Sidak ke Pasar, Ganjar Pantau Harga Bahan Pokok

Merdeka.com – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melakukan sidak di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Hasilnya, dia menemukan sejumlah harga yang mengalami kenaikan, seperti telur dan bawang merah.

Dalam sidaknya, Ganjar mendapati harga telur yang dijual di pasaran di kisaran Rp27 ribu hingga Rp29 ribu dan harga bawang merah yang mencapai Rp60 ribu per kilogram.

“Agak tinggi sih. Biasa dulu 25 (ribu) sekarang sudah 27, kulakannya jualannya 29. Tadi yang depan pasar jualannya bisa 27.500,” katanya usai sidak, Senin (18/7).

Dia mengatakan, sidak yang dilakukan untuk menindaklanjuti inflasi Jawa Tengah yang masuk ke zona merah inflasi daerah. Hal ini dikarenakan kenaikan harga komoditas pangan (voletile food) seperti cabai dan bawang merah.

Maka dari itu, Ganjar bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah terus berupaya menekan angka inflasi dengan melakukan operasi pasar agar sektor perekonomian kembali stabil.

“Tapi rasa-rasanya beberapa bahan pokok memang mengalami peningkatan. Ini penting untuk kami nanti Tim Pengendali Inflasi untuk ngecek betul kenapa itu naik,” terang politikus PDIP itu.

Kendati demikian, dia menyampaikan masyarakat dan pedagang pasar masih bisa bernafas lega karena harga dan suplai minyak goreng sudah normal kembali.

“Minyak sudah bagus, jumlahnya bagus, harganya sudah turun. Tapi minimal kita seneng soal minyak goreng mulai bagus, mulai turun, dan suplainya sudah normal,” ujar Ganjar.

Kenaikan harga telur dan bawang ditegaskan salah satu pedagang Pasar Manis Purwokerto bernama Untung. Ia mengatakan, harga telur masih turun naik, sementara harga bawang masih tinggi dan belum ada penurunan.

“Kalo telur naik turun, ngga menetap. Sekarang telur dari sananya 27 ribu, jualnya 29 ribu. Bawang atau brambang juga naik dari kemarin sampe 60 ribu dari sananya,” ungkap Untung.

Ia melanjutkan, untuk harga bahan pokok lain seperti minyak goreng dan beras di Pasar Manis Purwokerto masih aman dan terkendali. Untuk beras, dijual pada kisaran Rp10 ribu per kilogram.

Sebagai informasi, tingkat inflasi di Jawa Tengah hari ini mencapai 4,97 persen. Untuk itu, Ganjar beserta jajarannya terus mengupayakan menekan angka inflasi dengan menggencarkan operasi pasar.

Baca juga:
Ganjar Bantu Evakuasi ODGJ di Banyumas
Potret Kedekatan Ganjar Pranowo dengan KH Nawawi, Sang Kiai Persembahkan Lagu Ini
Sindiran PDIP soal Kader Dicalonkan Partai Lain
Gubernur Ganjar Ajak Santri Ambil Peran dalam Moderasi Beragama
Ponpes Nurul Jadid Kalbar Bergema Selawat Doakan Ganjar Pranowo di 2024
Tekan Inflasi di Jateng, Ganjar Perintahkan untuk Gencarkan Operasi Pasar
Asosiasi Pedagang Bakso Puji Langkah Ganjar Tangani Harga Cabai dan Bawang


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *