Siloam (SILO) Caplok Tanah Saudara Sendiri, Ini Alasannya

Siloam (SILO) Caplok Tanah Saudara Sendiri, Ini Alasannya

tribunwarta.com – Emiten pemilik rumah sakit (RS) Siloam Hospitals, PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO) membeli aset tanah senilai Rp 218,32 miliar. Lahan seluas 11.986 meter persegi (m2) itu, dibeli dari Gowa Makassar Tourism Development Corporation (GMTD), dan PT Sentra Sarana Karya (SSK).

Tanah seluas 8.037 m2 milik SSK dibeli dengan nilai Rp 144,66 miliar. Lalu, seluas 3.949 m2 milik GTMD dengan pembelian sejumlah Rp 73,66 miliar, dikutip dari keterbukaan informasi, Jumat (2/12/2022). Lahan tersebut, berlokasi di Boulevard Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar, yang lokasinya tepat bersebelahan dengan Siloam Hospitals Makassar (SHMK), rumah sakit milik perseroan.

Transaksi itu dilakukan dengan pertimbangan tanah milik GMTD, dan SSK sangat strategis sehingga mendukung rencana pengembangan area operasional SHMK.

“Selain itu, tidak ada tanah lain tersedia di sekitar SHMK sehingga transaksi dilakukan dengan pihak afiliasi, dan bukan dengan pihak ketiga lain,” tulis Lufy Setia R, Corporate Secretary Siloam International Hospitals.

Seiring perkembangan pelayanan kesehatan SHMK makin pesat, perseroan harus mengembangkan area operasional SHMK untuk mendukung kegiatan usaha dengan membeli beberapa bidang tanah milik GMTD, dan SSK. Hal itu juga sejalan dengan strategi bisnis perseroan untuk mendukung pertumbuhan akan pemenuhan pelayanan kesehatan berkelanjutan, perseroan menilai transaksi ini dapat menjadi investasi jangka panjang menguntungkan.

Transaksi itu, tidak butuh persetujuan pemegang saham. Itu karena nilai transaksi hanya 3,34 persen dari ekuitas perseroan per 30 Juni 2022 berdasar laporan keuangan konsolidasian telah ditelaah secara terbatas (limited review) oleh Kantor Akuntan Publik Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan.

Untuk diketahui, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) menjadi induk usaha tidak langsung dari GMTD. Dimana LPKR menguasai 4,92% saham GMTD secara langsung dan menguasai 52,36% saham GMTD secara tidak langsung (termasuk 32,50% saham GMTD yang dimiliki PT Makassar Permata Sulawesi). SILO sendiri juga merupakan bagian dari Grup Lippo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!