Sinyal Positif Menteri ESDM untuk Vale Indonesia

Sinyal Positif Menteri ESDM untuk Vale Indonesia

tribunwarta.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memberi sinyal positif soal perpanjangan izin kontrak PT Vale Indonesia Tbk ( INCO ).

Arifin menilai perpanjangan kontrak untuk Vale memang perlu diberikan.

“Kalau Vale gak ada masalah, diperpanjang. Kalau gak diperpanjang, mau diapain,” kata Arifin di Kementerian ESDM, Jumat (2/12/2022).

Meski demikian, Arifin menegaskan perpanjangan izin yang diberikan akan disertakan dengan kewajiban perusahaan untuk membangun smelter.

“Tidak ada masalah, harus bangun smelter,” tegas Arifin.

Sebelumnya, penolakan untuk perpanjangan izin Vale Indonesia menguat dalam Rapat Dengan Pendapat Umum Komisi VII DPR RI dengan Gubernur dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Ketiga gubernur ini kompak menyatakan aspirasi tidak memberikan opsi untuk perpanjangan kontrak pertambangan bagi Vale Indonesia yang akan berakhir pada Desember 2025.

Sejumlah penolakan ini muncul mulai dari kontribusi yang dinilai masih minim, besarnya lahan yang idle atau tidak tergarap, hingga belum diselesaikannya kewajiban terhadap lingkungan hidup.

Merujuk data dalam Minerba One Data Indonesia (MODI), Vale memegang izin Kontrak Karya untuk luasan lahan 118.017 hektar. Kontrak karya ini berlaku sejak 29 Desember 1995 dan akan habis pada 27 Desember 2025 mendatang. (Filemon Agung)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!