Sesuai Keinginan Persebaya Surabaya dan Persis Solo, KLB Dipercepat, PSSI Segera Kirim Surat ke FIFA

Sesuai Keinginan Persebaya Surabaya dan Persis Solo, KLB Dipercepat, PSSI Segera Kirim Surat ke FIFA

SURYA.co.id – PSSI mempercepat pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) menyusul Exco emergency meeting yang dihadiri 12 anggotanya pada Jumat (28/10/2022).

Pelaksanaan kongres Luar Biasa itu sesuai dengan keinginan Persebaya Surabaya dan Persis Solo beberapa waktu lalu.

Baca juga: Persebaya Surabaya dan Persis Solo Desak Gelar KLB, Kaesang Pangarep: Bukan Mau Jadi Ketua PSSI

Baca juga: Termasuk Persebaya Surabaya, Tiga Tim Kini Dukung KLB PSSI: Terbaru PSM Makassar

Kepastian ini disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melalui kanal YouTube PSSI. Ia juga memberitahukan kalau rapat itu untuk menanggapi situasi sepak bola di Indonesia saat ini.

Rapat ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam sejak pukul 19.00 hingga 22.45 WIB.

“Pada malam hari ini Jumat (28/10/2022) dari jam 19.00 sampai 22.45 WIB di kantor PSSI, Exco melaksanakan Exco emergency meeting yang dihadiri 12 anggotanya,” ucap Iriawan.

Pokok utama pembahasan pada rapat tersebut adalah penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan dipercepat. KLB ini sejatinya baru akan dilaksanakan oleh PSSI pada akhir tahun 2023 mendatang.

Agenda tersebut dilakukan demi memperbaharui sistem organisasi PSSI dimulai dari pergantian ketua, wakil ketua, hingga jajaran lainnya.

Mochamad Iriawan juga menjelaskan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mempercepat penyelenggaraan KLB ini.

Menurut bunyi pasal 34 ayat 2 statuta PSSI, KLB akan dilakukan andai dua per tiga anggotanya mengajukan permintaan tertulis

Baca juga: Ketua PSSI Mochamad Iriawan Tiba di Mapolda Jatim, Diperiksa Terkait Kasus Tragedi Kanjuruhan

Setelahnya, PSSI akan melakukan tahapan verifikasi dan KLB bisa digelar dalam jangku waktu selambat-lambatnya tiga bulan setelah proses verifikasi selesai.

Akan tetapi, PSSI memutuskan untuk mempercepat KLB setelah mendapat surat dari dua anggotanya yaitu Persis dan Persebaya.

“Exco PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya dikarenakan Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI,” ujar Iriawan.

Baca juga: Pasca Tragedi Kanjuruhan, Ketua Umum PSSI Iwan Bule Didesak Mundur, Ini Tanggapan Pengurus

Tahapan KLB pun akan dimulai dengan mengirimkan surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres.

“Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin tanggal 31 Oktober 2022,” kata Iriawan.

“Kami berharap keputusan ini dapat menjadi pertimbangan bagi para pemangku kepentingan. Kiranya dapat membantu diputarnya kembali kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 yang selama ini menjadi napas dan marwah sepak bola di tanah air,” ujar Mochamad Iriawan.

Kongres Luar Biasa menjadi salah satu rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *