Siap Temukan Peluang Emas di Tengah Resesi, Kemenperin Cetak 27 IKM Inovatif

Siap Temukan Peluang Emas di Tengah Resesi, Kemenperin Cetak 27 IKM Inovatif

tribunwarta.com – Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka menggelar pembinaan, penguatan dan pemberdayaan IKM agar dapat mengerek pertumbuhan ekonomi nasional.

Ditjen IKMA tahun ini kembali mencetak 27 IKM unggulan melalui serangkaian seleksi dan pembinaan. “Penganugerahan penghargaan bagi para IKM unggulan tersebut merupakan salah satu upaya Kemenperin mendorong terciptanya industri yang inovatif, inklusif dan adaptif sehingga mampu menjawab perubahan yang terjadi di masyarakat,” ucap Menteri Perindustrian yang diwakilkan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi, Andi Rizaldi pada acara Gebyar IKMA 2022 di Jakarta, Jumat (9/12) kemarin.

Ia mengatakan, Menperin menilai posisi IKM saat ini sangat penting untuk mendukung membangun ketahanan pangan dan mendorong terciptanya industri yang inklusif dan berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan komitmen negara-negara G20 untuk memajukan agenda pemulihan global yang kuat, inklusif, dan tangguh serta mendukung upaya pembangunan berkelanjutan yang menghasilkan lapangan kerja dan pertumbuhan, serta sejalan dengan upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Untuk itu, Ditjen IKMA menggelar penganugerahan empat penghargaan di bidang IKM, meliputi Penghargaan One Village One Product (OVOP), Penghargaan Indonesia Food Innovation (IFI), Penghargaan Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA), dan Penghargaan Startup4Industry di Mall Kota Kasablanka Jakarta.

Adapun penganugerahan bagi 27 IKM inovatif ini masuk dalam salah satu rangkaian Gebyar IKMA 2022 yang digelar pada 9 – 11 Desember 2022.

Penyerahan penghargaan diberikan kepada 3 pemenang kompetisi IFI 2022 pada kategori intermediate product, dan 3 pemenang pada kategori end product. Selain itu terdapat 3 pemenang kompetisi IFCA 2022 pada komoditi fesyen dan 3 pemenang komoditi kriya. Penghargaan juga diberikan kepada 5 pemenang kompetisi Startup4Industry 2022 dan 3 startup pilihan. Dalam kesempatan yang sama, juga diserahkan penghargaan bagi 7 IKM OVOP 2022 bintang 3.

“Melalui berbagai inovasi dan karya yang diwujudkan, saya sangat optimis dengan masa depan Indonesia. Karena melalui berbagai karya IKM, kita bisa melihat berbagai jawaban atas tantangan ketahanan pangan, teknologi, sustainability dan juga lapangan pekerjaan yang inklusif untuk Indonesia yang lebih baik,” kata Menperin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!