Sandiaga Uno: Selama Kita Enggak Korupsi, Selama Kita Berjuang untuk NKRI, Enggak Perlu Malu!

Sandiaga Uno: Selama Kita Enggak Korupsi, Selama Kita Berjuang untuk NKRI, Enggak Perlu Malu!

tribunwarta.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, sangat suka memberikan motivasi kepada anak muda terutama mereka yang ingin menjadi pengusaha. Sandi selalu menuturkan untuk menyukai apa yang mereka kerjakan, mereka akan menikmati pekerjaan tersebut.

Lebih lanjut, dalam video YouTube bertajuk “Motivasi dari Sandiaga Uno untuk Anak Muda yang Ingin Menjadi Entrepreneur”, Sandi mengatakan bahwa orang sukses sudah pasti fokus. Dengan fokus apa yang dikerjakan dari karir yang dipilih, maka sukses akan datang.

Kemudian, Sandi mengingatkan untuk selalu belajar dari pengalaman, karena guru terbaik adalah pengalaman. Mulai dari membaca peluang pasar, bernegosiasi, dan lain sebagainya. Selain mengutamakan pendidikan, Sandi juga mengajak anak muda untuk mengenal kewirausahaan. Ia pun membagikan bahwa kunci kewirausahaan ada tiga, yaitu:

1. Inovasi

Anak muda harus berani berinovasi. Inovasi tak perlu dengan hal yang rumit atau mahal. Inovasi cukuplah dengan tiga hal ini, yaitu lakukan dengan murah dan efisien (cheaper), lakukan dengan lebih baik (better) dan lakukan dengan lebih cepat (faster).

2. Ambil risiko

Anak muda harus berani mengambil risiko. Kalaupun gagal tidak masalah, masa depan anak muda masih panjang. Kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan.

3. Proaktif

Anak muda harus proaktif, tidak boleh malas gerak (mager), dan terus menyambung tali silaturahmi apalagi dengan mereka yang sudah sukses.

Sandi juga mengingatkan bahwa dari setiap kegagalan tak boleh terpuruk terlalu lama.

“Selama kita enggak korupsi, selama kita berjuang untuk NKRI, enggak perlu malu,” tandas Sandi.

Oleh karena itu, jika sedih karena kegagalan, Sandi menyarankan anak muda untuk berolahraga 30 menit non-stop. Ini karena olahraga menghasilkan zat endorfin yang bisa membuat kita lebih bahagia.

Selanjutnya adalah membaca buku. Pasalnya, rata-rata orang sukses itu suka membaca buku. Jadi, bacalah buku-buku motivasi. Yang terakhir adalah menyambung tali silaturahmi. Dengan berkumpul dengan orang-orang yang sukses, maka pola pikir kita akan terbuka dan mengantarkan kepada kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!