Tingkatkan Mutu Layanan, PLN Rampungkan 27 Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Banten dan Jabar

Tingkatkan Mutu Layanan, PLN Rampungkan 27 Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Banten dan Jabar

tribunwarta.com – JAKARTA, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) merampungkan 27 proyek strategis nasional (PSN) di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (Jabar).

Proyek tersebut berupa infrastruktur ketenagalistrikan, antara lain 14 gardu induk dengan total kapasitas 840 Mega Volt Ampere (MVA), 12 jaringan transmisi sepanjang 102,65 kilometer sirkuit (kms), dan 1 pembangkit sebesar 315 MegaWatt (MW).

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung, mengatakan ke-27 proyek tersebut akan menguatkan sistem ketenagalistrikan di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Adanya proyek ini akan meningkatkan mutu layanan dan jaringan listrik hingga meminimalisir terjadinya gangguan.

“Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini merupakan komitmen PLN untuk menyediakan listrik yang andal serta mendukung pemulihan sektor ekonomi dan bisnis yang mulai menggeliat kembali pascapandemi Covid-19,” kata Octavianus, di Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Salah satu contohnya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lontar yang berada di Desa Lontar, Kabupaten Tangerang, Banten. Pembangkit ini dibangun dengan menggunakan teknologi Boiler Supercritical, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pembangkitan.

“PLTU Lontar Extension ini sendiri akan menambah kapasitas daya sebesar 315 MW untuk menyuplai kebutuhan kelistrikan di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan sekitarnya,” ungkap Octavianus.

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan pembangunan PLN UIP JBB menemui sejumlah tantangan seperti lokasi yang sebagian berada di tengah perkotaan padat penduduk. Namun, PLN UIP JBB berhasil dan bekerja dengan ekstra hati-hati demi tidak mengganggu mobilitas masyarakat.

Di sisi lain, terdapat juga proyek yang dikerjakan di wilayah cukup terpencil, sehingga akses material untuk ke lokasi pun menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan sumber daya manusia (SDM) hingga penggunaan teknologi, membuat proyek tersebut berhasil selesai tepat waktu.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *