Rupiah Libas 3 Dolar Akibat Perdamaian AS-Iran, Terima Kasih Mr Trump!

Rupiah Libas 3 Dolar Akibat Perdamaian AS-Iran, Terima Kasih Mr Trump!

tribunwarta.com – Setimen positif terhadap nilai tukar rupiah setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump berpidato terkait hubungan Negara AS-Iran pada Rabu pagi waktu setempat. Mengapa rupiah kembali menguat?

Agar lebih jelas, mari simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Rupiah Naik 3 Dolar

Nilai tukar rupiah kembali berjaya pada perdagangan Jumat (10/1/2020), melawan dolar Amerika Serikat (AS) menembus ke Rp13.800/US$, dan berada di level terkuat sejak April 2018.

Rupiah sebenarnya mengawali perdagangan dengan melemah 0,03% di level Rp13.850/US$, tetapi sekitar 1 jam kemudian rupiah langsung menguat tajam 0,4% ke level Rp13.790/US$. Penguatan tersebut sedikit terpangkas, rupiah berada di level Rp13.800/US$ pada pukul 9:25 WIB.

Rupiah langsung menguat 0,25% melawan dolar AS ke level Rp13.850/US$ begitu perdagangan hari ini dibuka.

Penguatan rupiah bahkan menebal menjadi 0,32% ke level Rp13.840/US$. Namun menjelang tengah hari, penguatan terpangkas dan tersisa 0,18% di level Rp13.960/US$ pada pukul 11:40 WIB.

[Baca Juga: Jadi Financial Freedom Youtube dengan Penghasilan Miliaran Rupiah]

Di waktu yang sama, rupiah menguat 0,33% melawan dolar Singapura ke level Rp10.207,86/SG$, menjadi yang terkuat sejak September 2019.

Melawan dolar Australia, nilainya lebih perkasa lagi, nilainya menguat 0,37% ke Rp9.459,9/AU$ dan mencapai level terkuat sejak Februari 2016.

Konflik AS-Iran

Seperti diketahui sebelumnya, pada Rabu (8/1/2020) pagi kemarin, Iran menyerang pangkalan militer AS di Irak dengan belasan rudal. Pasar dibuat cemas akan risiko terjadinya perang yang lebih luas, tetapi Presiden AS, Donald Trump, mendinginkan situasi.

Sentimen positif terhadap nilai tukar rupiah setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump berpidato pada Rabu pagi waktu setempat (Rabu malam Wita) membuat nilai uang ini kembali berjaya.

Trump mengatakan Iran “sepertinya mundur” setelah melakukan serangan tersebut. Ia juga menyatakan akan mengenakan sanksi ekonomi ke Tehran.

Hal ini mengindikasikan Presiden AS ke-45 ini tidak akan menggunakan kekuatan militer, yang membuat sentimen pelaku pasar kembali membaik.

Presiden Trump juga mengatakan, membuka peluang bernegosiasi dengan Iran. “Kita semua harus bekerja sama untuk mencapai kesepakatan dengan Iran yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman dan damai,” ujar Trump.

[Baca Juga: AS Iran Terkini: Roket Ditembakkan ke Pangkalan AS]

Sikap Trump tersebut berbeda dengan sebelumnya yang mengancam akan menyerang Iran jika Pemerintah Teheran melakukan balas dendam atas tewasnya Jenderal Qassem Soleimani.

Cadangan Devisa pun Menguat

Melalui akun Twitternya pada Sabtu (4/1/2020) Trump memperingatkan Iran untuk tidak melakukan balasan atas tewasnya Jendral Soleimani. Jika peringatan tersebut tidak dihiraukan, Trump akan menyerang sebanyak 52 wilayah Iran sebagai balasan.

Tidak hanya Trump, Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, juga menenangkan suasana antara AS-Iran, melalui akun Twitternya:

“Kami tidak ingin eskalasi atau perang, tapi kami akan membela diri terhadap agresi apapun.”

Kedua negara sepertinya tidak ingin eskalasi terjadi, dan pelaku pasar siap kembali masuk ke aset berisiko dan berimbal hasil tinggi, rupiah
Selain itu, mata uang ini sejak Rabu kemarin juga punya modal lain untuk menguat, yakni data cadangan devisa RI.

Bank Indonesia (BI) merilis data cadangan devisa Indonesia bulan Desember 2019 yang naik menjadi 129,18 miliar dolar, dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 126,63 miliar dolar.

Cadangan devisa di bulan Desember tersebut sekaligus menjadi yang tertinggi sejak Januari 2018.

Pihak BI menyatakan:

“Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,6 bulan impor atau 7,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.”

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama

Apa pendapat Anda terkait artikel di atas? berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Ayo jangan lupa share artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga dapat menambah wawasan. Terima kasih.

Sumber Referensi:

    Putu Agus Pransuamitra. 9 Januari 2020. Rupiah Libas 3 Dolar Sekaligus, Terima Kasih Mr Trump!. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2R6ncxj

    Lodie Tombeg. 9 Januari 2020. Rupiah Libas 3 Dolar Sekaligus: Trump Berdamai dengan Iran. Tribunnews.com – https://bit.ly/2FDaT6g

Sumber Gambar:

    Uang 01 – https://bit.ly/2QGLa3a

    Uang 02 – https://bit.ly/2R1qAcA

    Uang 03 – https://bit.ly/2tHMpG9

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *