Resmikan SPAM Durolis, Jokowi: Semoga Menyehatkan dan Menyejahterakan

Resmikan SPAM Durolis, Jokowi: Semoga Menyehatkan dan Menyejahterakan

tribunwarta.com – JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai – Rokan Hilir – Bengkalis atau Durolis di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. SPAM tersebut dibangun untuk menyediakan air minum berkualitas untuk 32 ribu rumah tangga di daerah tersebut.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, pada siang hari ini saya resmikan SPAM Regional Dumai, Rokan Hilir, dan Bengkalis di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau,” ujar Jokowi dalam acara peresmian pada Kamis (5/1/2023).

Presiden Jokowi menjelaskan air dengan kualitas baik masih menjadi masalah utama di beberapa kabupaten dan kota. Jokowi mengungkapkan SPAM Durolis tersebut dibangun di atas tanah berluas 5 hektar yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

“Proyek ini menghabiskan anggaran Rp 396,6 miliar. Uang yang tidak sedikit yang dikeluarkan dari Kementerian PUPR, dan tanahnya disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir,” ungkap Jokowi.

SPAM Durolis tersebut baru memiliki kapasitas mengalirkan air sebesar 400 liter per detik. Jokowi berharap kapasitas SPAM dapat ditingkatkan hingga mencapai 1.550 liter per detik, seiring dengan penggunaannya. Dengan kapasitas yang meningkat, menurut Jokowi, akan lebih banyak lagi air minum yang dapat dialirkan ke rumah tangga.

“Semoga ini menjadi penyediaan air minum dengan kualitas yang baik bagi Rokan Hilir, Bengkalis dan Dumai yang akan menyehatkan, menyejahterakan masyarakat kita,” kata Jokowi mengungkapkan harapannya.

SPAM Durolis adalah salah satu program pemerintah dalam menyediakan air minum dan air bersi untuk masyarakat. Menurut Kepala UPT SPAM Rokan Hilir, Zulkarnain, SPAM sangat dibutuhkan di daerah pesisir, sebab kualitas air muka tanah atau air bawah tanah di daerah tersebut kurang baik, air cenderung keruh sehingga tidak bisa digunakan secara langsung.

Zulkarnain mengungkapkan hingga saat ini 4.190 rumah baru teraliri di Kabupaten Rokan Hilir, sementara 1.800 rumah di Kota Dumai sudah tersambung, dan 5.100 rumah di Bengkalis sudah menerima aliran air bersih.

“Air yang dimanfaatkan di lokasi, kebetulan SPAM kita ini berada di kawasan pesisir, yang mana kebutuhan air sangat dibutuhkan,” ujar Zulkarnain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!