Sakit Punggung Bagian Atas? Ini Beberapa Tanda Gangguan Kesehatan

Sakit Punggung Bagian Atas? Ini Beberapa Tanda Gangguan Kesehatan

Jakarta: Punggung dapat terasa nyeri. Dan ini bisa disebabkan karena ketegangan di punggung yang berlangsung terus menerus. Dan ini bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan yang lebih serius. 

Nyeri punggung atas paling sering disebabkan postur tubuh buruk seperti membungkuk terlalu lama. Dokter kedaruratan Irene Tien mengatakan, “Duduk dan menatap komputer terlalu lama dapat memperpendek otot dada dan menarik otot-otot di punggung atas Akibatnya banyak orang mengalami kejang otot di antara tulang belikat mereka,” paparnya. 

“Stres ketegangan pada otot di sekitar leher dan bahu atau di antara tulang belikat dapat bersifat multi-faktorial,” kata Spesialis Manajemen Nyeri di Atlantic Spine Center di West Orange Kaliq Chang. 

Beberapa penyebab nyeri punggung yang utama adalah stres, olahraga berat, tidur dengan posisi leher yang tidak tepat.

 

Penanganan ketegangan otot 

Penanganan biasanya berlangsung beberapa hari. Buat diri tetap nyaman selama episode ini. Istirahat, minum es, minum obat antiinflamasi seperti ibuprofen atau naproxen. Beberapa pengobatan rumahan juga efektif menghilangkan nyeri punggung atas.

Sakit Punggung Bagian Atas? Ini Beberapa Tanda Gangguan Kesehatan

(Jika dokter menduga ada infeksi tulang belakang, mereka mungkin menyarankan pemeriksaan sinar-X, CT, atau pemindaian MRI untuk membantu membuat diagnosis. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

 

Kapan harus ke dokter?

Rasa sakit yang bertahan selama beberapa hari atau memerlukan obat penghilang nyeri secara rutin perlu dievalusi dokter. Asisten profesor bedah ortopedi dan obat-obatan fisik dan rehabilitasi di Rush University Medical Center di Chicago Leda Ghannad mengatakan jika rasa sakit membatasi kemampuan dalam aktivitas sehari-hari dan hanya dapat berbaring di tempat tidur, segera konsultasikan ke dokter.    

Rasa sakit tidak hilang perawatan rumahan, pijat dan bahkan mengganti kasur baru yang mendukung punggung sudah Anda lakukan, namun punggung bagian atas tetap nyeri terus menerus. 

Hal ini mungkin merupakan gejala tumor paru-paru meskipun sangat jarang terjadi. The American Cancer Society menunjukkan bahwa kanker paru-paru stadium lanjut dapat berkontribusi pada nyeri tulang. Penurunan berat badan, nyeri dada, dan kelemahan juga merupakan tanda-tanda kanker paru-paru. 

 

Mengalami kecelakaan mobil  

Jika kamu mengalami kecelakaan mobil dan merasa baik-baik saja, kamu mungkin menolak memeriksakan diri. “Whiplash atau sentakan keras ke belakang dan ke depan di kepala dapat membuat radang pada otot dan ligamen di leher dan punggung atas,” jelas Dr Chang. 

Temui dokter jika kamu mencurigai mengalami whiplash, terutama jika ada gejala lain seperti kelelahan, pusing, dan rasa sakit di leher.   

 

Sakit di sisi punggung  

Penderita ginjal menyebabkan sakit yang dapat terasa hingga ke punggung bagian atas. Mayo Clinic menyatakan Selain rasa sakit luar biasa di punggung dan nyeri hebat dapat dirasakan di bawah tulang rusukmu. Ketidaknyamanan saat kencing atau urine berwarna merah atau coklat mungkin merupakan petunjuk lain. 

“Jika nyeri parah dan persisten, sebaiknya dievaluasi dokter,” kata Ghannad. Demam Dalam beberapa kasus tertentu, sakit punggung parah disertai demam dan mati rasa atau kesemutan di lengan akibat infeksi tulang belakang.

Tie mengungkap beberapa faktor risikonya  adalah jika kamu mengalami imunosupresi, menderita kanker, diabetes, atau obesitas. 
(TIN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *