Sepekan, rencana impor beras hingga PMN kereta cepat Rp3,2 triliun

Sepekan, rencana impor beras hingga PMN kereta cepat Rp3,2 triliun

tribunwarta.com – Terdapat sejumlah berita bidang ekonomi dalam sepekan yang masih layak disimak seperti rencana impor beras pemerintah hingga proyek kereta cepat dapat tambahan PMN Rp3,2 triliun. Berikut rangkuman berita ekonomi sepekan.

Stok beras tinggal 594 ribu ton, Bulog ditugaskan impor

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan pihaknya ditugaskan untuk melakukan impor beras oleh negara untuk mengamankan stok beras yang saat ini di angka 594 ribu ton.

“Ini sudah ada keputusan Rakortas, dan keputusan Rakortas itu semua menteri yang terkait sudah memberikan keputusan. Bulog itu hanya melaksanakan dari perintah, penugasan,” kata Budi Waseso.

Baca informasi lengkapnya di

Penyaluran KUR pertanian lampaui target 2022

Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian per 23 November 2022 tembus Rp103 triliun, melampaui target tahun 2022 senilai Rp90 triliun. “Per 23 November ini realisasi penyaluran KUR Pertanian sudah Rp103 triliun,” kata Subkoordinator Kredit Direktorat Pembiayaan Pertanian Kementerian Pertanian Taufik Faturohman.

Baca informasi lengkapnya di

Bappenas: Tidak seperti Jakarta, populasi IKN dibatasi 1,91 juta orang

Kementerian PPN/Bappenas mengungkapkan populasi penduduk di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dibatasi hanya 1,91 juta orang sehingga tidak akan seperti Jakarta.

“Selesainya baru pada tahun 2045 yang diperkirakan 1,91 juta penduduk, tidak boleh lebih dari itu karena daya dukung lingkungan serta lahannya untuk 1,91 juta penduduk,” kata Fungsional Perencana Ahli Utama Kementerian PPN/Bappenas Hayu Parasati.

Baca berita lengkapnya di .

Pendapatan negara melonjak 44,5 persen per Oktober

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan realisasi pendapatan negara mencapai Rp2.181,6 triliun hingga Oktober 2022 dari target APBN Rp2.266,2 triliun atau melonjak 44,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu Rp1.510,2 triliun. “Pendapatan negara kita Rp2.181,6 triliun. Pertumbuhan penerimaan jauh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang sebetulnya sudah mulai recovery,” kata Sri Mulyani.

Baca berita lengkapnya di .

Komisi VI DPR setujui tambahan PMN kereta cepat Rp3,2 triliun

Komisi VI DPR RI menyetujui tambahan penyertaan modal negara (PMN) tahun 2022 sebesar Rp3,2 triliun kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk menyelesaikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang mengalami kenaikan biaya (cost overrun).

“Komisi VI DPR RI menyetujui tambahan PMN yang berasal dari cadangan investasi APBN 2022 dalam rangka pemenuhan porsi Indonesia atas cost overrun proyek KCJB,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR Aria Bima dalam rapat kerja dengan Wakil Menteri BUMN II, Direktur Utama PT KAI, dan Direktur Utama PT KCIC.

Baca berita lengkapnya di .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!