Tiongkok Sukses Luncurkan Modul Keduanya ke Stasiun Luar Angkasa

Tiongkok Sukses Luncurkan Modul Keduanya ke Stasiun Luar Angkasa

Beijing: Tiongkok meluncurkan modul kedua ke stasiun ruang angkasa permanennya. Ini adalah salah satu misi terakhir yang diperlukan Tiongkok untuk menyelesaikan kegiatan mengorbitkan modul hingga akhir tahun.
 
Siaran langsung dari televisi pemerintah, CCTV, menunjukkan modul laboratorium Wentian seberat 23 ton diluncurkan bersama roket terkuat milik Tiongkok, Long March 5B, pada pukul 06.22 waktu setempat. Peluncuran dilakukan di Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di pulau selatan Hainan.
 
Jajaran staf badan antariksa Tiongkok, yang terlihat di siaran langsung, mengamati peluncuran dari ruang kendali. Mereka bersorak dan bertepuk tangan ketika Wentian terpisah dari roket sekitar 10 menit setelah peluncuran.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Peluncuran tersebut sukses total,” lapor CCTV tak lama setelahnya.
 
Tiongkok mulai membangun stasiun luar angkasa pada April 2021 dengan diluncurkannya modul Tianhe. Modul lab Wentian, sepanjang 17,9 meter, akan menjadi tempat para astronot untuk melakukan eksperimen ilmiah bersama dengan modul lab ketiga yang belum diluncurkan – Mengtian (“Mimpi Surga”).
 
Baca juga: 10 Orang Tewas Akibat Longsor di Area Pertambangan Tiongkok
 
Wentian memiliki kabin airlock yang menjadi pintu keluar masuk utama untuk kegiatan ekstravehicular ketika stasiun selesai. Ini juga akan berfungsi sebagai tempat tinggal jangka pendek untuk astronot selama rotasi kru di stasiun, yang dirancang untuk akomodasi jangka panjang bagi tiga astronot.
 
Mengtian diharapkan dapat diluncurkan pada Oktober mendatang. Seperti Wentian, nantinya Mengtian akan berlabuh dengan Tianhe dan membentuk struktur berbentuk T.
 
Penyelesaian struktur stasiun luar angkasa permanen Tiongkok, sekitar seperlima dari total massa Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), merupakan kebanggaan masyarakat Negeri Tirai Bambu. Selesainya struktur tersebut nantinya akan terjadi di saat kepemimpinan Presiden Xi Jinping memasuki tahun ke-10.
 
Stasiun luar angkasa Tiongkok dihuni komandan misi Shenzhou-14 Chen Dong dan rekan satu timnya, Liu Yang dan Cai Xuzhe. Mereka dijadwalkan kembali ke Bumi pada Desember mendatang.
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *