Selamat! Indonesia Terpilih Kembali Sebagai Anggota Dewan ITU 2023-2026

Selamat! Indonesia Terpilih Kembali Sebagai Anggota Dewan ITU 2023-2026

?Bucharest: Indonesia berhasil terpilih kembali sebagai anggota Dewan International Telecommunication Union (ITU) Wilayah E (Asia dan Australasia) periode 2023-2026 pada pemilihan di Sidang ITU Plenipotentiary Conference ke- 22 (ITU PP 22) di Bucharest, Rumania, Senin, 3 Oktober 2022.
 
Indonesia terpilih bersama 12 negara lainnya, yaitu Australia, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, India, Yordania, Filipina, Malaysia, Thailand, Irak, Iran, dan Kuwait.
 
Dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Selasa, 4 Oktober 2022, Indonesia memperoleh suara ke-3 terbanyak dalam pemilihan sebagai anggota Dewan ITU, atau sebanyak 157 suara, setelah Uni Emirat Arab dan India.?





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam konteks ITU, Indonesia mengusung visi dan agenda peningkatan konektivitas merata untuk semua melalui pembangunan kapasitas, pemberdayaan perempuan, dan connecting the unconnected. Visi dan agenda tersebut merupakan hal-hal yang menjadi isu utama tidak hanya bagi Indonesia, namun juga bagi kelompok negara berkembang dan kurang berkembang (developing and less developed countries) di ITU.
 
Baca:  Visi Presiden Jokowi Soal Kikis Kesenjagan Digital Global di Konferensi ITU PP 2022
 
Kiprah Indonesia di ITU terbilang konsisten, berkelanjutan dan kontributif. Indonesia merupakan anggota aktif ITU sejak tahun 1949 dan selalu menjabat sebagai anggota Dewan ITU dalam 4 dekade terakhir sejak tahun 1982.
 
Sebagai negara yang aktif dalam mendorong agenda reformasi kelembagaan ITU, Indonesia telah mengusulkan penambahan 5 kursi posisi anggota Dewan ITU untuk Wilayah A (Amerika Utara dan Selatan), D (Afrika) dan E (Asia dan Australasia).
 
Terpilihnya kembali Indonesia sebagai anggota Dewan ITU tidak hanya sebuah bukti pengakuan terhadap kemajuan upaya dan capaian dalam bidang informasi, komunikasi dan teknologi, namun juga merupakan bukti kepercayaan negara-negara anggota ITU kepada Indonesia yang dianggap sebagai negara yang memiliki kiprah konsisten dalam memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang di ITU.?
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *