Sederet Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari

Sederet Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari-hari

tribunwarta.com – Nikel adalah mineral tambang yang memiliki sifat lentur meski teksturnya tampak keras. Pertama kali ditemukan di tahun 1971. Manfaat nikel sangatlah banyak.

Nikel dapat dikategorikan sebagai salah satu unsur logam yang berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat modern. Banyak peralatan rumah tangga dan barang elektronik dibuat dari nikel.

Beberapa negara atau wilayah dengan kandungan nikel yang besar adalah Kaledonia Baru, Australia Barat, Indonesia, Amerika Selatan, dan Filipina. Di Tanah Air, nikel banyak ditemukan di Sulawesi.

Nikel bersifat tangguh terhadap korosi karena dapat mencegah prosesnya dengan membentuk lapisan pada permukaan yang teroksidasi oleh udara pada suhu ruangan.

Di samping gadolinium, besi dan kobalt, nikel adalah logam magnetik. Artinya, nikel sangat tertarik pada magnet meskipun paling lemah dibandingkan tiga logam lain yang disebutkan sebelumnya.

Manfaat nikel

Ada banyak sekali manfaat nikel . Nikel sendiri merupakan salah satu hasil tambang berupa logam putih keperakan yang digunakan sebagai bahan campuran untuk meminimalisasi korosi.

Sebagai bahan campuran, nikel merupakan salah satu unsur yang paling melimpah persediaannya. Namun, sebagian besar nikel berada di inti bumi yang letaknya lebih dari 1.800 mil di bawah permukaan bumi.

Bahan tambang berwarna putih keperakan yang satu ini kerap digunakan untuk membuat baja tahan karat.

Manfaat nikel juga digunakan sebagai campuran bahan lain agar lebih kuat menahan suhu ekstrim. Nikel diketahui memiliki sifat karsiogenik yang dapat menimbulkan risiko keracunan dan penyakit kanker.

Nah berikut ini manfaat nikel secara umum sebagaimana dikutip dari Refractorymetal:

1. Manfaat nikel sebagai bahan baku industri baja

Manfaat nikel adalah salah satunya untuk pembuatan baja. Karena nikel memiliki ketahanan korosi yang baik, tahan suhu tinggi, tahan karat, dan sifat lainnya, nikel banyak digunakan di bidang baja.

Manfaat nikel yang paling umum adalah dalam produksi baja antikarat, di mana dua pertiga dari bijih nikel primer di dunia digunakan untuk produksi baja antikarat.

Baja tahan karat yang mengandung nikel tidak hanya dapat menahan korosi atmosfer, uap, dan air, tetapi juga korosi asam, alkali, dan garam, sehingga banyak digunakan dalam industri kimia, metalurgi, konstruksi, dan lainnya.

2. Manfaat nikel untuk elektronik

Manfaat nikel paling mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk pembuatan elektronik. Nikel adalah logam tahan korosi dan tidak aus.

Hal ini membuat nikel banyak digunakan dalam industri elektronik. Beberapa perangkat elektronik dengan kandungan nikel cukup besar antara lain:

  • Televisi
  • Setrika
  • Kompor listrik
  • Penanak nasi
  • Alat komunikasi
  • Radio
  • Laptop

3. Manfaat nikel untuk baterai

Manfaat nikel selanjutnya yakni untuk pembuatan baterai, baterai nikel-hidrogen, baterai kromium-nikel, dan baterai nikel-mangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, baterai dengan pertumbuhan tercepat adalah baterai MHx-Ni, yang memiliki keunggulan lebih ramah lingkungan dan tidak beracun.

Baterai MHx-Ni terutama digunakan dalam komunikasi seluler, notebook, perekam video, dan bidang lainnya. Pada saat yang sama, baterai dari nikel juga digunakan dalam industri militer hingga kendaraan listrik.

Itulah sederet manfaat nikel. Beberapa manfaat nikel adalah sebagai pembuatan produk elektronik dan pelapis besi baja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!