Teman Bus Berbayar Mulai Akhir Oktober, Tarif Berbeda Tiap Daerah, Cek Yuk Detailnya!

Teman Bus Berbayar Mulai Akhir Oktober, Tarif Berbeda Tiap Daerah, Cek Yuk Detailnya!

tribunwarta.com – JAKARTA, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, tarif program buy the service (BTS) atau Teman Bus akan mulai diberlakukan pada akhir bulan ini atau 31 Oktober 2022 mendatang. Tiap daerah akan memiliki tarif berbeda karena disesuaikan dengan sejumlah faktor.

“Penentuan tarif ini telah diperhitungkan dengan seksama berdasarkan demand dan supply. Adanya perbedaan di setiap kota dikarenakan perhitungan tarif menyesuaikan biaya yang akan dikeluarkan dengan jumlah ritase, jarak tempuh serta kemampuan pendapatan masyarakat dan faktor volatil lainnya,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno, dikutip dari Antara, Rabu (19/10/2022).

Dia merinci, tarif per penumpang di Palembang sebesar Rp4.000, Solo Rp3.700, Denpasar Rp4.400, Yogyakarta Rp3.600. Sementara di Medan, tarifnya senilai Rp4.300, Bandung Rp4.900, Surabaya Rp6.200, Banjarmasin Rp4.300, Makassar Rp4.600, dan Banyumas Rp3.900.

“Tarif ini akan dikenakan kepada penumpang per satu kali naik Teman Bus, sehingga jika dalam perjalanan penumpang perlu berpindah koridor atau rute, maka penumpang akan terkena tarif lagi,” ujarnya.

Dia menuturkan, tarif ini akan terus dievaluasi setiap tahunnya. Ini dilakukan supaya Teman Bus tetap menjadi layanan yang tak hanya aman dan nyaman, tapi juga terjangkau.

Adapun pembayaran Teman Bus menggunakan sistem cashless payment, yakni menggunakan kartu nontunai. Kartu nontunai yang dapat digunakan, yakni E-money dari Bank Mandiri, Brizzi dari BRI, Tap Cash dari BNI, dan Flazz dari BCA, yang bisa didapat di bank-bank tersebut atau minimarket.

Mengenai cara pembayarannya, masih sama seperti saat gratis. Penumpang cukup menempelkan kartu di perangkat Tap on Bus (ToB) di dalam armada Teman Bus.

“Diharapkan pemberlakuan tarif ini dapat memberikan stimulus terhadap pelayanan angkutan umum massal di kota masing-masing untuk meningkatkan kualitasnya sehingga tercipta iklim persaingan yang sehat,” tutur Hendro.

Sementara terkait jalur komunikasi pelanggan bisa melalui media sosial @teman_bus di Facebook, Instagram, dan Twitter atau Call Center di nomor 0821 82000 300 (Yogyakarta, Solo, Bali, Palembang, Medan) atau 0813 2400 1500 (Makassar, Banyumas, Bandung, Banjarmasin, Surabaya). Untuk mengetahui info selengkapnya, Anda bisa mengaksesnya melalui website www.temanbus.com.

Editor : Jujuk Ernawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!