Sempat Berjaya, Toko Online Elevenia Kini Resmi Tutup

Sempat Berjaya, Toko Online Elevenia Kini Resmi Tutup

tribunwarta.com – Situs belanja daring atau marketplace Elevenia resmi menutup layanan per 1 Desember 2022. Mengutip laman resmi elevenia .co.id, pihak manajemen memasang pengumuman penutupan layanannya.

“Efektif per hari ini kami menutup layanan www.elevenia.co.id. Terima kasih telah menjadi mitra kami selama ini,” tulis pengumuman tersebut seperti dilihat pada Selasa (13/12/2022).

Sebagai informasi saja, Elevenia adalah situs berbelanja online yang kepemilikannya pernah terafiliasi dengan Axiata Group, perusahaan telekomunikasi asal Malaysia yang juga pemilik operator seluler Tanah Air, XL Axiata.

Di awal kehadirannya, Elevenia termasuk dalam salah satu situs belanja terbesar di Indonesia dari sisi volume penjualan. Namun masa jayanya di Tanah Air relatif hanya seumur jagung.

Namanya belakangan mulai meredup dan kalah bersaing dengan marketplace kompetitor seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, maupun pemain besar lainnya yang jor-joran menerapkan strategi “bakar duit”.

Setelah tak lagi bermain di situs belanja, Elevenia kini fokus menggarap bisnis lainnya. Strategi bisnis ke depan mereka adalah fokus dalam pengembangan usaha business to business (b2b), terutama segmen UMKM.

“Fokus kami untuk membantu bisnis lokal dalam menentukan produk serta bahan baku dengan komoditas lokal, dengan sebuah platform yang bermanfaat untuk memberdayakan dan memperluas penjualan melalui pasar domestik dan global,” tulis Elevenia dalam pengumumannya.

Nama domain mereka pun berubah, dari sebelumnya elevenia.co.id menjadi https://nusantara.elevenia.co.id/.

Beberapa komoditas lokal unggulan yang dikembangkan Elevenia antara lain kopi, teh, herbal, dan rempah-rempah.

Dijual XL Axiata

Pada media 2017 silam, XL Axiata dan pemegang saham lainnya, SK Planet, memutuskan untuk melepas seluruh saham di Elevenia. Selanjutnya, saham tersebut diserahkan kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

melalui mekanisme Perjanjian Jual Beli Bersyarat atau CSPA. Dengan melepas Elevenia, XL berharap dampak kerugian yang timbul dari pengelolaan unit bisnis tersebut bakal berkurang.

Perusahaan pun bisa mengalokasikan modal untuk menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham. Sebagai gantinya, XL akan lebih fokus pada pengembangan bisnis seluler yang memang merupakan inti perusahaan.

Di sisi lain, ada juga sejumlah bisnis digital yang tetap dipertahankan, yakni kategori entertainment, iklan, dan uang digital.

Ketiga bisnis digital tersebut akan tetap berjalan. Namun di masa yang akan datang, perusahaan akan banyak bekerja sama dengan induknya, yakni Grup Axiata, untuk mengelola bisnis digital ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!