Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan dengan Efektif

Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan dengan Efektif

tribunwarta.com – Jiwa kepemimpinan memang harus dilatih sejak dini. Ikuti beberapa saran dan tips dalam rubrik berikut ini untuk melatih jiwa kepemimpinan dalam diri Anda.

Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Jiwa Kepemimpinan

Tidak banyak orang yang terlahir secara alami dengan jiwa kepemimpinan, itulah sebabnya banyak orang-orang yang berjuang dan melatih diri mereka untuk menjadi pemimpin yang handal.

Bahkan mereka yang terlahir secara alami dengan jiwa kepemimpinan pun, mereka perlu melatih dan mengasah kepemimpinan yang terpendam dalam diri mereka agar terbangun dan menjadi kuat.

Melatih Jiwa Kepemimpinan

Mari bangun, latih dan kembangkan jiwa kepemimpinan kita dengan beberapa latihan melalui pembahasan berikut ini!

#1 Punya Inisiatif

Inisiatif adalah sebuah modal yang dimiliki para pemimpin handal. Mereka melatih jiwa kepemimpinan mereka dengan inisiatif untuk meraih sesuatu yang terkadang mustahil di mata logika.

Namun inisiatif yang timbul dalam diri mereka membuat pikiran mereka semakin fokus dengan tujuan dan menimbulkan daya kreatif sehingga kemustahilan berubah menjadi sebuah kemungkinan, bahkan mereka dapat mewujudkan keinginan mereka tersebut.

[Baca Juga: Pentingnya Suksesi Kepemimpinan Sebagai Pemimpin Berpengaruh]

#2 Berani Ambil Risiko

Berkaitan dengan poin pertama, seorang yang melatih jiwa kepemimpinan dengan menumbuhkan inisiatif, mereka akan berusaha untuk mengumpulkan tekad dan keberanian untuk melangkah dalam kemustahilan.

Meski dalam kemustahilan seringkali mengandung risiko yang besar, para pemimpin hebat berusaha meneguhkan hati untuk menemukan jalan keluar atau setidaknya menambah pengalaman mereka atas kegagalan yang mungkin akan mereka terima.

#3 Tumbuhkan Harapan

Tidak ada yang salah dengan berharap. Berharap seringkali disalah artikan dengan “do nothing” alias tidak bergerak, tidak bekerja dan tidak berusaha.

Dalam sebuah harapan perlu berjalan beriringan dengan suatu usaha aktif untuk mewujudkan apa yang menjadi harapannya. Contoh sederhana, jika kita berharap untuk bisa liburan ke Bali. Tentu kita perlu melakukan sebuah tindakan untuk mewujudkannya bukan?

Tentu kita harus menabung, melakukan rencana keuangan, membuat rencana destinasi yang akan dikunjungi, termasuk mau booking hotel dan tiket pesawat yang sesuai dengan budget yang kita miliki.

Bicara soal harapan untuk liburan, kemanapun kita akan liburan, yuk rencanakan dengan Aplikasi Finansialku yang akan membantu harapanmu bisa terwujud.

Gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk harga berlangganan yang lebih ekonomis ya. Oiya, kalau mau berkonsultasi dengan Konsultan Perencana Keuangan Bersertifikat, segera upgrade ke MODE PREMIUM ya!

#4 Berpikir Positif

Pemimpin yang handal selalu dituntut untuk senantiasa berpikir objektif dan tentu saja positif.

Dalam berpikir positif, pikiran akan lebih tenang dan dapat memutuskan berbagai kebijakan tanpa tergesa-gesa dan meminimalkan dampak buruk dari hasil keputusan.

Ada banyak manfaat dari berpikir positif, terutama bagi kesehatan.

Menurut Hello Sehat, berpikir positif dapat mengurangi depresi, menekan tingkat stres, meningkatkan sistem imun dan menambah kemungkinan panjang umur juga lho.

Para pemimpin tentu banyak pikiran bukan? Ada banyak pikiran yang seringkali membuat stres. Oleh sebab itu, belajar untuk berpikir positif akan menolong menekan tingkat stres dan tentu saja melatih jiwa kepemimpinan kita.

[Baca Juga: Belajar Kepemimpinan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan]

#5 Gemar Membaca

Meskipun pengetahuan itu bersifat dinamis. Pemimpin sejati itu haus dengan pengetahuan. Mereka perlu segudang pengetahuan untuk menjadi pemimpin yang hebat.

Itulah sebabnya membaca adalah salah satu hobi yang menjadi salah satu latihan untuk melatih jiwa kepemimpinan mereka.

Sudah punya buku tentang perencanaan keuangan dan cara berinvestasi? Unduh E-Book Gratis dari Finansialku berikut ini ya untuk menambah perbendaharaan buku-buku koleksi Anda dan menambah khazanah berpikir sebagai seorang pemimpin sejati!

    E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan untuk Usia 20-an

    E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan untuk Usia 30-an

    E-Book Gratis Panduan Berinvestasi Emas Bagi Pemula

    E-Book Gratis Panduan Berinvestasi Reksa Dana Bagi Pemula

    E-Book Gratis Panduan Berinvestasi Saham Bagi Pemula

    E-Book Persiapan Dana Pendidikan Anak

    E-Book Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

#6 Ikuti Seminar & Pelatihan

Pemimpin sejati senantiasa mengeksplorasi kemampuannya dengan mengikuti pelatihan dan seminar-seminar yang akan menambah pengetahuan dan keterampilan mereka.

Ikuti berbagai seminar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan Anda seperti seminar Finansialku yang akan menambah literasi keuangan dan petunjuk praktis untuk memiliki kesejahteraan dalam hal finansial.

#7 Bertanggung Jawab

Menjadi pemimpin perlu memiliki sikap tanggung jawab. Terkadang ada kesalahan yang dilakukan oleh bawahan dan para pemimpin harus turut bertanggung jawab di dalamnya.

Para pemimpin sejati adalah mereka yang tidak lari dari tanggung jawab mereka atau melemparkan tanggung jawab kepada bawahan.

Karyawan akan lebih menghargai dan menghormati para pemimpin yang rendah hati mengambil tanggung jawab bersama bahkan rela untuk menanggung kesalahan tim ketika mereka mengalami kegagalan.

[Baca Juga: Teladan Sri Mulyani Indrawati Dalam Kepemimpinannya]

#8 Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri merupakan sebuah kualitas yang harus dilatih sepanjang waktu. Keyakinan akan diri ini tentu akan tumbuh seiring bertambahnya pengetahuan dan pengalaman serta keterampilan yang dimiliki. Itulah sebabnya percaya diri ini sangat berkaitan dengan poin-poin sebelumnya.

Pemimpin yang percaya diri akan mendapat kepercayaan dari orang lain, dalam hal ini orang-orang yang mengikuti mereka (tim atau karyawan).

Misalnya, seorang pemandu jalan di hutan tentu akan mendapat kepercayaan dari para pengikutnya karena ia dipercaya memiliki pengetahuan lebih tentang medan dan jalan yang sedang ditempuh. Tentu saja ia tahu kemana ia akan membawa rombongan itu ke tujuan yang seharusnya.

#9 Miliki Tujuan yang Jelas

Melanjutkan ilustrasi pada poin ke-8 tentang seorang pemandu jalan, pemimpin harus tahu tujuan dengan jelas. Ia tahu kemana harus membawa tim-nya untuk melangkah.

Tujuan tersebut bisa berupa tujuan keuangan, target pelanggan, dan target lainnya yang mampu menginspirasi. Agar bisa sukses, pemimpin harus memiliki tujuan jangka panjang dan jangka pendek seperti yang dilansir dari situs Koinworks.

Saat anggota tim mengetahui tujuan Anda secara spesifik, maka mereka akan bersedia membantu Anda mencapai sasaran yang diinginkan.

#10 Sering Bertanya & Berbicara di Depan Umum

Pemimpin perlu fasih dalam berkomunikasi, entah secara verbal, personal atau bahkan di depan umum sekalipun.

Latih jiwa kepemimpinan Anda dengan sering bertanya dan berbicara di depan umum. Ini akan membuat kita terbiasa untuk menyampaikan pendapat dan juga mendapatkan ide serta gagasan dari lawan bicara.

Itulah beberapa cara melatih jiwa kepemimpinan, bagaimana pendapat Anda mengenai hal tersebut?

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Sumber Referensi:

    Jessica. 28 Juni 2018. Cara Melatih Jiwa Kepemimpinan Sejak Berstatus Sebagai Mahasiswa. educenter.id – https://bit.ly/2sKE6bX

    Raffi Aldhi. 8 Juli 2019. 5 Cara Melatih Jiwa Kepemimpinan, Wajib Ditiru!. Idntimes.com – https://bit.ly/2M6K1Pp

    Ayu Riskiyana. 2 Mei 2016. 5 Cara Melatih Kepemimpinan Ala 5 Levels of Leadership. Micpublishing.co.id – https://bit.ly/2sCDTHX

    Sintia Astarina. 5 Cara Melatih Diri Menjadi Pemimpin Hebat. Koinworks.com – https://bit.ly/2PBs2mI

    Fitri Febri. 15 Tips Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan. Dosenpsikologi.com – https://bit.ly/2Z4tlxt

    Andreas Wilson Setiawan. 15 November 2019. 6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Didapat Dengan Berpikir Positif. Hellosehat.com – https://bit.ly/2EzPp9U

Sumber Gambar:

    Melatih Jiwa Kepemimpinan – http://bit.ly/3790Wt2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!