kinerja atau semangat mereka menurun.

Akan tetapi, membangun bisnis dengan teman juga bisa berbahaya dan sangat bisa merusak hubungan pertemanan, lho. Misalnya, perbedaan pendapat atau visi misi yang sangat berisiko memicu perselisihan.

Sebenarnya, dilema juga sih. Berbisnis dengan orang yang baru dikenal, takut ga cocok. Sedangkan berbisnis dengan teman, bisa menghancurkan pertemanan. Jadi, yang bener harus gimana?

Eitss.. enggak usah overthinking dulu karena kamu menemukan artikel yang tepat. Simak ulasan berikut untuk mengetahui tips membangun bisnis bareng teman.

    Tips Membangun Bisnis Bareng Teman

    Membangun Bisnis Skincare Untuk Jangka Panjang

1. Memisahkan Masalah Pribadi dan Bisnis

Teman adalah teman. Bisnis adalah bisnis.

Untuk itu, tips membangun bisnis bareng teman yang sangat penting adalah memisahkan antara urusan bisnis dengan urusan pribadi.

Hindari membahas bisnis ketika sedang nongkrong bareng teman kamu kecuali jika sangat mendesak. Selain itu, jangan pernah sungkan untuk menegur temanmu apabila saat mode berbisnis, ia tidak bekerja tidak sebagaimana mestinya dan meninggalkan tanggung jawabnya.

2. Buat Rencana Pembagian Keuntungan di Awal

Hal yang tak kalah penting dalam membangun bisnis bareng teman adalah pembagian keuntungan yang harus dibicarakan sejak awal. Jangan salah, tak sedikit bisnis bareng teman seringkali hancur di tengah jalan akibat masalah ini, lho.

Lalu, bagaimana cara membagi untuk secara adil?

Nah, caranya masing-masing harus mengetahui terlebih dahulu apa itu dividen dan gaji. Akan lebih baik jika kedua belah pihak memperoleh dividen sesuai besar setoran, begitu pula gaji yang harus disesuaikan dengan porsi kerja.

3. Satukan Visi Misi

Visi dan misi akan membuat bisnis memiliki arah yang pasti. Oleh karena itu, sebelum membangun bisnis bareng teman pastikan kamu telah memiliki kesamaan visi dan misi.

Bayangkan, jika teman kamu lebih fokus pada profit dan kemampuan dalam menjual produk yang sangat besar. Sedangkan kamu lebih menginginkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan mengembangkan network dalam berbisnis.

Perbedaan visi dan misi seperti di atas tentu akan berdampak pada bisnis arah bisnis yang tidak jelas.

    Cara Menentukan Visi dan Misi Perusahaan

    Bingung Menentukan Visi Bisnis Anda? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini

4. Tentukan Pembagian Tugas

Tak sedikit pebisnis yang membangun bisnis bareng temannya yang gagal karena asl eksekusi saja. Maksudnya, mereka terlalu buru-buru untuk merealisasikan ide tanpa membagi tugas terlebih dahulu.

Meskipun terdengar sepele karena pada akhirnya mereka akan saling membantu, kenyataannya pembagian tugas merupakan salah satu hal penting sebelum membangun bisnis bareng teman, lho.

Jadi, pastikan kamu sudah membagi tugas sebelum mulai berbisnis bareng teman, ya.

5. Pembagian Modal

Selain pembagian tugas, pembagian modal juga tak kalah penting dalam membangun bisnis bareng teman. Sebab, modal berbentuk dana adalah bahan bakar dalam memulai usaha.

Untuk itu, berbisnis dengan teman seringkali dipilih oleh seseorang yang ingin memulai bisnis dengan dana terbatas. Maksudnya, kamu dan temanmu bisa saling mengeluarkan modal dengan besaran yang sama sehingga kepemilikan usaha dan pembagian laba pun dibagi 50-50.

Meski begitu, tak jarang pula pembagian modal yang dilakukan tidak sama rata dan sesuai kesepakatan bersama.

6. Buat Surat Perjanjian Kerjasama

Seluruh tips di atas tak akan ada artinya jika tidak dituangkan dalam surat perjanjian kerjasama.

Tak hanya sebagai pengikat, surat ini juga bisa menjadi pengingat kedua belah pihak ketika muncul persoalan terkait pembagian tugas dan keuntungan. Cukup dengan membaca kembali surat perjanjian kamu bisa mendapatkan solusi yang paling objektif dan sesuai kesepakatan awal. Itulah mengapa surat perjanjian kerjasama harus ditulis sedetail mungkin dan ada baiknya dibuat dengan berkonsultasi dengan ahli hukum untuk memastikan tidak ada pihak yang dirugikan.

    7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Perjanjian Kerjasama

Nah, itu dia beberapa tips membangun bisnis bareng teman. Semoga bermanfaat!

Jika modal usaha menjadi kendala kamu dalam memulai bisnis, kamu tak perlu khawatir karena KoinBisnis dari KoinWorks siap membantu kamu.

Dengan bunga cicilan rendah antara 0,75% – 1,65% per bulan, kamu bisa mendapatkan pembiayaan bisnis hingga 2 miliar, lho. Tenang, tidak ada biaya tersembunyi, kok.

Yuk, Gabung KoinBisnis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!