Tak Mau Ketinggalan, Ibu Kota Jawa Barat Pindah! Ini 3 Calon Daerahnya

Tak Mau Ketinggalan, Ibu Kota Jawa Barat Pindah! Ini 3 Calon Daerahnya

tribunwarta.com – Tak hanya Ibu Kota Jakarta yang akan pindah, ibu kota Jawa Barat pindah! Ada 3 calon daerah yang akan dipilih oleh pemerintah provinsi Jawa Barat.

Seperti apa calon Ibu Kota Jawa Barat ini? Yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Ibu Kota Jawa Barat Tidak di Bandung Lagi?

Tak mau kalah dengan perpindahan Ibu Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun berencana akan memindahkan Ibu Kota Provinsi dan meninggalkan Bandung.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo juga tidak mempermasalahkan jika Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memindahkan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

Bahkan Tjahjo, menyebutkan jika rencana pemindahan itu sebenarnya telah diusulkan sejak masa kepemimpinan Ahmad Heryawan.

Disamping munculnya isu pemindahan Ibu Kota Jawa Barat ini, pro dan kontra pun muncul ke permukaan. Ada yang menilai pemindahan itu tidak ada urgensinya, tapi ada juga yang mendukung rencana ini.

Dukungan lainnya datang dari Walikota Bogor, Bima Arya, yang menilai pemindahan ibu kota sangat pas dilakukan demi menciptakan pemerataan ekonomi di Jabar.

Bima Arya meminta lokasi Ibu Kota Jawa Barat yang baru nantinya bisa menjangkau dengan mudah ke setiap kota di kabupaten.

[Baca Juga: 10+ Tempat Wisata Jawa Barat Populer yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan]

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan kajian tersebut sudah masuk dalam Perda Perubahan atas Perda Jabar Nomor 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jabar Tahun 2009-2029.

Yang menjadi alasan mengapa Ibu Kota Jawa Barat akan dipindahkan karena jika melihat kedalam sejarah, Ibu Kota Jawa Barat ada di Kota Bandung, maka dari itu, Bandung menjadi salah satu kota maju, padat penduduk.

Baru-baru ini, Ridwan Kamil mewacanakan untuk memindahkan pusat pemerintahannya dari Bandung.

Ridwan Kamil menyebut jika Kota Bandung secara fisik sudah tidak cocok lagi menjadi Ibu Kota mulai dari kemacetan yang terjadi di jam-jam berangkat dan pulang kerja.

Ridwan Kamil mengatakan masih terpisah-pisahnya kantor pemerintahan Pemprov Jawa Barat di berbagai lokasi di Kota Bandung membuat roda pemerintahan tidak produktif.

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Ridwan Kamil yang Inspiratif, Kreatif dan Inovatif!]

Selain itu, pihaknya menargetkan kajian tentang pemindahan ibu kota Provinsi Jawa Barat ini bisa dilakukan dalam enam bulan ke depan.

Semua kemungkinan terkait perpindahan ibu kota Provinsi Jabar butuh kajian yang mendalam. Pihaknya akan menilai lokasi yang minim risiko, aksesibilitas, tingkat ekonomi, ketersediaan air dan lain-lain.

Tiga Kandidat Daerah Calon Ibu Kota Jawa Barat

Ada tiga kandidat Ibu Kota provinsi Jawa Barat yang baru, diantaranya Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka), Tegalluar (Kabupaten Bandung) dan Walini (Kabupaten Bandung Barat).

#1 Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka)

Rebana digadang-gadang akan menjadi salah satu daerah yang diunggulkan oleh Jawa Barat.

Proyeksi dalam beberapa tahun ke depan, kawasan ini akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dari segi fasilitas infrastrukturnya pun sudah didukung dengan keberadaan Bandara Kertajati, dan Pelabuhan Patimban.

Di Kertajati telah dibangun bandara seluas 121.000 meter persegi. Pembangunan ini menghabiskan dana sebesar Rp2,6 triliun yang berasal dari APBN dan kerja sama swasta.

Bandara Kertajati juga akan dikembangkan menjadi kawasan aerocity pertama di Indonesia. Konsep aerocity sendiri artinya mengintegrasikan kawasan bandara, komersial, industri dan permukiman penduduk.

Kertajati merupakan salah satu Kecamatan di Majalengka.

[Baca Juga: Penerbangan di Husein Dipindah ke Bandara Kertajati 1 Juli 2019]

Luas kota Cirebon ini adalah 3.735,82 hektare atau sekitar 27 km2 dengan dominasi penggunaan lahan untuk perumahan 32% dan tanah pertanian 38%.

Patimban juga menjadi kandidat Ibu Kota baru Jawa Barat. Patimban memiliki pariwisata bahari, yaitu Pantai Kelapa Patimban.

#2 Tegalluar (Kabupaten Bandung)

Tegalluar merupakan sebuah desa yang berada di Kabupaten Bandung, meski namanya masih jarang terdengar, tetapi daerah ini bisa menjadi daerah yang maju di masa yang akan datang.

Salah satu faktor pendukungnya karena Tegalluar akan dilalui oleh kereta cepat Bandung-Jakarta. Stasiunnya sendiri didesain khusus oleh Ridwan Kamil.

Lokasinya pun tak terlalu jauh dengan Kota Bandung, jadi pemindahan ibu kota ini akan menjadi lebih ringan.

#3 Walini (Kabupaten Bandung Barat)

Daerah di wilayah Walini ini didominasi oleh wilayah perkebunan teh. Namun perkebunan ini juga ikut dilalui oleh kereta cepat yang rencananya akan ada daerah terpadu juga, seperti stasiun hingga permukiman.

Selain dari segi ekonomi, tempat ini juga memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah menarik. Bahkan Disneyland sempat tertarik untuk membuka wahana bermain di daerah ini.

Keputusan Belum Resmi

Meski telah ada tiga kandidat wilayah untuk pemindahan Ibu Kota Jawa Barat, namun keputusan ini belum secara resmi ditetapkan, karena proses kajiannya masih akan berlangsung selama enam bulan ke depan.

Bagaimana tanggapan Anda terkait tiga daerah calon ibu kota Jawa Barat di atas?

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat dan teman-teman Anda. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Sumber Referensi:

    Okky Budi. 6 September 2019. Ada yang Masih Berwujud Kebun Teh! Ini 3 Daerah Calon Ibu Kota Baru Jawa Barat. Moneysmart.id – https://bit.ly/2lGHAsQ

    Huyogo Simbolon. 29 Agustus 2019. Ridwan Kamil Segera Kaji Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat, Ini 3 Calonnya. Liputan6.com – https://bit.ly/2m4HWcQ

    Desi Aditia Ningrum. 2 September 2019. Mengupas 3 Wilayah Kandidat Ibu Kota Baru Jawa Barat. Merdeka.com – https://bit.ly/2k3GYwH

Sumber Gambar:

    Alun-alun Bandung – https://bit.ly/2kzqeh3

    Bima Arya – https://bit.ly/2lzRb4t

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!