Tinggal Di Apartemen? Gini Lho 10 Cara Merawat Apartemen

Tinggal Di Apartemen? Gini Lho 10 Cara Merawat Apartemen

tribunwarta.com – Anda tinggal di apartemen? Jangan bingung bagaimana cara merawat apartemen Anda! Karena ternyata ada tips dan trik khusus yang bisa dilakukan untuk membuat apartemen tetap nyaman sebagai hunian.

Mau tahu apa saja tips dan triknya? Mari simak artikel berikut ini sampai selesai ya!

Rubrik Finansialku

Apartemen Sebagai Tempat Tinggal Modern

Bicara soal tempat tinggal, tentu rumah yang akan pertama kali disebut. Namun di zaman yang semakin modern ini, tempat tinggal tidak harus rumah dalam artian yang umum.

Ada banyak pilihan tempat tinggal di era sekarang, dan salah satunya adalah apartemen.

10 Cara Merawat Apartemen Agar Tetap Nyaman

Sekarang banyak sekali apartemen yang menawarkan banyak fasilitas dan kenyamanan.

Banyak apartemen yang sudah menyediakan perabotan di dalamnya sehingga bagi yang ingin menempatinya sudah tidak perlu lagi membeli berbagai kebutuhan seperti kasur, lemari, kursi, meja dan lain-lain.

[Baca Juga: Bingung Dimana Tinggal? Cek Dulu Tips Mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen]

Maka dari itu sekarang ini banyak sekali peminat apartemen terutama di kota-kota besar.

Apartemen bisa menjadi hunian yang nyaman jika terawat dan tertata artinya dalam hal ini merupakan tanggung jawab dari masing-masing penghuninya.

Jika masih kebingungan untuk merawat apartemen berikut adalah 10 cara merawat apartemen yang baik, benar dan mudah untuk dilakukan.

#1 Persiapkan Tempat Sampah

Cara merawat apartemen yang pertama dimulai dari mempersiapkan tempat sampah di dalam ruangan apartemen baik di kamar, ruang santai, dapur hingga kamar mandi.

Hal ini sangatlah penting karena dengan adanya banyak tempat sampah, maka risiko sampah berserakan di apartemen akan berkurang.

Dengan kondisi apartemen yang bebas dari sampah maka akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan juga memberikan lingkungan yang lebih sehat.

[Baca Juga: Mau Cari Tempat Tinggal? Baca Dulu Cara Membeli Apartemen Bersubsidi]

#2 Menempatkan Berbagai Peralatan Dengan Baik

Merawat apartemen bisa dilakukan dengan hal yang sangat sederhana yaitu dengan menempatkan atau menata berbagai peralatan sesuai dengan tempatnya.

Artinya peralatan-peralatan yang ada di dalam apartemen nantinya akan mempengaruhi pandangan di dalam ruangan apartemen.

Jika peralatan tertata dengan baik maka segala sudut ruang apartemen akan terlihat lebih rapi.

Hal ini akan berbeda jika peralatan-peralatan yang ada di dalam apartemen tidak ditempatkan dengan semestinya sehingga akan mengganggu penampilan dan menandakan bahwa ruangan tersebut tidak dirawat.

#3 Menyiapkan Pengharum Ruangan

Setiap ruangan yang harum akan lebih menarik dan membuat penghuninya nyaman. Dengan menggunakan pengharum ruangan juga Anda akan merawat apartemen Anda.

Siapkan pengharum ruangan di berbagai sudut ruang apartemen seperti di ruang tamu, ruang santai, kamar tidur dan kamar mandi.

Usahakan setiap sudut ruangan apartemen selalu harum dan segar. Tentunya merawat apartemen dengan cara yang satu ini merupakan salah satu hal yang mudah sekali untuk dilakukan.

Maka dari itu jangan lupa untuk menaruh pengharum ruangan di berbagai sudut ruang di apartemen.

[Baca Juga: Antara Investasi Kondotel vs Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan?]

#4 Penataan Tempat Yang Rapi

Mungkin banyak yang mengira bahwa penataan tempat atau ruangan hanya untuk mempercantik penampilan dan suasana saja.

Namun sebenarnya penataan ruangan yang tepat bisa menjadi salah satu cara yang jarang diperhatikan untuk merawat apartemen.

Penataan berbagai ruangan selain akan membuat ruangan terlihat lebih rapi, juga dapat membuat apartemen terasa lebih hidup dan nyaman.

Bayangkan jika berbagai tempat atau ruangan di apartemen tidak tertata maka pasti Anda sendiri tidak akan merasa nyaman untuk tinggal disana.

#5 Rawat Tembok Dengan Baik

Merawat tembok apartemen sama saja dengan merawat apartemen itu sendiri. Jangan sampai tembok apartemen menjadi kotor atau bahkan rusak akibat tidak diperhatikan kondisinya. Sering kali banyak tembok apartemen yang retak.

[Baca Juga: Para Investor Properti, Ketahuilah 6 Sumber Dana Ini! Gunakan Seoptimal Mungkin]

Hal ini sangat fatal karena tembok-tembok di semua ruangan merupakan nyawa dari apartemen itu sendiri.

Oleh karena itu, perhatikan kondisi tembok di setiap ruangan apartemen. Anda juga bisa menjaga tembok apartemen Anda dengan cara tidak mencoret-coret dan tidak terlalu banyak menancapkan sesuatu di tembok.

#6 Selalu Bersihkan Lantai

Ini salah satu hal penting yang harus selalu diperhatikan oleh para penghuni apartemen yaitu selalu membersihkan lantai di setiap ruangan apartemen.

Lantai yang kotor akan sangat berpengaruh pada suasana di dalam apartemen itu sendiri.

[Baca Juga: 10 Prinsip dari Dale Carnegie untuk Negosiasi Harga Properti dengan Tingkat Keberhasilan Tinggi]

Jika Anda ingin apartemen tetap terawat maka sudah sewajibnya untuk selalu membersihkan lantai dengan cara disapu dan dipel sehingga ruangan akan terlihat lebih bersih, nyaman dan terawat.

#7 Bersihkan Segala Perabotan

Cara merawat apartemen yang selanjutnya adalah dengan selalu membersihkan segala perabotan yang ada mulai dari perabotan di kamar tidur, ruang tamu hingga dapur.

Membersihkan dan merawat setiap perabotan yang ada dalam apartemen merupakan langkah yang sangat baik untuk merawat apartemen agar lebih nyaman untuk dihuni.

[Baca Juga: 11 Langkah Sukses Negosiasi dan Memenangkan Transaksi Bagi Para Investor Properti]

Bersihkan setiap debu yang ada di meja, kursi dan sofa. Jika Anda merasa kesusahan maka Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membantu membersihkan debu-debu.

#8 Bersihkan Ruang Utama

Maksud dari ruang utama disini adalah ruangan di apartemen yang sering di pakai seperti ruang tamu, ruang santai dan dapur. Cara membersihkan ruang utama yaitu dengan disapu, dipel, dan ditata setiap harinya agar terlihat segar dan nyaman.

Hal ini selain membuat penghuni menjadi nyaman tetapi juga akan membuat tamu yang datang berkunjung merasa nyaman dan senang.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

#9 Bersihkan Ruang Pribadi dan Kamar Mandi

Jika ruang utama sudah dirawat dengan baik maka ruang pribadi juga harus dirawat dengan rutin.

Meskipun kamar sifatnya pribadi, namun tetap harus dibersihkan dan dirawat setiap saat agar bersih dan nyaman digunakan untuk beristirahat.

[Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Pebisnis Properti Sebelum Berinvestasi]

#10 Mendekorasi Apartemen

Cara terakhir untuk merawat apartemen adalah dengan mendekorasi ruangan di apartemen Anda dengan sebaik mungkin.

Apakah dekorasi hanya berarti sebagai hiasan ruangan saja? Tentu tidak, karena dengan mendekorasi, maka apartemen Anda bisa terlihat lebih indah dan nyaman.

Gunakan dekorasi yang secukupnya pada ruangan-ruangan di apartemen Anda.

Jangan terlalu berlebihan juga dalam mendekorasi ruangan apartemen Anda, karena jika dekorasi yang dipasang terlalu berlebihan, maka hanya akan membuat ruangan tersebut terasa sempit dan berantakan.

[Baca Juga: Mau KPR Subsidi Bunga atau KPR Bebas Bunga? Cek Produk KPRBundling Tabungan]

Merawat Apartemen Bisa Dilakukan dengan Mudah Kok!

Nah, dengan merawat apartemen Anda dengan baik, maka apartemen Anda bisa menjadi tempat yang nyaman, bersih dan indah untuk ditinggali.

Banyak penghuni apartemen yang masih menganggap apartemen bukan sebagai tempat tinggal utama dan hanya sebagai tempat singgah untuk beristirahat.

Namun, dimanapun Anda tinggal, rawatlah sebaik mungkin tempat tinggal Anda agar Anda dan orang lain yang berkunjung ke tempat tersebut dapat merasa nyaman dan senang.

Manakah dari 10 tips di atas yang akan Anda lakukan terlebih dulu? Tuliskan tanggapan dan pertanyaan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda ya, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Admin. 10 Juli 2017. Inilah 7 Cara Merawat Apartemen. Jurnal.pasarpolis.com – https://goo.gl/sKqMW4

Sumber Gambar:

    Apartemen 1 – https://goo.gl/dy21bR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *