Ternak Katak Lembu, Pria asal Purworejo Ini Kantongi Omzet Rp13,5 Juta Sekali Panen

Ternak Katak Lembu, Pria asal Purworejo Ini Kantongi Omzet Rp13,5 Juta Sekali Panen

tribunwarta.com – JAKARTA, Pria asal Purworejo, Jawa Tengah, Candu memilih menjadi peternak Katak Lembu. Omzet yang dia raih dalam satu kali panen dari budi daya kecebong hingga menjadi katak besar menembus Rp13,5 juta.

Sebelum menjadi pembudi daya Katak Lembu, Candu merupakan seorang karyawan swasta. Salah satu motivasinya untuk menggarap usaha katak ini karena orang tuanya.

Candu berharap punya penghasilan, namun sambil merawat orang tuanya yang semakin tua. Akhirnya, Candu memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dan mempelajari budi daya kecebong hingga menjadi katak yang siap jual.

“Paling enak usaha sendirian, biar sekecil apapun, ikut orang bnayak tekanan batin, sekarang dirumah kerja, bisa sekaligus ngurus orang tua juga,” ujar Pandu dikutip dari YouTube CapCapung, Jumat (6/1/2023).

Dia menjelaskan, untuk membesarkan kecebong hingga menjadi Katak Lembu yang siap panen bukan sesuatu yang instan. Pasalnya, perawatan kolam terutama kebersihan dan pakan menjadi hal yang sangat penting. Baik cebong ataupun sudah menjadi kodok bisa mati jika kondisi air di dalamnya kotor.

“Modal awal besar di kolam dan bibit, kolam saya menggunakan 2×2 tinggi 80 cm, paling utama kodok kebersihan air, kalau keruh airnya kodok itu bisa mati,” tuturnya.

Menurutnya, untuk budi daya kodok memerlukan modal awal yang sedikit lebih besar, karena harus menggunakan kolam dari coran semen untuk menjaga kelembaban kodok.

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!